KULKAS LG ERROR ErCF #NONINVERTER

Okey, jumpa lagi Sobat setia modul😊😊😊, tiada hari tanpa modul tetapi bagi kami memang menyenangkan dan bikin penasaran bila ada hal-hal baru yang berkaitan dengan elektronik meskipun kemampuan kami hanya sebatas perbaikan bukan perancang, namun kami juga sempat 'down' ketika muncul modul-modul rumit sebagaimana pada jenis elektronik rumah tangga yang namanya 'televisi'. Kami tidak mampu berbuat banyak pada modul televisi pada bagian mainboard, T-con dan panel, inverter back light ataupun inverter plasma.

Kembali ke modul, bahasan kami kali ini adalah kulkas LG dengan sistem kontrol modul tetapi bukan inverter dimana error-nya adalah ErCF, disini hanya akan kami bahas sebatas penanganan error tersebut dan untuk error yang lain akan kami bahas pada bahasan berikutnya. 
Langkah pertama adalah mencari data yang berhubungan dengan error tersebut yang telah disediakan situs resminya, di sana dijelaskan bahwa ErCF adalah Error Condensor Fan dimana micom mendeteksi bahwa Fan atau kipas yang menarik panas dari kondensor dan semburannya mengarah pada kompresor dalam kondisi mati atau tidak kerja dalam waktu 65 detik setelah sinyal drive diumpankan ke bagian driver kipas.
eror modul kulkas LG
Modul Kulkas LG
Saatnya beroperasi, buka penutup di bagian belakang bawah kulkanya, ternyata kipasnya berhenti, tidak kerja sama sekali dan kabelnya sudah bekas sambungan dengan dibungkus isolasi hitam kemungkinan sudah dikerjakan teknisi lain tetapi belum jadi. Kipas menggunakan tegangan kerja 13V, yang agak merepotkan adalah kabel dari modul yang menuju kipas ada perbedaan warna dengan kabel yang di kipasnya. Pengecekan di modul, bagian driver kipas terdiri dari 2 transistor sebagai switch on-off kipas, sinyal dari micom kami asumsikan normal karena output tegangan juga normal yaitu 13VDC. Pengecekan jalur kabel, cabut soket di modul dan soket kipas yang terletak di bawah di dekat kompresor atau putus saja kabel ke kipas agar mudah mengukurnya sisakan kabel agak panjang agar mudah menyambungnya lagi. Bila kabel multitester tidak cukup panjangnya maka sambung kabel multitester dengan kabel biasa, bila ujung probe multester terlalu besar untuk menjangkau pin soket di modul kita gunakan jarum atau kawat pin kaki resistor atau elko. Setelah pengukuran kami dapatkan bahwa jalur plus tegangan 13V putus-nyambung dan jalur sinyal putaran motor kipas putus, ternyata ini masalahnya. Kami belum tahu pasti penyebab kedua kabel ini bermasalah.

Pengerjaan selanjutnya, ketiga kabel yang menuju kipas kami ganti dengan kabel lain tetapi jalurnya kami lewatkan melalui bagian luar bodi kulkas, isolasi atau bungkus kabel seaman mungkin dan tempelkan pada body kulkas dengan isolasi atau dengan lem. Hal yang penting juga, dalam penyambungan kabel jangan sampai terbalik karena driver kipas di modul bisa rusak atau sensor gerak motor bisa rusak. Sensor gerak motor memakai sensor 'De Effecto Hall' seperti halnya pada beberapa dinamo motor fan indoor ac.
Saatnya pengetesan, setelah semua rangkaian kabel sudah beres maka kami coba hidupkan kulkasnya dengan memberi tegangan listrik setelah ditunggu beberapa saat tidak muncul error lagi dan kipas condensor berputar normal. Dalam menyambung kabel, sambungan kabel harus dibuat seaman mungkin kita pakai isolasi kerut rangkap dua kalau kita masih ragu bisa ditambahi isolasi biasa warna hitam.

Dalam pengerjaan di lapangan kita seharusnya punya pegangan data agar lebih mudah dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi, namun kenyataannya tidak semua produsen elektronik mengeluarkan data terkait dengan produk yang mereka jual di pasaran. Sehingga bagi sobat-sobat teknisi alangkah baiknya punya catatan khusus mengenai troble shooting untuk setiap merek dan tipe elektronik yang kita kerjakan. Kami dulu saat awal-awal mulai menekuni hobi elektronik banyak hal yang kami catat karena pada saat itu, 1998, kondisinya belum seperti saat ini, semua menjadi lebih mudah dengan adanya internet atau media komunikasi lainnya.

Pada bahasan berikutnya akan kami bahas mengenai beberapa kode error kulkas LG secara umum dan solusinya sebatas analisa karena kami belum pernah bongkar total kulkasnya baik yang tipe inverter maupun yang noninverter.

Demikian ulasan kami apabila ada hal-hal yang salah mohon dikoreksi dan semoga bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami kasus yang sama. Terima kasih bagi yang berkomentar di kolom komentar.


Share:

8 comments:

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS