KODE ERROR KULKAS LG #REFRIGERATOR

Seperti yang pernah kami singgung sebelumnya pada postingan yang telah lalu, kali ini kami akan membahas sedikit mengenai kode error kulkas LG setidaknya hal ni sebagai catatan pegangan kami untuk berperang di medan tempur kalau sobat-sobat menilai ada hal-hal yang salah mohon koreksinya. Untuk mempunyai solusi yang tepat sebenarnya langkah yang tepat adalah membongkar total kulkasnya tetapi kulkas siapa yang boleh dipreteli?😃😃😃

Kode error atau kesalahan atau galat adalah sinyal dari micom yang ditampilkan sebagai huruf pada panel kontrol digital. Kesalahan yang ditampilkan akan berbeda pada beberapa unit tergantung pada modelnya. Kesalahan paling umum akan muncul dimulai dengan "ER", "E" atau "r".

Kode kesalahan kulkas LG
Jenis Kode Error Kulkas LG
1. Error OFF

Kulkas LG dilengkapi dengan MODE DEMO atau MODE DISPLAY. Fitur ini menonaktifkan semua pendinginan di bagian kulkas dan freezer untuk menghemat energi saat tidak digunakan terutama pada saat dipajang di toko penjualan. Ketika DEMO MODE diaktifkan, tulisan OFF akan muncul di panel displai.

Untuk menonaktifkan DEMO / DISPLAY MODE adalah dengan pintu lemari es pada posisi terbuka, tekan dan tahan tombol REFRIGERATOR dan ICE PLUS secara bersamaan selama lima detik. Setelah menahan tombol selama lima detik, panel kontrol akan berbunyi dan pengaturan suhu akan ditampilkan untuk mengkonfirmasi bahwa MODE DEMO dinonaktifkan.

2. Error IS atau 1S atau 15

IS atau 1S, kode kesalahan ini menunjukkan masalah yang berhubungan dengan motor kipas pembuat es atau putusnya jalur sensor pada pembuat es.
Cek apakah kipas pembuat es bekerja atau tidak, cek mungkin ada sesuatu atau benda yang menghalangi putaran kipas, cek jalur udara dari dan ke kipas, cek bagian driver kipas di modul.

3.Error 22

Kode kesalahan 22 menunjukkan masalah yang berhubungan dengan kinerja relai kompresor. Cek kompresor coba dilangsungkan ke listrik bila kompresor noninverter, cek relai kontaktor di modul, cek bagian sinyal dari micom dan bagian driver relai kontaktor jalur kompresor.

4. Error 67

Kode kesalahan 67 menunjukkan adanya masalah dengan celah di pintu atau benda di dalam lemari es yang membatasi pintu agar tidak menutup dengan benar. Cek pula switch pintu atau sensor pintu, cek jalurnya sampai ke modul sampai ke micom.

5. Error ErCF

Kode kesalahan CF menunjukkan bahwa sinyal umpan balik kurang dari 65 detik selama operasi kipas kondensor. Kipas di bagian belakang, bagian bawah kulkas yang mengeluarkan panas dari kondensor dan mengarahkan angin pada kompresor. Cek kipas, cek jalur kabel sampai ke modul, cek sinyal dan driver jalur kipas di modul.

6. Error ErCO

Kode kesalahan CO pada layar kulkas menunjukkan kesalahan komunikasi antara mainboard kontrol dan tampilan atau displai. Cek jalur kabel antar dua board terutama jalur power suplai displai, jalur RX-TX atau SDA-SCL.

7. Error FdH, ErdH, rdH

Kode kesalahan dH menunjukkan bahwa unit menghabiskan lebih dari 1 jam mencoba mencairkan es. Selama defrost; unit akan meningkatkan suhu pada evaporator ke suhu preset, suhu standar di dalam program micom. Jika suhu ini tidak tercapai dalam 1 jam, kode kesalahan dH akan ditampilkan.
Solusi pabrik: Cabut listrik lemari es selama 2 menit untuk mereset unit dan biarkan sistem mencairkan es kembali. Kalau masih error maka cek heater dan jalurnya sampai ke modul, cek relai heater, cek bagian driver relai. Cek juga thermistor atau sensor suhu di dalam kulkas dan dibagian pipa, cek jalurnya sampai ke modul dan micom.

8. Error FdS, ErdS, rdS

Kode kesalahan dS menunjukkan bahwa thermistor atau jalurnya hubung pendek (short) ataupun terputusnya (open) thermistor pencairan bunga es (defrost). FdS menunjukkan masalah dengan sensor pencairan (defrost) di dalam freezer dan rdS menunjukkan adanya masalah dengan sensor pencairan kulkas (refrigerator).

9. Error FF

Kode kesalahan FF menunjukkan bahwa micom telah mendeteksi adanya masalah dengan kipas freezer. Ini kadang-kadang bisa disebabkan oleh penumpukan es sehingga menghambat putaran kipas, ketika kipas terhambat maka micom akan menghentikan sinyal drive. Cek kipas dan kabelnya sampai ke modul, cek tegangan suplai dan bagian driver.

10. Error FS

Kode kesalahan FS menunjukkan hubung pendek (short) atau terputusnya (open) sensor freezer atau jalurnya sampai ke micom.


11. Error gF

Kode kesalahan gF menunjukkan kesalahan sensor aliran atau tekanan air rendah. Jika pembuat es terlalu penuh dengan air, sensor aliran yang menentukan berapa banyak air yang mengalir ke pembuat es mungkin tidak berfungsi. Jika tekanan air rendah, naikkan tekanan air dengan menambahkan air.
Cek sensor tekanan air dan cek pompa bila pengatur aliran air adalah pompa. Cek sensor aliran air (flow meter). Cek jalur kabel sampai ke modul dan cek jalur di bagian modul.

12. Error HS

Kode kesalahan HS menunjukkan adanya hubung pendek (short) atau terputusnya (open) sensor kelembaban. Untuk sensor ini kami belum punya datanya.

13. Error IF, F1

Kode kesalahan IF atau F1 menunjukkan bahwa kulkas telah mendeteksi masalah dengan kipas pembuat es kulkas. Ini kadang-kadang dapat terjadi ketika es atau penumpukan es terjadi di sekitar kipas pembuat es. Penumpukan es dapat terjadi jika pintu pada unit tidak selaras dengan benar. Selain itu cek jalur sensor kipas sampai ke modul.

14. Error It

Kode kesalahan It menunjukkan cacat pada icemaker, kesalahan sistem di dalam pembuat es periksa  dengan self-test pembuat es, periksa rangkaian pembuat es.

15. Error rF

Kode kesalahan rF menunjukkan kelainan (abnormal) pada motor kipas kulkas (refrigerator), cek kabel kipas sampai ke modul, cek motor atau ganti dengan yang sesuai.

16. Error rS

Kode kesalahan rS menunjukkan hubungan pendek (short) atau terputusnya (open) sensor kulkas. Cek thermis dan jalurnya sampai ke modul.

17. Error rT

Kode kesalahan rT menunjukkan sensor suhu ruang yang hubung singkat (short) atau terbuka (open). Cek thermis dan jalurnya sampai ke modul.

18. Error SS

Kode kesalahan SS menunjukkan sensor suhu ruang penyimpanan (pantry) yang hubung singkat (short) atau terbuka (open). Cek thermis dan jalurnya sampai ke modul.

19. Error Ad, dL, dr

Kode kesalahan Ad ditampilkan ketika motor pintu tidak berpindah ke posisi maksimum atau posisi bakunya dalam 5 detik. Cek kerapatan pintu dan sensor pintu bila ada dan jalurnya sampai ke modul.

20. Error AS, L AS, atau r AS

Kode kesalahan ini ditampilkan ketika motor pintu otomatis beroperasi dan saklar (saklar biasa atau saklar magnet (Reed)) berada dalam kondisi terbuka. Cek switch atau sensor reed dan jalurnya sampai ke modul.

21. Error C1

Kode kesalahan C1 menunjukkan kesalahan komunikasi antara mikom layar LCD dan micom mainboard. Cek jalur komunikasi data yaitu SDA dan SCL.

22. Error Od

Od menunjukkan Modem WIFI atau kesalahan komunikasi antara micom layar LCD dan modem WiFi.

Berikut ini kami lampirkan juga tabel error kulkas LG dengan model yang lain:
error pada kulkas lg
Tabel Error Kulkas LG
Demikian bahasan yang bisa kami sampaikan, maaf bila ada yang kurang jelas karena kami belum pernah menjumpai error secara keseluruhan sehingga sebagian hanya analisa kami dan sebagai catatan dalam pengerjaan di lapangan. Apabila kami menemukan pengalaman yang baru dalam menyelesaikan kulkas LG maka akan kami update dalam postingan ini. Semoga bermanfaat.


Share:

24 comments:

  1. trimakasih banyak gan, artikel anda sangat membantu. sukses selalu gan..

    ReplyDelete
  2. Kalau kulkas midea layar displaynya warna biru, kulkas dua pintu side by side. Sebelah simpan sayur ngak dingin. Rusaknya apa ya

    ReplyDelete
  3. kulkas saya muncul indikator (er dh)
    sudah saya cek heater hasilnya normal. saya ganti defrost & fuse tp masih tetap (er dh). kira2 trobel apanya gan??
    dulu pernah saya panggil LG g'lama eror lagi. ttp (er dh) mhon bantuannya gan, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan di termisnya coba ganti dengan ukuran resistensi yang sama, bisa juga error di modul kontrol. Saya hanya bisa mengira2 tanpa cek langsung

      Delete
  4. Terima kasih.Artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Kulkas LG 3 kedip masalah sensor.gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek sensor suhu dulu, ukur resistensinya coba ganti dulu dg termis yg ukuran sama atau ganti dulu dg Resistor dg ukuran yg sama atau lebih rendah sedikit

      Delete
  6. Kulkas LG inverter berkedip 7 kali itu kenapa yah

    ReplyDelete
  7. Klo kulkas LG model (gr-s702alq)
    Dilayar display nya suhu eror atau turun trus naik lagi . Kadang ga gitu . Kadang gitu
    Itu knp ya pak. Kondisi kulkas dingin normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. trobel bisa di tombol pengaturan atau sensor suhu atau modulnya

      Delete
  8. Kalo kedip 1 kali pada inventer FREZER LG kenapa ya...

    ReplyDelete
  9. Kalau kulkas LG inverter munculnya tertulis hanya huruf F apa ya?

    ReplyDelete
  10. Maaf gan klo freezeer lg 6 rak kedip 6 kali solusinya gmn ya gan, sebelumnya trims

    ReplyDelete
  11. Kulkas LG smart inverter gak ad lampu display ad nya suara 3x bunyi bib, apa nya master?

    ReplyDelete
  12. Kulkas LG keluar kode eror ff solusinya kipasnya berjalan kompresor jalan

    ReplyDelete
  13. Kulkas LG kedip 1 kali apanya yg bermasalah ya....

    ReplyDelete
  14. Maaf hu bisa minta nmr wa?085391444222 ini nmr wa saya hu

    ReplyDelete
  15. kalau kulkas 2 pintu lg inverter kedip 8x itu apanya... mohon petunjuk. trm ksh

    ReplyDelete
  16. d kulkas saya ad kluar huruf f

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS