CARA MEMPERBAIKI TOMBOL MESIN CUCI

Sebelum masuk ke pembahasan kami ingin menyapa Sobat-sobat yang jauh disana dimanapun berada meskipun belum pernah jumpa di darat tetapi kita tetap bersaudara, bagaimana kabar Sobat hari ini, semoga kabar baik selalu.

Pada kesempatan kali ini kita bahas hal yang ringan yang tidak terlalu banyak berfikir yaitu mengenai memperbaiki tombol mesin cuci yang tidak bisa berfungsi ataupun yang konslet. Mengapa harus diperbaiki? Ada beberapa teman yang berkata seperti itu, jawaban dari pertanyaan itu adalah pertanyaan juga, "dimana kita bisa beli switch tombol seperti itu?" Sampai saat ini kami belum tahu dimana membeli switch tombol seperti itu, jenis tombol yang kedap air. Apakah tidak bisa dimodifikasi dengan tombol jenis lain, tentunya bisa tetapi bertahan berapa lama di kondisi ruang lembab atau basah namun begitu kami pernah memodifikasinya dengan tombol yang besar seperti yang digunakan pada tombol televisi digitec tempo dulu.

switch tombol mesin cuci
Tombol Mesn Cuci
Pada gambar di atas adalah salah satu contoh tombol mesin cuci, bentuknya yang panjang dari kiri ke kanan adalah bagian-bagian dari atas sampai bawah. Cara congkelnya adakah pada bagian sisi bukan pada sudutnya, usahakan jangan sampai patah penguncinya yang terletak di pojok atau sudut. Berikutnya bersihkan pada logam kontaktornya, kita korek-korek dengan ujung pinset atau benda lain yang runcing. Setelah dirasa bersih ukur tahanan atau resistensi antar pin yang berdekatan kalau pin-nya ada 4, ukur dengan skala minimal x10k ohm pada multitester kalau hasilnya jarum tester masih bergerak berarti masih terjadi konslet meskipun jika kita lihat bagian dalam sudah sangat bersih solusinya kita lakukan pemanasan dengan solder pada pin logamnya biasanya teratasi kalau masih konslet lakukan pemanasan lagi tetapi jangan sampai rusak. Kemudian rakit kembali sampai bagian kedap air yaitu bagian nomor 2, coba tekan bersamaan ukur pin dengan multitester skala x1 atau x10 ohm kalau terhubung berarti berhasil dan selanjutnya rapikan bagian-bagian tombol seperti semula.
Kami sudah melakukan perbaikan tombol seperti cara di atas dan hasilnya sangat memuaskan. Apabila pengunci patah kita lakukan pengeleman dengan lem yang tidak merusak biasanya kami gunakan lem bakar pada bagian luar bodi tombol.

Perlu kehati-hatian dalam melepas tombol ini dari solderan di pcb-nya karena pin yang mudah patah. Kami juga pernah memperbaiki yang tombol pendek juga bisa dilakukan seperti cara di atas. Beda halnya dengan switch tombol yang kecil seperti yang digunakan pada tombol televisi saat ini biasanya kami tidak memperbaikinya kami ganti langsung dengan yang ada dipasaran meskipun tidak awet seperti aslinya karena memang tidak kedap air dan mudah karatan.
Jika Sobat-sobat punya pengalaman adanya toko yang menjual tombol mesin cuci yang model seperti gambar di atas, tolong kabari kami di nomor telepon di gambar blog kami.

Keadaan yang memaksa kita untuk berfikir, logika sederhananya semakin kita dalam keadaan terjepit semakin maksimal kita dalam menggunakan akal kita, namun disisi lain ada banyak orang yang malas sehingga mencari jalan pintas dalam hidupnya. Jangan pernah menyerah dalam belajar dan bekerja, entah untuk masa-masa yang akan datang apakah teknisi jalanan seperti kami ini apakah masih bisa bertahan karena betapa sulitnya sekarang mencari onderdil. Bagi teman-teman teknisi yang masih semangat silakan belajar bahasa pemrograman, modul apapun bisa kita ganti dengan kit elektronik program kita tinggal memasukkan (inject) program ke dalamnya, itulah informasi yang kami dapat dari teman kami yang berkutat di dunia mechatronika.

Informasi harga switch tombol yang kami dapatkan adalah sebagai berikut:
1. Ukuran 10x10x23 mm (4pin) harganya kisaran Rp.13.000,00/biji,  belum termasuk ongkir
2. Ukuran 10x10x13 mm (4pin) harganya kisaran Rp.42.000,00/20 biji, ongkir gratis
3. Ukuran 6x6x10 mm (4pin)    harganya kisaran Rp.120.000,00/100 biji, ongkir gratis
4. Ukuran 8x8x13 mm (2pin) harganya kisaran Rp.213.000,00/50 biji, belum termasuk ongkir
Info ini kami ambil dari negeri seberang, kalau kita perhatikan tombol yang gambarnya kami tampilkan di atas harganya kisaran 13 ribu belum termasuk ongkos kirim, bagi kami harganya cukup mahal.

Demikian ulasan kami pada kesempatan kali ini, meskipun hal sederhana semoga banyak manfaatnya.


Share:

No comments:

Post a Comment

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS