AC ERROR E7 FUJIAIRE FLOOR STANDING

Jumpa lagi sobat-sobat, semoga selalu dalam kabar baik.
Pada kesempatan kali ini kami akan bahas mengenai ac Fujiaire 3PK dengan kode error E7 yang muncul pada saat relai jalur outdoor bekerja, kami akan bahas hal-hal yang penting yang berkenaan dengan sensor atau tranduser untuk menemukan letak errornya.
bagian-bagian modul fujiaire
Modul AC Fujiaire
1. Power Suplai

Modul ini menggunakan power suplai trafo konvensional ukuran 500mA. Listrik yang masuk ke trafo melalui sebuah ptc sebagai fuse pengaman apabila suatu saat trafo terbakar ataupun short maka ptc akan menjadi panas sehingga hambatannya menjadi besar sehingga arus yang menuju trafo akan mendekati atau menjadi nol. Output power suplai adalah tegangan 12VDC untuk menggerakkan relai, tegangan kerja micom adalah 5VDC yang diambil dari 12V yang diturunkan dengan ic regulator 7805.

2. Thermistor

Thermis seperti pada umumnya ada 2 buah yaitu thermis suhu ruang dan thermis suhu pipa evaporator, sayangnya pada saat mengerjakan modulnya kami tidak mencatat ukurannya. Dan asumsi kami bahwa thermis tersebut normal setelah diukur pakai multitester.

3. Sensor Motor

Pada modul ini tidak ada sensor motor yang digunakan.

4. Sensor Tegangan/Arus Listrik

Sensor ini terhubung ke jalur N (neutral) pada kontaktor outdoor, ac dengan daya 2 PK atau lebih harus menggunakan relai kontaktor di bagian outdoornya karena kalau tidak relai yang ada di indoor akan terbakar terlebih lagi bila bagian outdoor bermasalah. Bila relai outdoor bekerja maka kontaktor di outdoor akan bekerja dan bagian outdoor (kompressor dan kipas) akan bekerja. Di sisi lain sensor arus akan bekerja pula namun tiba-tiba muncul error E7 dan sistem protek bekerja, fan indoor pun berhenti. Pada ac jenis ini kabel yang menuju outdoor ada 4 buah yaitu L, N, Ground dan kabel sensor. Setelah dilakukan pengukuran ternyata jalur sensor ini yang bermasalah, bagian pengolah sinyal tidak bekerja sebagai mestinya. Pada gambar diatas, pada bagian input sensor terdiri dari R, Dioda dan PC817 kaki 1 dan 2, bila kaki 1 diukur terhadap kaki 2 harus ada tegangan kisaran 2VDC namun tegangan yang terukur hanya 0,2V padahal bila dicabut dan diukur semua komponen tampak normal-normal saja, kecurigaan kami pada diodanya. Setelah penggantian dioda saatnya dicoba hidupkan lagi, pada saat relai jalur outdoor bekerja dan kontaktor di outdoor bekerja tidak muncul error lagi dan tegangan di kaki 1 dan 2 pc817 sudah ada tegangan.
modul displai fujiare
Modul Displai AC Fujiaire
Setelah error tidak muncul saatnya untuk mengetes remot dan semua tombol. Ada beberapa tombol yang rusak, pada saat ditekan hambatannya tidak mencapai 0Ω. Sensor remot juga rusak, bila mengganti sensor harus hati-hati sesuaikan ketiga kaki-kakinya yaitu 5V, ground, dan Vout atau beli yang sama persis sehingga bisa langsung pasang namun bila tidak ada sensor atau receiver infra merah (IR=infra red) yang sesuai maka kita harus mengukur kaki-kakinya untuk menemukan masing-masing kakinya.
Ada beberapa tipe receiver infra red berdasarkan urutan kakinya dari arah kiri, sebagai berikut:
  • Vout, 0 (ground), Vcc
  • Vout, Vcc, 0
  • Vcc, 0, Vout
  • Vcc, Vout, 0
  • 0, Vcc, Vout
  • 0, Vout, Vcc
Dari gambaran di atas kita tidak perlu membeli semuanya, cukup satu jenis saja yang kita beli sebagai stok, nantinya dalam prakteknya di lapangan kita modifikasi kaki-kakinya dengan cara di jumper. Hal yang paling penting adalah menentukan kaki-kakinya yaitu Vcc, 0, Vout dan untuk contoh pengukurannya harus dengan gambar atau video dan untungnya kami belum punya gambar ataupun videonya 😊😊😊 karena apabila kaki ground dan kaki Vcc terbalik maka sensor IR akan rusak dan lebih parahnya jalur Vcc bisa terbakar.

Kesimpulannya: Error E7 pada ac fujiaire terjadi karena ic program atau micom (micro computer) atau micon (micro control) mendeteksi adanya masalah pada jalur outdoor yang meliputi relai jalur outdoor tidak kerja atau jalur putus pada kabel umpan balik dari kontaktor outdoor, kontaktor di outdoor bermasalah atau tegangan 12V yang menuju relai bermasalah, singkatnya jalur kabel yang menuju bagian sensor arus dijumper saja langsung ke jalur N di modul. Bagian sensor arus bermasalah pada dioda, resistor, ic pc817, atau jalur yang menuju micom. Jadi sebenarnya jalur sensor harus dihubungkan dengan jalur N, gunakan pin pada kontaktor yang input ke N dan outputnya ke sensor, 2 pin ini akan terhubung pada saat kontaktor outdoor hidup.

Demikian ulasan dari pengalaman kami, maaf bila ada kekurangan dan kesalahan dan semoga bermanfaat bila ada hal-hal yang belum jelas silakan tinggalkan komentar.


Share:

1 comment:

  1. Bos mau tanya air cooler kami mati ga ada sebab cuma karna mati lampu njuk dihidupkan lagi ga mau, apa penyebabnya bosku

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS