AIR COOLER, KIPAS ANGIN BLOWER MATI TOTAL

Air cooler Midea, Sharp, Sanyo, Krisbow ataupun merek lainnya sebenarnya mempunyai sistem kerja yang sama, letak perbedaannya pada sistem kontrolnya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam perbaikan air cooler atau kipas angin blower atau kipas angin embun atau sebutan yang lainnya yang maksudnya sama. Hal-hal yang harus dicek adalah sebagai berikut.

1. Power Suplai

Ketika kita membahas elektronik, apapun itu, kita tidak bisa terlepas dari bagian yang namanya power suplai atau psu (power suplay unit), secara garis besar ada 3 jenis yaitu:
  • Memakai trafo stepdown konvensional
  • Memakai ac matic.
  • Memakai paralel kapasitor-resistor. 
Jenis yang ketiga inilah yang sering digunakan untuk rangkaian sederhana seperti lampu led dirumah-rumah yang harganya murah meriah, charger baterai lampu emergensi atau raket nyamuk ataupun pada modul-modul kontrol sederhana misal pada air cooler. Salah satu jalur listrik 220 dihubungkan dengan paralel kapasitor dan resistor, ukuran tegangan output tergantung kebutuhan.
power suplai kipas blower
PSU Air Cooler
Ukuran sparepart pada gambar di atas nilainya bervariasi tergantung kebutuhan tegangan yang dibutuhkan sistem, kalau sistemnya menggunakan swing seperti pada swing ac (air conditioner) maka tegangan output power suplai adalah 12VDC kemudian direduksi atau diturunkan menjadi 5VDC dengan ic 7805 untuk catu daya micom . Andaikan kita membutuhkan tegangan 5VDC untuk air cooler maka nilainya sebagai berikut:
  • R1=R2= 100Ω (berfungsi sebagai sekering), 1 watt
  • R3= 470kΩ sampai 560kΩ, 1 watt
  • R4= 10Ω sampai 39Ω, 2 watt
  • DZ1= 5,2V, 1/2 watt
  • D1=D2=D3=D4= IN4007
  • C1= 1,2 uF, kapasitor
  • C2=C3= 25V/470uF atau lebih, elko
  • C4= 10V/470uF atau lebih, elko
  • IC= 7805
Kalo dihitung dari sisi biaya power suplai jenis ini memang murah meriah. Pada umumnya psu air cooler yang memakai psu jenis ini tidak memakai ic regulator jadi pengaman pembatas tegangan hanya mengandalkan dioda zener saja bila dioda ini putus atau pecah maka tegangan yang masuk ke sistem kontrol akan melebihi batas tegangan kerja micom yang berakibat micom terbakar atau mati sehingga ketika kami memperbaikinya maka kami akan memodifikasi power suplai tersebut seperti pada gambar diatas.
Tegangan power suplai bila tidak stabil atau drop maka sistem akan susah hidup, kadang mati sendiri, bisa hidup tapi semua led kedip-kedip dan tidak bisa dioperasikan.

2. Sensor Reed (Sensor Magnet)

Sensor ini bentuknya seperti sekering kecil, di dalamnya ada dua logam tipis akan terhubung bila di dekat magnet. Letaknya biasanya di bagian belakang dan magnetnya menempel pada bagian filter air yang bentuknya seperti sarang lebah kami biasanya menyebutnya seperti itu. Bila filter ini dilepas maka sistem akan off memang fungsinya sebagai pengaman namun sering kali sobat-sobat teknisi tidak mau ambil pusing beli sensor baru akhirnya kabel sensor disambung langsung jadi satu.

3. Sensor Level Air

Bentuk sensor ini biasanya sudah di packing sedemikian rupa sehingga kedap air. Sistem kerjanya adalah sensor reed namun magnetnya ada di dalam cincin biasanya warna putih. Cincin ini akan turun ke bawah bila airnya habis. Bila air habis maka bila tombol evaporasi atau istilah lainnya ditekan hanya bunyi beep 'tit' dan pompa air tidak akan bekerja. Demikian juga bila sensor open, tidak bisa hubung meskipun ada magnet alias rusak.

4. Bagian Kontrol

Pada bagian kontrol ada tida komponen yang penting yaitu ic micom, ic displai / key dan capasitor resonance (cr) atau yang lebih dikenal dengan sebutan x-tal (kristal), bila salah satu komponen atau ketiga-tiganya bermasalah maka sistem tidak akan bisa on. Cek jalurnya juga apakah ada jalur yang retak atau karatan.

5. Thermistor

Di air cooler sensor suhu jarang digunakan tetapi ada beberapa merek yang memakai sensor suhu, bila thermis open (putus) atau short (konslet) akan menyebabkan protek dan sistem tidak akan bekerja.

6. SCR / Triac

Umumnya scr/triac yang digunakan adalah jenis yang kecil, semisal BT131. Scr digunakan sebagai switch atau saklar untuk menjalankan motor blower setiap kecepatan memakai 1 scr, menjalankan pompa, menjalan ionizer dan menjalankan swing blade tegak. Kalau menggunakan swing blade mendatar biasanya memakai tegangan 12VDC, motor menggunakan 5 kabel dikontrol dengan ic uln2003 atau dengan 4 buah transistor.
Bila motor terbakar biasanya scr ikut terbakar, apabila scr short antara kaki output dan input akan membahayakan micom yang berakibat micom rusak.

Dari hal-hal yang disebutkan diatas maka kita bisa menganalisa bagian mana yang mengalami kerusakan apabila rusaknya adalah mati total, yang sering terjadi adalah pada bagian power suplai, sensor reed belakang dan bagian kontrol.

Kiranya cukup sekian dulu bahasan kami bila ada yang salah kami mohon maaf dan bila pertanyaan silakan tinggalkan di komentar atau kirim chat WA dan semoga bermanfaat.


Share:

106 comments:

  1. Akhirnya ada yang sharing juga.
    Trims infonya ya...
    Oh ya sekedar info aja nih, bagi yang membutuhkan Penyewaan AC Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti pameran, workshop, meeting atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik.

    Makasih min,
    Salam blogger ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. okey... masama, trims sudah berkunjung

      Delete
    2. mas mau tanya kalo nomor seri ICI PSU midea AC 120-15f

      Delete
  2. Karena untuk yg ini ndak bisa bikin manual gearboxnya lain dari pada yg lain he he..jempol deh

    ReplyDelete
  3. mas saya punya air cooler tori thc-030dlx dengan kerusakan 2 elko dengan nilai 4.7 uF 400v dalam keadaan kembung dan meletus setelah di ganti tetap aja meletus kira2 apanya yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dioda penyearah dan dioda zener (pembatas). cara lain pakai power suplai tersendiri pakai trafo (adaptor) atau pakai ac matic

      Delete
  4. Mc electrolux ewf 1073A.
    Pilih program tapi blom tekan start kok langsung pintu ngunci dan langsung proses drain aja .dicoba pilih program lain tapi tetep sama pintu ngun i kemudian proses drain aja.kira apanya yg rusak?mohon pencerahannya.terima kasih banayak

    ReplyDelete
    Replies
    1. langkah awal coba tekan start/pause dulu kemudian matikan/cabut listrik kalau masih sama saja Perkiraan masalah:
      1. triac jalur doorlock konslet
      2. sensor2 ada yg eror (water level, termis, tacho)

      Delete
  5. gan minto tolong kalau cari modul sharp tja77ty dimana ya?
    gus.zaka88@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm pernah stok, biasanya diperbaiki, menyerah kalo micom rusak

      Delete
  6. Mas mau tanya, air cooler dirumah dibersihkan sm kakak, dengan cara seperti cuci motor jadi air cooler diguyur sehingga membuat air cooler mati total apa yg harus saya lakukan agar air cooler bisa dipakai kembali, dan saya beli ac ac midea kembali sejak beli hingga sekarang penggunaan 1 tahun saya tidak pernah merasa ac nya dingin

    ReplyDelete
  7. Untuk aircooler bila setelah dicuci blm dinyalakan hrs dijemur sampai kering, kalao sdh dinyalakan kemungkinan modul trobel.
    Untuk ac, kemungkinan bocor atau outdor tdk kerja

    ReplyDelete
  8. Mas saya punya kipas ac honeywell pas saya pake ada bunyi bep bep apanya mas

    ReplyDelete
  9. Mas aircooler Kris df-af 1831 mati total. Setelah saya cek ternyata power suplaynya mati.Apa modul power suplaynya harus diganti,tapi saya cari belum ada yang jual modulnya. atau menperbaiki power suplay dengan mengganti IC penggerak LN8K15 dan dua buah triac 4 ampere serta tiga buah triac kecil 1 ampere terimakasih.

    ReplyDelete
  10. Mas kalau tiap saya isi air cooler nya lalu seperti bocor d bawah itu ap ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. cabut listrik dan buka penutup air. cek bagian mana yg bocor

      Delete
  11. Gan klo midea ac100, modulnya mati ic untuk 5v mati dan blm ada yg jual, setelah diakalin kok ada tegangan ac bocor ke ke dinamo ya... Padahal posisi mati belum di on baru colok listrik, jadinya kipas muter sendiri meski pelan karena tegangan terukur cuma kisaran 100v,tapi klo soket modul pengatur on off kecepatan kipas dll dilepas Dinamo kipas mati, tegangan 100v pun tidak ada... Kira2 solusinya apa y? Karena modul kontrol on off blm ad yg jual.. Trim's 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lepas-pasang kabel kecepatan L-M-H satu persatu nanti akan ketahuan jalur mana yg masalah.

      Delete
  12. mass beli ic sn8p2604 di mana yaa ... untuk air cooler sharp pj55

    ReplyDelete
  13. Mas kipas air cooler kok mati total, tapi sirip mau bergerak, itu apanya?? Terima kasih

    ReplyDelete
  14. servis air coller merk sanken bingung cari ic pengganti ,, mgkn sejenis ic regulator in nya dari elco 400v dan outnya udh sentuhan sama kaki elco 10v dekat ma jalur mikrokontrol yg suplay cm 5v,, barang udh di sentuh teknisi lain ic nya udh di copot.. kira2 itu ic jenis apa yaa om

    ReplyDelete
  15. Mas, mau tanya utk air coller midea AC120 kalau di tekan tombol ON bunyi beep, kipas sempat berputar, lalu mati lagi. kira2 apa ya masalah nya ?

    ReplyDelete
  16. Pak mau tanya. Air cooler saya merk sharp kalau posisi pendingin nyala trus dipencet arah swingnya langsung mati. Itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada tombol yang konslet atau jalur karatan

      Delete
    2. Kak saya mau tanya collet Midea saya masih normal semua lah secara tiba tiba mati hidup mati hidup beepnya berbunyi

      Delete
    3. Kemungkinan besar power suplai lemah (tidak stabil)

      Delete
  17. Kak kipas saya merk honeywell kerusakan saat ini power beeb nyala tp kipas blower tidak muter kemungkinan kerusakanya d mna yaa kak makasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkiraan:
      1. Lilitan motor terbakar
      2. Fuse di dlm motor putus
      3. Kapasitor rusak/lemah
      4. Triac di modul rusak

      Delete
  18. Mas mau nanya air cooler saya merk honeywell, kipasnya hidup pas di ganti mode cool....tiba2 bunyi beep....dan ga bisa naik airnya...jadi ga fungsi....kira2 apa masalahnya yaa mas....terima kasih

    ReplyDelete
  19. bagaimana cara cek sensor air dan pompa mas?udh saya bersihin sensornya tp tetep bunyi beep

    ReplyDelete
    Replies
    1. cabut soket sensor pompa/air, ukur dg tester bila cincin magnet dinaik-turunkan maka akan terlihat nyambung dan tidak

      Delete
  20. Sy punya air cooler merk saankennn yang bisa di isi air nya.
    Tapi kali ini waktu sy ganti air Biasanya tombol air cooler merah dan berbunyi. Tapi kali ini tidak berbunyi dan tombol mati. Sy sudsh coba lebih membersihksn lagu tapi tetap tidak bisa. Bagaimana solusinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan rusak di modul kontrol, blm bisa mastikan di bagian apa tanpa cek langsung

      Delete
  21. Kak, ini air cooler saya merk Kris yg evaporator air cooler dgn daya 220-240 volt-50Hz, 100 watt, g tau knp tiba2 gosong baunya trus bunyi pdhl sehari tidak dipakai. Saat bunyi, ada lampu warna merah dr dalam kelap kelip. Krn saya takut saya matikan. Saya perempuan, jadi gak ngerti harus gimana :(
    Mohon pencerahannya kak trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan rusak di modul kontrol atau sensor2, blm bisa mastikan di bagian apa tanpa cek langsung. coba panggil teknisi profesional

      Delete
  22. Sy punya aircooler merk sanken type sac 55.
    Mau tanya pak,saat dinyalakan suara normal tapi kipas tidak berputar jadi tidak ada angin yg keluar. Kira2 yg rusak apa ya pak? Dan bagaimana memperbaikinya.
    Terima kasih, semoga sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukur lilitan motor apakah nyambung semua, cek kapasitor

      Delete
  23. Mas saya punya Air Cooler Merk VAARENTA,
    IC POWER saya rusak, tapi bingunG mau ganti IC POWER , karena type IC POWER nya tidak tertulis, ( TIDAK ADA TULISAN APAPUN ) Kalo boleh tau itu pake type IC POWER APA YAH? TRIMATERIMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai psu dvd aja, jumper 5v dan 0v pada kaki elko.
      Tapi susah klo blm paham elektronik, bisa minta tolong ke tukang tv

      Delete
  24. Om mau tanya,punya saya aircooler merk tori home, sempat diutak atik am adik,ad yg diganti kapasitornya , saat ini jadi lemah dan jika dihidupka hidup tetapi utk naik speed dan tekan mode cooler atau swing mati , kira2 apanya yah om, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek pada power suplai 5v hrs stabil dan normal. Cek juga koneksi kabel listriknya

      Delete
  25. Selamat pagi pak, saya punya air cooler merk Kris, kipasnya berputar pelan trus airnya ngga naik kira2 apa yang harus di ganti ya pak, apa kapasitornya atau yang lainnya
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cek putaran, seret atau tdk, cek/ganti kapasitor, bisa juga motor lemah
      2. Cek pompa dan sensor air

      Selain itu kemungkinan trobel di modul

      Delete
  26. Putaran kipasnya ngga seret, saya cek pompa dan sdh di bersihkan dari kotoran dan sensor air dicek bagus, tapi saya ngga cek kapasitor dan modulnya

    ReplyDelete
  27. Om aircooler merk G-8 display standby nyala...waktu di pencet tombol ON bunyi beep aja gak ada yg nyala.display balik lg posisi standby....yang harus di cek apa dulu om...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power suplai hrs normal dan stabil dan cek semua tombol

      Delete
  28. Mas mau tanya saya punya air cooler kris tombol nya udah di ganti semua..tapi setiap di nyalakn sebentr mati setelah itu tidak mau lagi di nyalakan padahal tegangan bagus semua..hanya di sebagian tombol aja yg drop..mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  29. kemungkinan saat ditekan tombol tegangan power suplai drop, pastikan 5v benar2 normal dan stabil

    ReplyDelete
  30. Siang mas,punya sy air cooler Kris 1500 cmh,kadang suka nyala sendiri dan tidak lama kemudian mati sendiri,begitu seterusnya,kira kira apa yg harus diperbaiki ya,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek power suplai harus normal dan stabil, cek semua tombol

      Delete
  31. Selamat siang mas, saya punya air cooler merk sanyo, masih bisa hidup kipasnya cuma speednya udah ga normal kalo dihidupin langsung nyala yg paling kenceng anginnya, dan air embunnya tidak bisa keluar lagi, oiya sama ada bunyi tit tit tit. seperti kalo kehabisan air. Padahal air baru diisi. Mohon pencerahannya.. suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek/ganti semua tombol, cek sensor air dekat pompa

      Delete
  32. Malam Mas..saya punya kipas uap Kris brow, masalahnya uapnya keluar dari tabung air dibawah jadi uapnya tidak naik ke atas. Mohon pencerahan nya. Terima kasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. bongkar dan bersihkan semua bagian, cek kalo ada kebocoran atau bagian yg tidak semestinya

      Delete
  33. Mas air cooler saya,, saya bersihin sendiri,,, saya siram kipas dlm nya karna sangat berdebu... Tp pas dinyalakan ngejebluk lampu2nya mati saya cabut karna ada bau hangit koslet... takut rusak saya diemin dulu pas sy coba nyalain lg hidup kipasnya anginnya dingin bangettt kenceng,,, tapi lampunya tetep mati gak nyampe lima menit mati total air coolernya,,, gimana betulin nya mas hihi

    ReplyDelete
  34. Mas air cooler saya,, saya bersihin sendiri,,, saya siram kipas dlm nya karna sangat berdebu... Tp pas dinyalakan ngejebluk lampu2nya mati saya cabut karna ada bau hangit koslet... takut rusak saya diemin dulu pas sy coba nyalain lg hidup kipasnya anginnya dingin bangettt kenceng,,, tapi lampunya tetep mati gak nyampe lima menit mati total air coolernya,,, gimana betulin nya mas hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh.. kemungkinan trobel di modul dan kipas, coba panggil/bawa ke teknisi terdekat. Kalau modul rusak ic progam harus ganti atau di modif

      Delete
    2. saya ada kipas angin air cooler krisbow.pas saya nyalakan normal. pas di klik tombol sleep modul error tidak ada yang fungsi. saya cabut tombolnya. sekarang malah sering mati sendiri Seperti timernya jalan sendiri. terus nanti nyala sendiri

      Delete
  35. Mas saya punya air cooler sharp,kalau difungsikan pendingin dan arah angin air cooler langsung mati.kalau difungsikan salah satu pendingin atau arah angin air cooler tidak mati.kira2 apa masalahnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada jalur triac yang bermasalah atau power suplai tdk stabil

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. mas aircooler saya resistornya hangus..udah saya gang trus saya hidupin hangus lagi

    ReplyDelete
  38. kenapa ya ....kalau air cooler hidup ..tapi masa kita nak tambah speed dia....dia akan mati sendiri...

    ReplyDelete
  39. Mas..
    Air cooler saya merk sanyo rusak pd dioda zenernya, disitu tertulis D165 CCMM 362M.. Saya cari keliling pasar nggak ada, digoogle juga nggak ktemu.
    Yg cck ganti pakai code berapa yg sama ukuranynya ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus tahu fungsi zenernya sebagai pembatas tegangan berapa, baru kemudian dimodif dengan persamaan atau dengan modif ganti komponen lain.

      Delete
  40. Saya mau tanya saya punya air cooler merk sharp. Udh beberapa hari ini setelah di bersihkan total kok pas air cooler di nyalakan tiap malam ada air yg netes ke lantai semacam bocor gitu. Trus jadi airnya di tangki cepet berkurang. Biasanya tidak. Mohon solusinya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dengan teliti bagian mana yg bocor, cek dg tisu

      Delete
  41. Om air coller sy merek tori thc 098 resistornya mati sy cari sudah kemana mana tp gak ada, selain harus pakai resistornya yg nilai berapa ya, atau persamaannya. Trima kasih

    ReplyDelete
  42. Malam mas mau tanya sy punya air coler merk midea model AC120-160AR.ic 1 nya meletus dan tdk ada tulisanya..kira brp kode ic 1 nya mas trima kasih

    ReplyDelete
  43. mohon bantuanya mas..
    aircooler saya merek tori. mati total. saya cek modulnya, elco 400v4,7uf yang satu kembung dan yg satu berkarat. udah di ganti dua2nya masih blom nyala. saya cek teganganya di elco 400v.4,7uf ada. tapi di elco 35v.220uf dan 16v.220uf gak ada teganganya.apanya ya mas.. udah 2hari gak ketemu jawabanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. trobel masih di psu bagian primer, kalo sdh paham elektronik coba pakai psu external, pastikan tegangan kerjanya brapa volt, jangan salah pasang tegangan

      Delete
  44. Maaf mau nanya pak.. Ada yg jual modul air color media gk ya.. Soal ny modul ny kebakar semua.. Sya cri kemana mna gk ad yg jual..

    ReplyDelete
  45. Mksdnya cara injek dri psu dvd

    ReplyDelete
  46. Mau taya,air cooler sy merk tori kemaren sempet jatuh terlungkap trus langsung mati gak bisa nyala,kenapa ya min ?

    ReplyDelete
  47. Maaf mau nanya,kira2 betulin AC Honeywell cl20ae berapa ya kak.trima kasih

    ReplyDelete
  48. Nanya mas bro ,air cooler tori home 089 ,bila d nyalakan lampu hidup semua tapi tombol nya g fungsi jadi g bisa d hidupkn

    ReplyDelete
  49. Asalamualaikum kakah... Itu scr kipas Angin kiss saya selalu terbakar terus saat di ganti... Penyrbab dan cara atasinya gimana kakah.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  50. Terima kasih artikelnya gan sangat membantu...tanya gan persamaan ic msh 79f0819 apa ya gan?...terima kasih...

    ReplyDelete
  51. Atau kalau ada yg jual dimana,di Semarang tidak ada cervice midea tidak bisa di hubungi...

    ReplyDelete
  52. Mas, air cooler saya merek krisbow masih baru, tapi kok pas di nyalakan tombol power warna merah dan semua tombol tdk berfungsi. Bunyi bep bep saja

    ReplyDelete
  53. Mas...saya mau tanya air coller saya merek Sanken terjatuh,pas saya hidupin LG GK nyala...itu kira" knp ya

    ReplyDelete
  54. Om, saya punya air coller merk denpoo, apabila di nyalakan sekitar 5 - 10 menit pasti mati, padahal tidak pakai timer... Kira2 knapa ya

    ReplyDelete
  55. Maaf IC program saya rusak ....apakah ada yang jual sh79f

    ReplyDelete
  56. Mas mau tanya nih, saya punya air cooler merk Tori THC 030 dlx, power supply 5v ke control bagus, pungsi panel semua berpungsi, cek motor bagus scr bagus semua tapi ketika tes raning kipas engga mau muter, kira" apa kendalanya ya mas

    ReplyDelete
  57. We have sell some products of different custom boxes.it is very useful and very low price please visits this site thanks and please share this post with your friends. freezer packs for coolers

    ReplyDelete
  58. You completed a few fine points there. I did a search on the subject and found nearly all persons will go along with with your blog. cold compress

    ReplyDelete
  59. mas saya dapet hibah air cooler tori thc-090. Kabel di modul Supplay dah lepas semua.. Ada kerusakan 2 elko dengan nilai 4.7 uF 400v dalam keadaan kembung. Apakah bisa nilai 400v saya ganti ke 450v.

    ReplyDelete
  60. Min mau tanya, saya punya air cooler sanken SAC-38, setelah kabel saya colokkan saya pencet on kok kyk gk ngangkat ya mesinnya? Gk ada bunyi mesin.. ini kenapa ya? Kemudian bagaimana solusinya? Apakah harus diservice?

    ReplyDelete
  61. Mas,..mau tanya..AC lg inverter v 1 pk muncul error 27 pada saat isi preon dan arus terukur baru 1.5 amp. kira2 apa dan bagian mana yg rusak...ya. trimksh.

    ReplyDelete
  62. Assalamualaikum bang mau tanya no seri IC di PCB tombol air cooler Sharp type pj-A55ty-w berapa y bang mohon pencerahannya terima kasih

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS