MESIN CUCI POLYTRON MATI DAN TOMBOL TIDAK BERFUNGSI

Jumpa lagi Sobat..
Baru bisa update postingan lagi, kali ini yang jadi obyek pembedahan adalah mesin cuci Polytron, Mesin cuci ini datang tanpa kerangka alias hanya otaknya saja hehehehe,,, dalam kondisi yang sudah cukup parah dimana bagian power suplai unit (psu) sudah dicongkel dari atas dan ic powernya pun hilang entah kemana. Tidaklah menjadi persoalan ketika ic power suplai hilang karena di pasaran kemungkinan tidak ada yang jual kecuali online. Jurus paling jitu kita ganti dengan TNY266 namun perlu diketahui bila beli TNY266 jangan yang kodenya berwarna putih karena jarang bisa dipakai itu pengalaman kami dan juga teman-teman teknisi yang lain kecuali yang cabutan dari modul ac biasanya merek LG. Atau bisa diganti dengan psu dvd atau yang lainnya asalkan tegangan outputnya sama dan stabil.
modul tampak atas bawah
Modul MC Polytron
Cara modifikasi sangat sederhana yaitu sesuaikan dengan datasheetnya:

  • Kaki nomer 1 dipasangi kapasitor 104 (milar atau keramik) dan kaki kapasitor yang satu lagi dihubungkan dengan ground.
  • Kaki nomer 4 dihubungkan ke kaki optocoupler nomer 4 kaki optocoupler nomer 3 dihubungkan ke ground.
  • Kaki nomer 5 dihubungkan ke drain
  • Kaki 2,3,6,7 dihubungkan ke ground atau source
  • Potong jalur lainnya dan ubah letak dioda snubber-nya sesuaikan seperti arah aslinya.
Setelah power suplai normal dengan output tegangan 5V stabil dan tombol ON ditekan ternyata buzzer bunyi "tit" terus-menerus tanpa jeda dan semua tombol tidak fungsi termasuk tombol ON/OFF mematikannya dengan cara dicabut listriknya. Hmmm... ternyata semakin ribet troubelnya. Langkah berikutnya cek pada pc (photocoupler/optocoupler) pc817 atau sejenisnya (pc satu arah) yang berfungsi sebagai sensor tegangan listrik dan sekaligus tegangan 5V dan sebagaimana sensor common pada merek lain.Ukur resistensi pc dengan menggunakan skala 10k, data normalnya kaki 1 dan 2 salah satu arah probe tester harus nyambung bila dua arah nyambung berarti rusak, kaki 3 dan 4 normalnya salah satu arah ada menunjukan tahanan sekitar 500kohm bila nyambung dua arah atau tidak nyambung sama sekali berarti rusak. Perlu diingat, berbeda dengan pc814 (bidirectional/dua arah) kaki 1 dan 2 bila diukur dengan skala 10x dengan posisi probe tester bolak-balik normal tahanannya sekitar 500 ohm.

Dan kami temukan ternyata pc817 kaki 3 dan 4 mati, setelah penggantian ternyata masalah masih sama saja, terpaksa harus bongkar total modul bagian kontrol. Perlu diingat lagi jangan dicongkel dari atas karena akan mengakibatkan jalur patah atau resiko modul kena air atau lembab bila menutupnya tidak rapat. Bongkar atau potong plastik bagian bawah modul dengan senjata andalan, solder 100 watt. Setelah pembedahan selesai kami cek jalur sensor tegangan listrik ternyata transistor smd dengan kode 1F dalam kondisi mati. Dari datasheet diperoleh transistor tersebut sama dengan BC847B atau jenis NPN. Daripada jauh-jauh berburu transistor, kami cabut transistor dari bekas mainbord komputer dengan kode yang sudah hilang namun bila diukur transistor tersebut adalah NPN atau bisa diganti dengan C945 atau C1815.

Setelah penggantian transistor hasilnya memuaskan buzzer tidak men-twit atau berkicau lagi dan semua tombol berfungsi sebagaimana mestinya. Kerjaan selanjutanya merapikan penutup modul, paling gampang pakai lem bakar saja karena modul bukan modul ganda, kalau modul ganda plastik bekas sayatan harus diratakan dengan solder lagi. Bagian power suplai yang sudah lapisan silikon-nya kami semprot dulu dengan pilox clear (warna bening) agar bila kondisi lembab pcb modul tidak terkontaminasi dengan uap air. Bagian atas modul tutup dengan rapi menggunakan lem bakar.
Kelemahan lem bakar adalah tidak tahan panas, jangan gunakan lem bakar pada bagian yang panas karena akan menyebabkan konslet sering kami jumpai pada mainboard televisi. Jangan pula gunakan lem berbahan dasar bensin seperti ca$tol karena akan menyebabkan karatan, paling aman sebenarnya pakai sealent tetapi susah bila dibongkar. 

Dibawah ini kami sertakan skema sensor tegangan listrik mesin cuci polytron beserta tegangan normalnya.

kerusakan mesin cuci polytron
Skema Sensor Tegangan Mesin Cuci Polytron
Sebenarnya masih ada modul yang sejenis, kemungkinan akan kami bahas pada postingan berikutnya dimana kerusakan agak rumit dan bagi kami adalah hal baru karena kami harus kerja keras untuk mengatasinya, selamat bertemu di bahasan berikutnya.
Demikian pengalaman yang bisa kami bagi untuk sobat-sobat, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada hal-hal yang salah.

Share:

No comments:

Post a Comment

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS