MESIN CUCI ELECTROLUX MATI TOTAL #TOP LOADING SERIES

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sekilas tentang mesin cuci electrolux top loading dengan gejala kerusakan mati total. Di tempat kami jarang kami temui mesin cuci jenis ini cuma beberapa saja, rata-rata dengan kerusakan yang sama yaitu pada bagian power suplainya semisal elko 450V/4,7uF bocor, melembung atau kakinya karatan sehingga putus bisa juga ic power suplai yang short ataupun open. Power suplai tidak menggunakan transformator (transformatorless) tetapi hanya menggunakan ic LNK306, di tempat kami ic jenis ini sulit didapatkan, sebenarnya di pasaran online juga ada harga sekitar 30 ribuan belum termaasuk ongkos kirim. Namun bila kita diburu waktu maka power suplainya bisa kita ganti dengan trafo konvensional atau trafo biasa.
psu electrolux mesin cuci
Modul Electrolux Top Loading
Tegangan power suplai yang dibutuhkan adalah 12VDC. Jalur plus 12V terhubung ke salah satu jalur listrik 220VAC. Dari 12V ini kemudian diturunkan menjadi 5VDC untuk catu daya micom menggunakan ic regulator 7805. Kita buat adaptor dengan menggunakan trafo CT 500 mA atau setengah ampere, kita menggunakan tegangan pada pin 6V jalur kiri CT dan 9V di jalur kanan CT sehingga setelah melalui dioda bridge (bisa dibuat dari 4 buah dioda biasa) akan dihasilkan tegangan kisaran 15VDC, tegangan 0V adalah sama dengan tegangan minus pada dioda bridge elko yang dipakai minimal tegangan kerjanya 25V misal kita bisa memakai 25v/1000uF. Atau memakai pin 9V kiri CT dan 9V kanan CT dioda yang dipakai juga dioda bridge tegangan outputnya 18VDC elko yang dipakai  25v/1000uF.
Kami tidak merekomendasikan memakai 12V kiri CT dan 12V kanan CT dan dioda hanya 2 buah sebagai jalur plus dan tegangan 0V atau jalur minusnya adalah pin CT karena bila input tegangan listrik turun drastis maka tegangan output akan kurang dari 12VDC.

Dari jalur plus dan minus inilah selanjutnya kita pasang ic regulator 7812 sehingga dihasilkan tegangan stabil 12VDC. Tegangan keluaran dari ic regulator 7812 kita pasangi lagi elko 16V/1000uF atau 25V/1000uF. Jalur keluaran ini kita sambungkan ke modul pada jalur plus dan minusnya, jangan sampai terbalik, lebih mudahnya sesuaikan dengan jalur plus dan minus elko tegangan 12V yang sudah ada di modulnya.

Kita menggunakan tegangan lebih besar dari 12VDC pada adaptornya alasannya adalah agar tegangan keluaran dari ic regulator 7812 tetap stabil 12VDC meskipun tegangan listrik naik-turun. Perlu diperhatikan juga meskipun kita bisa membuat adaptor dengan pin 6V kiri CT dengan 6V kanan CT dengan dioda bridge, atau 12V-CT-12V dengan 2 dioda (seperti yang kami tulis diatas) tanpa menggunakan ic regulator 7812 tetapi tegangan yang dihasilkan tidak stabil pada saat tegangan listrik 220VAC tidak stabil pula, ini akan berakibat kerusakan lebih parah pada bagian modul terutama pada bagian displai karena menggunakan tegangan 12V langsung dan ic micom dimungkinkan tetap aman karena sudah memakai ic regulator 7805 yang memang sudah ada di modulnya.

Sensor yang digunakan pada modul jenis ini ada 5 (lima) buah yaitu sensor pintu (switch tekan), sensor getaran (switch tekan), water level, sensor motor (dalam modul) dan sensor pompa (dalam modul). Mesin cuci ini agak beda dengan yang lain karena meskipun bukaan atas (top loading) pembuangan airnya menggunakan pompa tersendiri, bagi kami ini hal uniknya, kalau di mesin cuci toshiba pintu atas hal uniknya pada door lock dan pada sensor motornya. 
Seingat kami, mesin cuci jenis ini bila motor pompa air tidak terpasang akan terjadi error dan bila getaran mesin cuci mengakibatkan aktifnya switch sensor getaran akan timbul error "Ld" bisa juga karena posisi mesin cuci yang miring atau tidak rata.

Kerusakan pada bagian micom kami belum pernah menjumpai pada modul mesin cuci jenis ini, kerusakan yang pernah kami jumpai adalah pada power suplai dan pada bagian displainya, dimana angkanya putus-putus yang diakibatkan oleh resistor smd dengan kode body 301 atau 300Ω ada beberapa yang terbakar. Dan kami pernah pula menjumpai kerusakan pada switch putarnya yaitu pada putaran pemilihan program proses, kebetulan kerusakan belum begitu parah yaitu saat knop diputar lampu indikator proses tidak mau berpindah atau perpindahan lampu tidak mengikuti putaran knop solusinya hanya kami bersihkan bagian dalamnya dengan cairan pembersih karat dan hasilnya bisa normal kembali.

Mesin cuci jenis ini juga memakai sistem tombol sentuh, jalur modul dihubungkan dengan pegas ke bagian sentuhnya. Ada yang kami lewatkan yaitu mencatat kode ic kontrol display dan key-nya sekilas kami hanya melihat ic smd kecil bentuknya kotak persegi (keempat sisi sama).

Demikian ulasan kami saat ini, apabila ada hal-hal yang salah dan kami mendapat datanya yang benar akan kami update sesegera mungkin. Maaf bila ada sesuatu yang kurang jelas dalam susunan kalimatnya dan semoga bermanfaat bagi sobat-sobat teknisi yang mengalami kasus yang sama.


Share:

8 comments:

  1. Mohon maaf pak mau tanya,,kalau mesin cuci Electrolux type EWT704S saat akan digunakan malah muncul EA..knp ya pak? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek water level, soket dan kabelnya. Bila masih error kemungkinan di modul

      Delete
  2. Replies
    1. Pakai rangkaian adaptor 12v stabil, sambungkan ke jalur 12v di modul (elko 25v/470uf)

      Delete
  3. Elektrolux front loading tidak mau nyala sama sekali apakah penanganan juga sama Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hrs cek dulu trobel di power suplai atau bukan.
      Modifikasi psu ada di bahasan error Err

      Delete
  4. tegangan yang kluar berapa volt normalnya om , teg LV?, teg SDA?, teg SCL?

    ReplyDelete
  5. Mesin cuci Electrolux tiba tiba mati total walaupun sdh di colok ttp tdk mau nyala

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS