MESIN CUCI LG ERROR 'LE' #INVERTER

Salam sejahtera untuk kita semua. 
Bahasan kami kali ini mengenai mesin cuci Inverter LG front loading (pintu depan) dengan kode error "LE" atau Load Error (kesalahan beban) ini berarti bahwa putaran motor penggerak bermasalah bisa jadi motornya yang bermasalah atau sensor dan jalur yang berhubungan dengan motor yang bermasalah. Pada merek lain kode errornya ada yang menggunakan kode 'EC' (error circle). Hanya sebagai informasi saja bahwa LG juga mengeluarkan produk untuk tipe Top Loading (pintu atas) inverter.

Gambar modul utamanya seperti berikut:
Gb.1. Mainboard LG Inverter
Karena errornya LE maka kami langsung mengecek motor dan bagian sensor geraknya. Bagian motor terdiri dari Stator dan Rotor, bagian Stator ada 3x12 (36) lilitan pada Core Iron (inti besi) dan bagian Rotor ada magnet statis 12 buah. Lilitan motor kelihatan baik-baik saja tidak ada tanda-tanda putus atau terbakar, maka perhatian kami tertuju pada sensor gerak motor yang terdiri dari dua buah sensor DE EFFECTO HALL, yang outputnya adalah Sa dan Sb, kami belum tahu pasti mengapa menggunakan dua buah sensor, apakah untuk mendeteksi putaran kanan dan kiri?
Gb.2. Rotor dan Stator motor inverter LG
Gb.3. Rotor dan magnet statis
Di bodi mesin cucinya garansi motor adalah 10 tahun kalau dilihat susunan motornya memang motor bisa bertahan lama tetapi modulnya yang tidak tahan lama terutama ic IPM. Kembali ke pembahasan, sensor de effecto hall kami cek dan hasilnya menunjukkan bahwa sensor masih normal ternyata kerusakan pada kapasitor smd/tempel yang short dengan ground dan resistor smd paralel ukuran 681 (680 ohm) putus, kapasitor kami ganti bekas yang kami ambil dari hard disk bekas ataupun komputer bekas dan R kami ganti dengan R biasa. Setelah penggantian mesin cuci tidak error lagi alias normal.
Gb.4. Sensor gerak dan kecepatan motor
Kami sudah beberapa kali memperbaiki modul sensor ini kode sensor de effecto hall yang digunakan di modul sensor ini W12C namun dipasaran kami belum tahu dimana membeli sensor hall tersebut. Kerusakan yang sering terjadi adalah pada resistor. Kami pernah mengganti sensor hall namun sensor aslinya telah hilang pada saat kami menangani mesin cuci tersebut, kami ganti dengan kode 3144 dan hasilnya modul sensor bisa normal. Kami juga pernah mencoba mengganti sensor hall dengan kode 49E namun tidak cocok. Ada banyak tipe sensor hall tetapi kami belum tahu secara pasti karakteristik dari masing-masing tipe karena terbatasnya informasi yang kami dapat. Dari pengukuran dengan multitester analog yang kami lakukan memang terdapat perbedaan yang sangat mencolok pada karakteristik kaki-kakinya.

Ada beberapa tipe mesin cuci inverter yang diproduksi LG yang tidak menggunakan modul sensor motor, sensor gerak/kecepatan motor kemungkinan ada di sekitar ic IPM sebagaimana pada sistem inverter mesin cuci samsung. Apabila ternyata setelah pengecekan bagian modul sensor motor ataupun penggantian sensor hall ternyata masih muncul error 'LE' maka kita harus cek di bagian modul kontrol khususnya yang berkaitan dengan ic IPM dan tentunya pekerjaan akan semakin rumit karena kita dihadapkan pada mainboard double side dimana jalurnya ada pada kedua sisi board butuh waktu dan kesabaran ekstra, fokus dan jangan tergesa-gesa.

Di masa-masa yang akan datang atau beberapa tahun ke depan kemungkinan semua merek akan melakukan discontinu produk sparepart ini bagi kita sebagai teknisi di luar service center adalah sebuah kesempatan, tidaklah mungkin bagi teknisi service center akan meng"oprek" modul, jawaban mereka pastilah ganti unit baru. Ini sudah beberapa kali kami alami, pada saat pemilik sudah menghubungi service center dan dijawab bahwa stok modul di service center sudah tidak ada yaitu tipe LG inverter yang modulnya ada dibagian depan menyatu dengan displai. Ini adalah tantangan untuk kita semua dimana hari demi hari harus belajar memahami sistem kerja setiap modul tetapi kita juga akan 'mentok' atau kandas ketika onderdil tidak tersedia atau tidak bisa lagi di modifikasi.

Demikian ulasan kami semoga bermanfaat bagi kita semua, maaf bila ada hal yang kurang tepat karena keterbatasan pengalaman dan pengetahuan kami.


Share:

9 comments:

  1. Mantap, Bang.. Ulasannya detail dan mudah dipahami.. Sangat bermanfaat... Lanjut terus..

    ReplyDelete
  2. Saya punya mesin cuci LG type F1007NMPW front loading yang bermasalah dengn diplay LE, setelah saya melihat beberap ulasan maupun video dari internet saya pesan sensor gerak dan setelah pesanan datang saya coba buka motor, tapi ternyata type ini tdk ada sensor gerak. Mohon bantuan solusinya.. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa tim kami juga mengalami hal yg sama. Sensor sekarang banyak di tanam di modul, efek monopoli dan efisiensi

      Delete
  3. Mau di coba dulu ya gan thanks info nya ��

    ReplyDelete
  4. Bang kalo mesin cuci LG wf-s90d6 inverter kode kerusakan AE itu apa yaa. Mhn info nya, tks

    ReplyDelete
  5. mantap joss luarbiasa, lanjutkan..

    ReplyDelete
  6. Punya saya kode LE tapi dinamo stator tidak ada sesornya

    ReplyDelete
  7. Selamat siang mesin kami kondisi sekarang Eror. Indokasinya LE nya nyala..mohon di bantu check terima kasih

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS