MESIN CUCI TOSHIBA MATI TOTAL

Sobat-sobat dan pembaca yang baik hati, salam sejahtera untuk kita semua dan semoga sehat selalu. Amiin.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang mesin cuci toshiba dengan kerusakan mati total padahal power suplai normal. Pertama-tama kita cek power suplai untuk memastikan tegangan 12V dan 5V dalam kondisi normal. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis power suplai yang sering kami temui yang digunakan pada mesin cuci toshiba yaitu memakai trafo konvensional dan ac matic inventer seperti pada modul samsung diamond drum casing hitam, bedanya di toshiba memakai ic dan di samsung memakai ic hibrid. Baca juga modul toshiba tipe lainnya DISINI
Pada mesin cuci toshiba tombol on menggunakan saklar push-on yang berfungsi untuk menghubungkan jalur listrik sesaat dan begitu micom mendapat tegangan power suplai 5V akan menghidupkan relai sebagai pengganti fungsi saklar push-on tadi, sehingga untuk mematikan modulnya ada tombol khusus 'off'. 
toshiba top loading'
Gb.1. Toshiba Top Loading dengan Trafo Konvensional
Untuk memastikan power suplai normal maka saklar push-on kita tekan terus atau dijumper sehingga kita bisa mengukur tegangan output 12V dan 5V, bila tegangan stabil atau tidak naik-turun kita asumsikan power suplai normal. Langkah berikutnya kita cek dibagian relai dan jalur drivernya sampai ke micom. Apabila tombol power on (saklar push-on) kita tekan dan modul bisa hidup namun bila kita lepaskan modul mati maka bisa dipastikan bagian relai bermasalah, cek relai, cek 12V dan cek bagian drivernya yang biasanya terdiri dari satu atau dua buah transistor. Apabila saklar push-on kita tekan ternyata tidak menunjukkan ada tanda-tanda kehidupan maka bisa dipastikan ic micom belum bekerja atau justru malah kondisinya rusak.

Langkah berikutnya bongkar modul yang ada micomnya (ingat: bongkar modul maksudnya bongkar casing plastiknya bagian bawah dengan memotong plastiknya dengan solder 100 watt atau 150 waat, modul jangan dicongkel). Setelah itu langkah berikutnya cari ic reset biasanya dengan kode 7042 atau 7045 yang berkaki tiga, kaki kiri adalah input 5V, kaki tengah adalah ground dan kaki kanan adalah output dimana tegangan terukur biasanya sesuai kode belakangnya, misal 7042 maka outputnya adalah 4,2V. Bila tegangan sudah sesuai berarti normal. Langkah berikutnya cari Resonance Capasitor atau lebih dikenal dengan Xtall atau kristal, secara umum bentuk kristal non-smd (tidak menempel di pcb) ada dua macam yaitu yang berkaki 2 dan berkaki 3, yang berkaki 2 hanya untuk input-output biasanya bentuknya seperti logam mengkilap, yang berkaki 3 kaki tengah adalah ground biasanya bentuknya seperti kapasitor keramik. Kaki kiri biasanya input, tegangan pin input maupun output dari ic micom ada perbedaan dan persamaan tergantung setingan designer pabriknya. Pada modul di atas inputnya adalah kisaran 2,3V dan outputnya kisaran 0,5-1V, biasanya apabila kaki outputnya kita sentuh dengan probe merah tester sementara probe hitam pada ground maka kadang terdengar bunyi "tit" maka bisa dipastikan ic micom masih normal serta kemungkinan bisa juga Xtall rusak.

Dari hal-hal diatas, asumsi kami adalah Xtall rusak, kodenya adalah 8.000 jadi ukurannya adalah 8 Mhz (mega hertz). Karena di pasaran yang kaki 3 kami belum pernah menemukan maka kami ganti dengan yang kaki 2 dan hasilnya modul bisa hidup namun beberapa lampu led indikator langsung kedip-kedip, hal ini pernah kami bahas pada postingan dulu kala, kerusakan pada ic memori 24C02. Ic memori ini gunanya untuk menyimpan program default dari micom, sehingga bisa diganti dengan memori kosongan yang harganya murah meriah. Apabila ic micom tidak bisa memproses perintah "read-write" pada memori maka micom akan mengeluarkan sinyal kedip-kedip.

Berbeda halnya dengan setengah posisi "on" selang beberapa detik muncul kedip-kedip kemungkinan error di water level, swit pintu belakang maupun swit reed (magnet), sensor de effecto hall (sensor putaran motor), sensor di motor drain dan child lock.

Untuk kelas top loading memang toshiba dibilang "terumit" tingkat keamanannya bisa kita kasih nilai dua jempol "👍👍" tetapi bikin pusing bagi teknisi. Misalnya motor drain tidak kerja aja akan terjadi error sebagaimana pada electrolux top loading dimana pompa tidak kerja akan terjadi error.

Demikian ulasan singkat kami semoga bermanfaat, maaf bila ada yang kurang jelas silakan tanyakan di kolom komentar.



Share:

15 comments:

  1. Alhamdulillah akhirnya selesai modul toshiba matot trimakasih atas postingannya

    ReplyDelete
  2. Modul toshiba tekan tombol on led nyala lalu mati. Solusinya om

    ReplyDelete
  3. Om toshiba aw 8560s saya nyala trus 2 detik mati sendiri. Kira kira apanya itu ya.
    Menurut saya sih ada masalah di modulnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu power suplai 12v dan 5v harus normal dan stabil

      Delete
  4. Mesin cuci saya toshiba aw 8300s matot apanyabya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek bagian output suplai ada teangan pa tidak.
      kalau tdk ada cek bagian primer

      Delete
  5. Apakah menerima reparasi modul mesin cuci ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf telat balasnya. Modul dikirim via paket

      Delete
  6. mohon petunjuknya buat betulin mesin cuci thoshiba saya bang, tidak bisa start tapi tegangan 12v dan 5v dari 7805 ada semua. catu dayanya pakai travo. mohon solusinya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asumsi kami yg tdk bisa hanya tombol Start ya,, coba cek tombol dan jalurnya dulu. selain itu kami blm bisa mastikan

      Delete
  7. m.cuci thosiba saya matot kira2 apanya bang,maaf relay12v kok lsg terhub dengan AC listrik mohon penjelasanya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu power suplai. relai untuk saklar common untuk semua beban

      Delete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS