MESIN CUCI TOSHIBA MATI TOTAL #PART II

Sobat-sobat yang baik hati, salam sejahtera untuk kita semua dan semoga sehat segalanya.
Pada kesempatan kali ini kami akan bahas sekilas mengenai modul mesin cuci toshiba dimana kerusakannya mati total sebagaimana sudah pernah kami bahas pada bahasan sebelumnya, DISINI.
Power suplai pada kondisi normal baik 12V maupun 5V. Namun pada modul yang ini letak kerusakannya berbeda. Sempat kami berasumsi bahwa kerusakan pada bagian micom (micro computer - biasa juga disebut micom (micro control)) yaitu pada Crystal Oscillator atau Xtal namun kodenya aneh yaitu D556E41 kami mencoba mencari datasheet-nya di internet namun hasilnya nihil, sampai saat ini kami belum tahu ukurannya apakah 4 Mghz, 5 Mghz ataukah 8 Mghz. Bila kita lihat dari datasheet ic micom yaitu TMP87CH46N, ic ini menggunakan Xtal dengan nilai 4 sampai 8 Mghz tergantung penggunaannya.
toshiba pintu atas
Modul Mesin Cuci Toshiba
Sebelum penggantian Xtal kami coba cek bagian lain yaitu pada sensor arus listrik karena modul ini tidak akan bisa hidup bila sensor listrik bermasalah, kami bongkar bagian modul power suplai kami telusuri bagian sensor listrik yang terdiri dari transistor npn kecil, kaki emitor (kanan) terhubung ke 0V (salah satu jalur listrik), kaki kolektor (tengah) ke micom dan kaki basis (kiri) ke resistor-dioda-jalur listrik.
Tegangan kaki kolektor terukur 1V,, nah.. disini ternyata masalahnya harusnya tegangannya adalah 2,3V bila diukur dengan ground pada ic micom. Asumsi kami masalah di jalur basis transistor, setelah melakukan pengukuran ternyata resistornya nilainya molor, ukurannya bila dilihat dari gelang-gelangnya adalah 560k ohm yang terukur 1 mega ohm lebih. Setelah penggantian resistor modul bisa hidup kembali.
Area Sensor Tegangan Listrik
Sebagai tambahan, power suplai modul ini menggunakan ic hybrid seperti pada modul samsung box modul warna hitam, namun jalurnya berbeda, outputnya adalah -12V dan bukan sebagai ground modul, bila kita ukur dengan salah satu jalur listrik yang masuk ke micom hasilnya adalah 12V jadi salah satu jalur listrik yang masuk ke micom adalah 0V. Bagaimana jalur ground modul? Ground modul diperoleh dengan menggunakan ic regulator 7905 (ingat: beda dengan 7805 seperti yang digunakan di modul samsung) dimana kaki kiri terhubung ke listrik yg masuk micom (0V), kaki tengah ke jalur -12V dan kaki kanan sebagai output atau ground micom, tegangannya adalah -5V. Ini sebenarnya hanya asumsi saja, bila kita mengganti power suplai dengan trafo konvensional atau adaptor maka cara memasang kabelnya adalah: (cabut ic hybrid)
tegangan 12V adaptor ⇒⇒ ke salah satu jalur listrik yang masuk micom (0V)
tegangan 0V (CT) adaptor ⇒⇒ ke jalur output ic hybrid (-12V)

Berbeda dengan jalur pada samsung modul box hitam, salah satu jalur listrik adalah 12V, ground modul sama dengan output ic hybrid, tegangan 5V  dihasilkan dengan 7805. Bagaimana Sobat? Kalau dibayangkan memang membingungkan tapi kalau sudah praktek akan terasa mudah.

Penting!
Patokan dalam menentukan power suplai adalah tegangan 0V atau ground pada micom, ya "ground pada micom" jangan sampai salah karena micom akan terbakar.
#Modul samsung, asumsinya adalah:
1. Output hybrid = ground micom = 0V
2. Salah satu jalur listrik = 12V
3. Tegangan 5V diperoleh dengan  ic 7805, kaki kiri ke 12V, kaki tengah ke 0V, kaki kanan output 5V.
Urutan tegangan dari yang paling kecil adalah 0, 5, 12.

#Modul Toshiba, asumsinya adalah:
1. Out hybrid = -12V
2. Salah satu jalur listrik = 0V
3. Tegangan -5V diperoleh dengan ic 7905, kaki kiri ke 0V, kaki tengah ke -12V, kaki kanan output -5V dan ini sebagai ground micom.
Urutan tegangan dari yang paling kecil adalah -12, -5, 0.
Dari uraian di atas semoga bisa membantu memahami power suplainya

Pada modul Toshiba ada beberapa tipe yang mempunyai perbedaan pada tombol power ada yang menggunakan tombol on-off ada juga yang menggunakan tombol on terpisah dengan tombol off, yang terpisah ini tombol on adalah saklar push-on hanya untuk menyambungkan jalur listrik, bila modul sudah hidup maka tugas saklar ini diambil alih oleh relai. Hal lainnya adalah memori, ada yang menggunakan 24C01 dan ada yang menggunakan 24C02

Demikian bahasan kami semoga bermanfaat dan bila ada kesalahan kami minta maaf.



Share:

No comments:

Post a Comment

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS