MESIN CUCI MIDEA LED SUHU KEDIP-KEDIP #FRONT LOADING

Salam sejahtera untuk kita semua, Sobat-sobat teknisi dan pembaca, semoga selalu sehat segalanya.
Kami kembali akan bahas mengenai modul mesin cuci front loading, kali ini yang jadi objek pembedahan adalah mesin cuci Midea. Error-nya yang terjadi adalah led suhu atau temperatur kadang kedip semua tetapi terkadang pada angka 40˚ (empat puluh derajat) hal ini terjadi ketika air terisi hampir memenuhi level yang ditentukan. Level air sudah disetting otomatis dalam artian ketinggian air dalam drum adalah konstan atau tetap karena water level yang digunakan adalah tipe kontaktor bukan tipe lilitan. Modul ini pernah kami bahas di postingan beberapa waktu lalu, DISINI.

modul kontrol midea
Gb.1. Modul Midea FL
Water level mempunyai 3 pin yaitu 2 pin sejajar dan 1 pin letaknya lebih tinggi. Bila level air sudah terpenuhi maka kontaktor pada 2 pin akan terhubung dan solenoid akan tertutup. Apabila karena suatu hal air melebihi level maksimal maka ketiga pin water level akan terhubung maka pompa drain akan aktif/kerja untuk membuang air karena pin water level yang letaknya lebih tinggi tadi terhubung ke kabel jaringan pompa. Namun sebenarnya dalam kondisi normal hal tersebut tidak akan terjadi karena dalam waktu tertentu micom telah menghitung waktu pengisian air, apabila dalam rentang waktu tersebut air tidak terpenuhi maka akan muncul error bila tanpa displai digital akan muncul kedipan di bagian led displai.

Hal demikian yang pernah kami alami, asumsi kami bahwa micom membaca bahwa air tidak terisi meskipun air sudah banyak di dalam drum. Langkah pertama adalah pengecekan water level caranya kita ukur nilai kontaktor di dalam water level bila normal nilainya harus 0 (nol) ohm. Kita posisikan multitester pada nilai hambatan x10, sesuaikan/kalibrasi saat probe tester probe merah dan hitam terhubung nilai menunjukkan 0 (nol) ohm. Pasang probe tester pada masing-masing kedua pin water level yang sejajar, pasang selang pada lubang water level untuk memudahkan peniupan, tiup selang sampai di dalam water level terdengan klik, lihat jarum tester menunjukkan nilai berapa, kalau nol berarti water level normal kalau tidak di angka nol maka kemungkinan besar kontaktor di dalam water level terjadi karatan. Perlu diingat bila kita tiup selang lebih kuat maka akan terdengar bunyi klik yang kedua akibatnya ketiga pin water level akan terhubung semua.
Kasus yang kami alami, pada saat klik yang pertama nilainya bukan nol tetapi di kisaran 5 ohm.  Solusinya kita harus membongkar water level untuk mengamplas titik (point) kontaktor, caranya kita congkel dengan hati-hati jangan sampai pecah karena water level jenis ini agak susah mendapatkannya di pasaran. Hanya water level jenis kontaktor yang mudah diperbaiki. Setelah terbuka kita bersihkan titik kontak dengan menggunakan amplas atau benda lain yang fungsinya sama.

Setelah water level normal, langkah berikutnya adalah kita cek jalur water level di modul. Ada beberapa merek yang membuat kita sangat kerepotan pada saat menelusuri jalur di modul karena jalurnya di bawah komponen smd ( surface mounted device) yaitu Electrolux, Midea, Modena, Sharp, Panasonic dan Lux Royal. Mungkin juga Sobat-sobat menemukan hal serupa di merek lain.  Sensor water level setelah melalui resistor seri menuju ke balis transistor smd, kolektor tegangannya terukur 4,5V kaki kolektor inilah yang terhubung ke micom, kaki emitor terhubung ke ground.
Setelah beberapa waktu berkutat mencari jalurnya sampai ke micom, akhirnya kami temukan juga, tegangan di jalur water level dekat micom terukur 0V, setelah diselidiki ternyata jalur putus cinta di tengah jalanπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.
Segera kami jumper kabel jalurnya dan hasilnya tegangan di kaki kolektor menjadi 2,5V. Setelah coba di unit hasilnya proses pencucian sudah berjalan normal.

water level sensor
Gb.2. Jalur sensor water level
Hal yang paling merepotkan lagi adalah apabila jalur putus-sambung, kasus seperti ini pernah kami alami dimana kadang 2 berikutnya error kadang 3 hari kadang 1 minggu betul-betul menghabiskan waktu dan tenaga, ditambah "nyanyian" si pemilik. Bagi kita yang tak kenal menyerah, solusinya adalah kita harus punya stok mesin cuci untuk dipinjamkan sehingga pelanggan tetap bisa mencuci dan kitapun dalam berexplorasi dengan mesin cuci yang bermasalah tadi lebih tenang.

Pada mesin cuci jenis ini bila led suhu yang kedip-kedip adalah 60˚ (enam puluh derajat) maka yang harus dicek adalah jalur tacho bila motor masih bisa berputar namun bila motor sama sekali tidak berputar maka yang harus dicek adalah motor (soket dan tacho), relai, SCR/Triac dan sinyal dari micom.

Scr kontrol
Gb.3. Jalur SCR
Demikian ulasan kami, maaf bila ada yang kurang tepat dan semoga bermanfaat.



Share:

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Maaf mau tanya.modul Midea mfs70-8302.baru beli dari online pas ditekan saklar.tidak menyala cuma pas di tekan tombol start/pause nyala lampu LED nya.namun ketika di pijit tombol start lagi langsung mati lagi LED nya.kira kira masalah nya apa ya?.makasih

    ReplyDelete
  3. Mas punya sya midea sama..abis nyuci smpe slesai..trus muter lagi.. kadang smpe 4 jam...kira" apanya mas? Mhon solusinya

    ReplyDelete
  4. Mau tanya pak,....kalo modul sharp esq70ey...protex...buzer bunyi terus...setelah cek ada capasitor smd yg short..tapi tdk tau ukuran nya brapa..d pcb cuma teftulis C7.

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS