CARA MENGATASI MESIN CUCI POLITRON TIDAK BISA HIDUP

Pada bahasan sebelumnya kita sudah belajar bersama tentang mesin cuci Polytron mati total, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama mengenai modul yang sama tetapi dengan kerusakan yang berbeda yaitu tidak bisa hidup atau on dan kerusakan-kerusakan lainnya yang membuat kami harus kerja agak lebih keras.
dua ic utama
2 IC di modul mesin cuci Polytron
Pada gambar di atas ada dua ic yaitu ic micom dan ic displai modul mesin cuci Polytron. Kami memulai pengecekan dari power suplay unit (psu) tegangan outputnya normal 5V, sensor arus atau tegangan listrik juga normal 0,5V, dan transistor pengolah sinyalnya juga normal ditandai dengan tegangan kaki kolektornya 0,5V, tetapi bila tombol power on/off ditekan tidak ada rekasi apa-apa. 

Langkah berikutnya kami mencoba melakukan pemanasan atau solder ulang maka ic micom dan ic displai dengan solder blower. Perlu diketahui modul ini saat diberi input listrik masih terdengar bunyi beep "tit" sekali dan asumsi kami ic micom masih normal. Setelah kedua ic tersebut dipanasi ternyata modul bisa "on" kami sudah merasa lega, semua tombol berfungsi dengan baik. Kami mencoba proses spin atau pengeringan namun pada saat proses berlangsung terdengar bunyi 'tit' kadang sekali dan kadang beberapa kali, setelah kami tekan tombol pause/jeda dan kami diamkan beberapa saat ternyata masih terdengar bunyi 'tit' akhirnya modul kami off-kan dan on-kan kembali bunyi 'tit' sering muncul dan led pada penunjuk pilihan proses menyala berpindah-pindah.

Dugaan kami tombol pilihan proses short atau konslet atau pada tombol lain. Semua tombol kami lepas solderannya termasuk tombol power, cara on-kan cukup memakai seutas kabel saja. Setelah on ternyata kasusnya masih sama saja dan akhirnya solderan switch tombol kami kembalikan seperti semula. Berikutnya coba kami hidupkan kembali, justru yang terjadi sama sekali tidak bisa hidup lagi. Pengecekan selanjutnya pada jalur switch on-off, hasilnya ternyata semua jalur switch tidak terhubung ke micom tetapi ke ic displai dengan kode ET6202 mungkin di ic ini letak masalahnya pikir kami.

Perburuan datasheet pun segera dilakukan, hasil yang kami peroleh adalah sistem kerja ic tersebut sama dengan sistem kerja pada ic displai "DVD" sobat-sobat bisa cari sendiri datasheet-nya sendiri. Ada 3 kaki yang terhubung ke ic micom yang sangat kecil entah berapa ekor kakinya, yaitu D (data), C (clock) dan STB (strobe) benar-benar mirip pada dvd. Ic ET6202 di pasaran online ada yang jual kisaran harga Rp25.000,00 belum termasuk ongkos kirim. Asumsi kami bahwa ic tersebut yang bermasalah namun sebelum melakukan pembelian kami pun melangkah ke gudang rongsokan, siapa tahu masih ada bangkai dvd di sana yang kami masih bisa kami manfaatkan dan benar adanya kami temukan beberapa dvd dan kami ambil salah satunya kemudian kami bongkar untuk melihat kode ic displainya, kami menemukan kode ic-nya adalah TM1628. Datasheet ic tersebut ternyata sama persis dengan ET6202 dengan kaki K (key) ada dua buah, baru terpikir oleh kami meskipun sudah bertahun-tahun megang dvd ternyata angka 2 pada TM1628 adalah mewakili banyaknya kaki K, karena ada ic displai dengan kode TM1638 yang memiliki kaki K sebanyak 3 buah.

Selanjutnya adalah pembongkaran ic displai, sebelum dibongkar jangan lupa kaki-kakinya diolesi dengan flux atau getah pohon cemara ada yang menyebutnya "menyan" adapula yang menyebutnya "gondo rukem" atau mungkin di daerah lain beda lagi namanya. Solder yang kami gunakan adalah solder blower bisa juga pakai cara lain bagi yang belum punya solder blower yang penting tidak merusak ic-nya.

Pemasangan ic tersebut bisa dipasang dengan solder biasa dengan ujung paku solder yang runcing karena kaki-kaki ic tidak terlalu rapat. Setelah pemasangan bersihkan semua sisa timah yang menempel di modul karena sisa-sisa timah dikhawatirkan bisa mengkonsletkan jalur. Saatnya untuk dicoba on-kan. Modul bisa on dengan normal dan led tidak jalan-jalan berpindah sendiri dan bunyi 'tit' yang berbunyi dengan sendirinya sudah tidak terdengar lagi.

Pekerjaan belum selesai, saatnya menyemprotkan cat clear (warna bening) di permukaan jalur yang sudah dikelupas silikonnya agar tidak mudah karatan.
Catatan:
Ic TM1628 bisa diganti juga dengan LK1628 kode huruf depan tergantung pabriknya yang membuat.

Untuk beberapa waktu ke depan mungkin kami juga akan membahas modul sharp pintu atas mungkin tipe yang baru, dengan kerusakan sama yaitu tidak bisa on, namun kami benar-benar kesulitan mencari ic displainya dengan kode ET6218 (kaki K-nya hanya satu) dan kami sudah mencoba di pasaran online namun hasilnya nihil, bahkan kami sudah kontak toko-toko di Cina, ic tersebut memang belum ada di pasaran. Namun masih ada sedikit harapan ic tersebut kemungkinan bisa diganti dengan TM1618 namun adanya di negeri seberang pula, Cina, saat ini masih dalam perjalanan menuju Indonesia 😅😅😅.

Demikian bahasan kami semoga bermanfaat dan bila ada kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf.


Share:

67 comments:

  1. Sangat membantu sekali pencerahannya bosss... dan kebetulan sekali memang sesuai dengan kerusakan mesin cuci polytron yg kami miliki yaitu power modul gk bisa On padahal keluaran voltage powersuply normal trimks banyak info dan atensinya

    ReplyDelete
  2. Maaf nih mas Tain kalau saya harus kembali lagi setelah saya praktekin dgn mengganti IC dvd dg type yg sesuai dg arahan mas Tain ternyata kok tetap saja gk bisa on mas dan juga tanpa ada suara tit dari speaker indikator intinya tidak ada reaksi apapun..saya menjadi semakin pusing setelah semua komponen saya cek sepertinya masih normal semua kecuali ic MICOM krn trs terang sy gk bisa bgmn cara ngetesnya..lantas dibagian komponen mana lagi kira2 yg masih bisa dimungkinkan kerusakannya mas..mohon sekali penceahannya nggih mas soalnya mau beli modul yg sudah jadi harganya lumayan mahal mas..demikian curhat saya trimks banyak

    ReplyDelete
  3. Kalo tidak bisa on, yang harus di cek adalah tegangan 5V sampai ke ic displai dan micom, cek jalur reset micom (lihat datasheet micom), cek kristal, cek semua led

    ReplyDelete
  4. Siaapp mas Tain..akan saya laksanakan..trimks banyak sarannya semoga keluarga anda selalu dlm lindungan ALLAH

    ReplyDelete
  5. ini sdh nya tapi kok alrmnya bunyi terus kenapa yaa mhon solusinya mas trima kasih

    ReplyDelete
  6. sudah nyala modulnya saya tekan tombol powernya alrm bunyi terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga sensor listriknya, salah satu kabel dari blok power menuju transistor tempel/smd deket ic micom

      Delete
  7. Muncul errornya apa?
    Pasang dulu water levelnya, pasang di unitnya. Klo masih sama berarti modul masih trobel

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum.mas sya punya modul polytron paw9513 yg Bru rusak onoffnya mati,bisa servis online ga mas...

    ReplyDelete
  9. Sya punya nggak bisa on, tpi bunyi beep beep terus menerus, kira kira apanya iy, mrk politron paw8512

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan:
      1. Cek power suplai 5v hrs stabil
      2. Sensor listrik dari bagian power suplai sampai ic program

      Delete
    2. Mas kalau ukuran r deket pilar berapa mas

      Delete
  10. politron PAW-7511kalau di hidupkan bunyi tut tut mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan 5v hrs stabil. Cek jalur sensor listrik

      Delete
    2. Sdh pernah dibahas ttg sensor lostrik, silakan baca2 di judul yang lain

      Delete
  11. Mesin cuciku kalau di colokin langsung lisyriknya gelak..PW 7511.
    Mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Trobelnya di power suplai, ada bagian yang short/konslet

      Delete
  13. Punya saya 7511 begitu tombol on nggak ada semenit mati sendiri, mohon solusinya om..trim's

    ReplyDelete
  14. Punya saya 7511 begitu tombol on nggak ada semenit mati sendiri, mohon solusinya om..trim's

    ReplyDelete
  15. Punya mesin cuci mati Polytron paw 7511, mati total, langkah langkah pengecekan dari mana dulu(apa saja yg harus di cek), trs biasanya yg rusak apanya mohon solusinya.

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. Maaf kalau agak telat balasnya. trims sudah berkunjung.
      1. Cek sekering, dilangsungkan aja dulu
      2. Cek 5V di output power suplai. kalau tidak ada, bagian primer bermasalah, biasanya di IC

      Delete
  17. Di sikring sudah ok.Tegangan output dari power suplay sudah stabil di 5v,dan modulnya sudah nyala.tp di powernya di on kan kok bunyi alarm aja ya.di maati in dari power ga bisa kecuali di cabut steker nya baru berhenti alarm.kira2 apalagi yang harus dicek

    ReplyDelete
  18. klau cek psu nya bagaimana ya gan .mesin cuci polytron saya mati .

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu power suplai, output harus ada 5v. kalau belum paham jangan dikerjakan sendiri, bahaya

      Delete
  19. Maaf mas mau nanya,kalo alarm bunyi terus di mesin cuci polytron 8511 itu yang rusak apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkiraan di modul pada sensor listrik atau ada tombol dan led yg konslet atau ada bagian lain. Yg pernah kami alamai banyak yg hrs dicek

      Delete
  20. maaf gan mau tanya, mesin cuci polytron zeromatic PAW7511WM tidak bisa bilas dan tidak bisa ngeringkan, tampilan displai ya normal. tidak ada keterangan eror.

    ReplyDelete
  21. mohon pencerahan ya gan, kira2 apanya gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhatikan strip level air, masih ada sisa strip atau tidak. coba ganti water level dan cek soketnya

      Delete
  22. tampilan strip level air juga tidak ada sisa,

    ReplyDelete
  23. ya tak cobane dulu makasih ya mas,

    ReplyDelete
  24. nmr ada di atas, di gambar judul blog

    ReplyDelete
  25. Selamat pagi Suhu , mesin cuci kami plytron jg zeromatic 1 tabung 😁🙏
    Klu kabel dicolokin bunnyi titnya lama, awalnya bgto .
    Nah skrg stlh bunyi pun tombol power dipencet gk ad reaksi cm.bnyi tit tit tit..trs tanpa bisa di On kan .
    Mohon solusinya ..🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek 5v, sensor listrik, tombol, led, jalur karatan dan ic displai. selain itu micom rusak tidak bisa membaca sensor listrik

      Delete
  26. Siank om,
    Sya mw nnya donk,
    Knpa yc mesin cuci sya merk polytron yg 1 tabung klo d colokin gk nyala.
    Knpa yc om.
    Tlong bantuan'y donk.
    Kmaren dah perna kya gtu,
    Tpi cma d goyang2 za bisa koq,
    Cma sekarang dah gk bisa biar pn d goyang2

    ReplyDelete
  27. Gan mau tanya, kalo mesin cuci polytron zeromatic nya di colokin ke listrik terus bunyi pas saya start dan air masuk ga lama mati mesin cuci nya dan bunyi nit" terus itu apa yang bermasalah ya? Mohon jawaban nya ya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. modul trobel pada senor ac detect,
      1. ganti modul
      2. panggil teknisi
      3. modul bisa dkirim ke tempat kami

      Delete
  28. Bedanya apa yg pas 8511 dengan Paw 8512, mesin cuciku mati , tapi lihat type dibelakang hanya tertulis type 75/85 zeromatic. Sudah mulai bongkar2 , ganti resistor di PS, di tombol power Lom ada listrik masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan masih di PSU nya. Kalo blm beres, modul bisa dikirim ke tempat kami, masih bisa diperbaiki kecuali ic program rusak

      Delete
  29. Mas jika lampu led nya rusak ada pengaruh ke modul apa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo rusaknya konslet akan berpengaruh pada tombol atau ic displai

      Delete
  30. Maaf mau tanya, mesin cuci sy PAW 8511WM ketika baru staker di colokin ke stop kontak, mesin mati dan keluar bunyi alarm "tit tit tit" terus. Gmna solusinya boss? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek semua jalur sensor listrik di modul kontrol

      Delete
  31. Gan mau nanya, mesin cuci saya polytron zeromatic.
    Tiba2 bunyi beep secara trs menurus dan tidak mau berhenti kecuali kabel dicabut dari stop kontak. Dan tombol power gak berfungsi sama sekali..
    Itu kenapa gan, mgk bisa bantu saya.. makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel lain sdh dibahas, coba lihat2 di label mesin cuci. trobel di sensor listrik/ac detect

      Delete
  32. pak, kalo ET6202 apa sama dengan SM1628 apa bisa?

    ReplyDelete
  33. dan mau tanya lagi ic tersebut apa memang panas? soalnya kadang kalo udah panas bisa mati sendiri.

    ReplyDelete
  34. Siang broo
    Mesin cuci frontbloading tombol gk bunyi apanya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. merek?
      kemungkinan: tombol, jalurnya dan ic displai

      Delete
  35. Hai..mas,mesin cuci akohh Polytron Belleza ngga bisa nyala karena ..tapi kemaren nyala.. sekarang mati lg..kenapa yahh..apa karna aq masukin ke kamar mandi jd lembab

    ReplyDelete
    Replies
    1. taruh di tempat yg kering, kamar mandi bukan tempat mesin cuci.
      Lepas modulnya atau sekalian unit mesin cucinya dijemur kondisi terbuka. itu sekedar langkah awal

      Delete
  36. Mas , mau tanya mesin cuci polytron zeromatic disambung di listrik bunyi deep, tapi led tdk mau nyala? Apa penyebab nya mas. Thx

    ReplyDelete
  37. Siang Om. Maaf ganggu. Mesin cuci polytron zeromatic paw 8511.air keluar terus tidak berhenti. Sudah saya ganti water inlet. Water level tetap masih keluar terus...kabel. Selang water level sudah di cek bagus Apanya ya Om. Trmksh.nmer w.a Om brp ya

    ReplyDelete
  38. mesin cuci polyton paw 9513 ketika colok listrik langsung muter,udah ganti triac tetep aja gimana ya ter,

    ReplyDelete
  39. Mas mw nanya. Mesin cuci sy paw 7513M. Klo d colokin lansung nmuter .salah apa

    ReplyDelete
  40. Saya ad masalah master, Polytron pintu atas, modul berjalan seperti biasa, tp mesin TDK bekerj, Inler pun TDK bekerj, proses spin jg TDK bekerj. Tp modul bisa berjalan normal. Mohon masukannya suhu.

    ReplyDelete
  41. Master, saya ada modul PAW7513 polytron belleza, untuk tegangan 5 vdc tdk bisa stabil, dan tidak ada bunyi tit ..komponen apa yg harus dicek.. Terimakasih.

    ReplyDelete
  42. Mesn cuci saya polytron paw9513, klau di colokin ke listrik bunyi tit, dan psu normal tpi kenapa bila tombol on/ off di pencet tidak mau hidup alias mati tidak ada reaksi apa", kira" apanya yg rusak

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS