MESIN CUCI POLYTRON LAYAR SENTUH ERROR

Dunia elektronik kian hari makin cepat perkembangannya, rasanya kian terseok-seok juga menghadapinya tetapi tetap semangat guyyss.

Okey Sobat kali ini kami akan bahas mengenai mesin cuci Polytron dimana bagian displainya adalah layar sentuh (touch screen) dan memakai angka digital. Desainnya memang elegan tetapi bila dilihat dari resikonya, bisa dikatakan "bunuh diri", mengapa?? Bagi sebagian orang yang tidak atau belum memahami kondisi, mereka akan memasukkan dan mengeluarkan pakaian basah ataupun setengah kering dari arah depan, sudah bisakah kita bayangkan resikonya? Belum lagi efek dari percikan air dari dalam drum pencucian meskipun bisa dibilang kecil kemungkinannya.
Dari hal di atas resikonya adalah mainboard displai akan terjadi error apabila terkena air dan tidak cepat-cepat dilap. Error yang kami jumpai adalah apabila layar kaca/mika tebal bila kami sentuh di bagian manapun maka tombol "peras/spin" dan "start-pause" akan kedip (nyala terang) seperti pada saat disentuh dan pada saat tombol "peras/spin" disentuh tombol "start-pause" akan ikut menyala. Dan intinya seluruh bagian kaca/mika bila kami sentuh maka tombol "start-pause" akan aktif.
Gb.1. Displai Polytron layar sentuh
Ini adalah pengalaman baru kami, cukup menguras energi untuk mengatasinya, bagaimana cara membongkar modul displainya? Sebelum dilanjutkan kita lihat dulu modul secara keseluruhan.
Polytron layar sentuh
Gb.2. Modul Mesin Cuci Polytron Layar Sentuh
Dari gambar di atas, kita bisa melihat mesin cuci tipe ini menggunakan dua buah modul yaitu modul power dan modul displai, kami belum melihat bagian bawah modul power ini karena memang kerusakan yang dialami tidak berkaitan langsung dengan modul power. Dugaan dan asumsi kami bahwa bagian power primer tidak terhubung dengan bagian skunder karena penghubung antara primer dan skunder menggunakan optotriac dan apabila hal tersebut benar maka bagian skunder tidak terhubung dengan listrik 220V sehingga tidak ada sengatan listrik di bagian skunder. Untuk kebenarannya kita tunggu waktu saja sampai ada modul tipe ini yang masuk ke bengkel kami dengan kerusakan bagian power-nya. 
Gb.3. Modul displai mesin cuci polytron
Berikutnya kami bahas mengenai modul displai, diagnosa kami ada jalur yang masih terkena sisa-sisa embun sehingga jalur konslet. Bongkar bagian plastik penutup modul jangan dicongkel bagian kaca/mika karena akan pecah, bongkar plastik dengan solder khusus kita bisa modif sendiri atau beli yang sudah ada di pasaran biasanya 100 watt, potong plastik dari arah samping dengan sudut kemiringan kira-kira 45 derajat, hati-hati jangan sampai mengenai pcb modul bisa memotong jalur bisa tambah berat pekerjaan bila jalur putus.

Setelah plastik penutup terbongkar pekerjaan terberat adalah melepas pcb modul, congkel dengan obeng minus bagian pinggirnya, sedikit terangkat saja kemudian gunakan obeng plus, serba salah pokoknya, obeng didorong ke atas kena modul, ke bawah kena kaca/mika serta lem double side-nya sangat kuat. Pengalaman kami, kami gunakan bensin untuk melunakkan lemnya kemudian congkel pcb sedikit demi sedikit sambil siramkan bensin, saat mencongkel harus ekstra hati-hati karena bisa melukai pcb ataupun lampu led bisa rusak, kelihatannya modul displai ini memang didesain tidak untuk diperbaiki, hehehe, hanya teknisi saja yang tetap ngeyel memperbaikinya. Setelah modul displai terbongkar bersihkan dengan bensin atau minyak kayu putih karena bensin bisa membuat pcb karatan, bersihkan juga kacanya dengan tisu basah atau lap lainnya kemudian keringkan pcb dan kaca/mika dengan di jemur matahari atau pakai hair dryer.

Kami belum tahu berapa harga modul displai baru di service center tetapi pastinya teknisi jalanan tidak dilayani ketika membeli modulnya. Okey kembali ke bahasan, setelah kami bersihkan pcb dan kacanya kami coba nyalakan, ternyata hasilnya memuaskan, tombol tidak lagi konslet. Lega sudah rasanya, namun pekerjaan belum selesai, ternyata susah juga menutup modulnya, bila dilem bakar ternyata susah masuk ke box unitnya, cara lainnya kita las lagi plastiknya menggunakan solder, jangan dilem dengan lem yang bahan dasarnya menggunakan bensin karena akan menyebabkan karat pada pcb modul. Jangan lupa pula pcb modul harus dicat dengan warna bening atau clear biar tidak karatan atau terkena air atau uap air.

IC displai digital menggunakan ET6202 pada ic tipe ini juga digunakan pada seri polytron yang lain, yang jadi pertanyaan adalah bisakah layar sentuh ini diganti dengan switch tombol? Belum ada jawaban pasti namun kemungkinan besar masih bisa seperti pada tipe lainnya namun butuh kerja keras.

Demikian bahasan kami semoga ada manfaatnya, bila ada hal yang salah atau kurang tepat kami minta maaf karena ini pengalaman terbaru kami.


Share:

1 comment:

  1. Gan.. Mesin cucinya sama gan dgn punya saya.. Transistornya R513 nya hangus.. itu brp ohm ya? Yg kecil di tengah jalur ke potocopler.

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS