Cara Atasi Tidak Bisa Start dan Semua LED Menyala Mesin Cuci Samsung

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita selalu diberi kesehatan sehingga selalu bisa berkarya.
Maaf sebelumnya kalau bahasan ini terkesan kami ulang-ulang, memang modul jenis ini selalu menjadi primadona masuk ke bengkel kami. Baru kali ini kami menemui trobel yang sangat menguras tenaga dimana keluhan awalnya tidak bisa start, semua led displai menyala dan displai digital (seven segmen) beberapa led-nya ikut menyala. Setelah melihat modulnya ternyata terbakar cukup parah sampai casing plastik modul ikut terbakar.
Gb.1. Area sensor motor dan sensor listrik
Kelemahan modul jenis ini pada sensor listrik (common) dan pada sensor putaran motor. Terutama pada sensor motor sering terjadi "kebakaran" yaitu resistor, 2 kapasitor, jalur rambutnya dan photocoupler-nya. Kalau triac-nya kami belum pernah menemui kerusakannya.
Setelah casing plastik modul terbuka area yang terbakar cukup luas, dari area resistor, kapasitor dan photocoupler semua terbakar demikian pula jalur photocoupler sensor listrik juga terbakar karena jalur sensor putaran motor jalurnya melalui dibawah photocoupler sensor listrik. Penggantian mulai dari kapasitor seri ukuran 104/250V dan resistor 2k7 ukuran 2 watt, berikutnya penyambungan jalur-jalur "rambut " yang putus. Kita gunakan kabel yang fleksibel sehingga bila digerakkan solderan tidak mudah lepas atau jalurnya yang terlepas, kabel yang biasa kami gunakan adalah kabel jumper kecil yang biasa digunakan untuk jumper pada mainboard ps (play station). Kita harus bersihkan semua pcb yang terbakar dan jalur rambut yang terbakar juga untuk menghindari konslet lebih lanjut. Setelah penjumperan selesai dan coba dihidupkan hasilnya belum ada perubahan dan relai kontaktor jalur common tidak bekerja, ternyata transistor smd driver relai kondisinya rusak. Transistor ini jenisnya npn kalau kita tidak menemukan transistor smd kita bisa memakai transistor biasa semisal c2815. Penggantian Photocoupler PC817 dan PC814 bila tidak ada yang jenis smd kita bisa memakai yang bukan smd.

Tak lupa pula kami juga mengecek semua tombol, cara mengukur tombolnya yaitu dengan multitester pada penunjuk ohmmeter pada skala x10k apabila bolak-balik hubung maka kemungkinan tombol konslet. Bila tombol rusak bisa dilakukan penggantian atau perbaikan seperti yang pernah kami lakukan, bisa baca DISINI.

Langkah berikutnya pengecekan jalur led displai karena terbakarnya pcb juga kemungkinan mengenai jalur led. Ternyata banyak led yang konslet (hubung singkat) bila diukur dengan multitester pada skala x10k. Penggantian led membutuhkan waktu yang sama, ribetnya bukan main, meskipun kami punya alat modifikasi untuk melepas led tanpa melepas plastik penutup led-nya.

Setelah penggantian led hasilnya masih belum normal, ternyata ic displai kidxxxxx ada 2 pin kakinya yang short /konslet dan displai seven segmen juga ada 3 pin-nya yang konslet. Ternyata efek kebakaran sampai kemana-mana, semoga saja micom tidak terkena efeknya.

Untuk mengganti ic displai dan seven segmen kami mengambil dari modul bekas, entah ada atau tidak yang menjualnya kami belum sempat buka di internet. Harganya mungkin murah bila kita membelinya dari negeri seberang namun membutuhkan waktu yang cukup lama, kisaran 1 bulan.
Gb.2. Area kontrol displai
Dalam hal mencabut ic smd dari pcb memang agak susah karena bagian bawah ic dilem dengan pcb. Kalau memang terpaksa ada jalur yang putus maka kita sambung dengan kabel jumper. Setelah semua dirasa beres kami coba unit untuk proses pencucian sampai selesai dan hasilnya bisa normal kembali. Sebelum pemasangan plastik casing modul kami biasanya menggunakan cat semprot warna bening/clear untuk menutup pcb agar tidak mudah karatan untuk mempercepat pengeringan cat kami gunakan hair dryer dengan suhu rendah atau dengan mengatur jarak yang tepat antara pcb dan hair dryer. Setelah semua kering sempurna baru kita tutup modul dengan casing plastiknya dengan cara pemanasan seperti mengelas plastik atau dengan cara dilem dengan lem bakar serapat mungkin untuk menghindari karat pada jalur modul. Tentang modul seperti kami juga pernah membahasnya pada postingan sebelumnya, bisa baca DISINI dan DISINI.

Kiranya cukup sekian dulu maaf bila ada kekurangan, bila ada hal yang belum jelas bisa tinggalkan pesan di kolom komentar atau melalui chat melalui nomor pada judul blog, semoga kami bisa membantu menurut kemampuan kami.


Share:

No comments:

Post a Comment

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS