MESIN CUCI LG TOMBOL ERROR #TOP LOADING

Kali ini kami bahas mengenai mesin cuci LG otomatis pintu atas dengan gejala kerusakan inti adalah pada tombol atau jalur yang error, meskipun terkesan sederhana tetapi ada beberapa hal yang cukup merepotkan juga. Ada beberapa gejala yang kami temui di antaranya:
1. Mati total atau tidak bisa on
2. Begitu on langsung start
3. Hanya tombol on atau power yang berfungsi
4. Setelah bebarapa waktu proses berjalan tiba-tiba off sendiri atau tidak mati tetapi berhenti
5. Ditekan fungsi A ternyata yang menyala indikator fungsi B
Modul pintu atas
Gb.1. Modul LG Pintu Atas
Tipe modul pada gambar diatas yang sering bermasalah pada tombol-tombolnya. Okey Sobat-sobat kami bahas hal-hal yang berkaitan dengan tombol.
Permasalahan tidak bisa on ada beberapa syarat yang harus terpenuhi selain tombolnya yaitu tegangan power suplai 5V harus stabil, sensor listrik stabil di kisaran 2,3V, Capasitor Resonance (atau yang biasa disebut Xtal) harus normal, tegangan reset harus normal (misal ic reset 7042, tegangan output atau pada kaki nomor 3 harus 4,2V), ic program atau micom (micro computer) atau micon (micro control) normal dan ic displai (bila ada) normal juga. Kita asumsikan bahwa semua kondisi diatas dalam keadaan normal, sebenarnya langkah awal mendeteksi mati total adalah tegangan suplai 5V dan tombol power apabila setelah kita ukur tegangan 5V normal maka yang dicek berikutnya adalah tombol power. Setelah kita bongkar modul--ingat yang dibongkar plastiknya misal dengan solder 100 watt jangan dengan gerinda atau pisau cutter--buka solderan salah satu kaki tombol power setelah benar-benar tidak hubung dengan jalurnya kita ukur kedua kaki tombol dengan multitester dengan skala minimal x10k𝛺 (10 kilo ohm) apabila ada hubung sedikit saja maka tombol bermasalah, atau apabila tombol ditekan tidak hubung sama sekali berarti tombol "open" biasanya karena karatan.

Permasalahan berikutnya pada point 2 sampai 5 yang tersebut diatas biasanya karena tombol konslet meskipun sedikit dan terkadang adanya getaran dari unit mesin cuci tombol akan aktif dengan sendirinya. Cara mengetesnya seperti cara diatas, cara memperbaikinya dengan solder ulang pada kedua kaki tombol bila 2 kaki atau keempat kaki tombol bila kakinya empat, apabila tidak sembuh penyakitnya terpaksa tombol harus dibongkar caranya bisa baca pengalaman kami DISINI, apabila tipe tombolnya layar sentuh bisa baca pengalaman kami juga DISINI.
Gb.2. Jalur konslet/short
Apabila setelah kita pastikan semua tombol sudah normal tetapi masih terkadang ada error pada tombol maka yang harus kita cek berikutnya adalah pada jalur tombol. Hal pertama yang harus diamati adalah jalur tombol ada yang karatan atau berwarna kehitaman seperti terkena panas kemudian lepas semua bagian yang terhubung dengan jalur tombol setelah itu ukur jaur yang berdekatan dengan skala minimal x10k𝛺 pada multitester apabila ada hubung meskipun sedikit maka bisa dipastikan jalur tombol ada yang konslet atau short. Adapun cara mengatasinya ada beberapa teman di tim yang membuang jalur tombol kemudian diganti dengan kabel khusus jumper hanya saja terkesan tidak rapi, adapula yang memakai pisau cutter yaitu dengan menggaris dengan ujung cutter diantara dua jalur tombol, biasanya cara ini dilakukan oleh tim kami yang masih fokusnya tingkat tinggi dengan bantuan kaca pembesar atau webcam mikroskop, bagi sobat-sobat yang tangannya bisa goyang-goyang sendiri jangan lakukan cara ini bisa-bisa jalurnya terpotong semua. Kalau jalurnya terlalu kecil (jalur rambut) tidak bisa dilakukan dengan cutter lebih aman memakai jumper kabel setelah jalur aslinya dibuang atau dipotong. Setelah melakukan itu semua ukur lagi masih ada jalur yang konslet atau tidak kemudian jangan lupa jalur yang sudah diperbaiki tadi semprot dengan cat bening (clear) agar tidak short lagi bila terkena panas modul dan agar tidak karatan. Dan tutup kembali plastik modul dengan cara dipanasi seperti pada las plastik, tidak bisa dilakukan dengan cara pengeleman dengan lem bakar karena pada modul mesin cuci LG terdiri dari dua buah modul yang pemasangannya saling merapat-menempel berbeda dengan modul mesin cuci samsung pintu atas yang hanya satu buah modul. Jangan mengelem plastik penutup modul dengan lem berbahan bensin karena akan menimbulkan karat.

Demikian ulasan kami meskipun singkat semoga bermanfaat, apabila ada hal-hal yang kurang tepat kami minta maaf dan bila ada hal yang perlu ditanyakan silakan tinggalkan di kolom komentar atau chat.



Share:

8 comments:

  1. Itu resistor fuse yang warna item berapa ya om nilainya?

    ReplyDelete
  2. Itu resistor fuse berapa ya om nilainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja nilai tahanan dari 1 ohm sampai 10 ohm, 1 watt atau lebih

      Delete
  3. mesenku erorr aku g bisa betulin p lgi teknik sprti ini mana ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. panggil teknisi yg mahir, atau modul kontro bisa dikirim ke tempat kami

      Delete
  4. Kalo modul samsung di colokin langsung nyala putar itu apanya ya gan..

    ReplyDelete
  5. Tepatnya kerusakan modul pada bagian mana nya.. Trima kasih

    ReplyDelete
  6. Kalo modul controller trouble karna saat spin kencang tiba2 berhenti dan balik rinse ngisi air lagi pd mesin cuci LG itu penanganannya gmn om ? Cuma harus di reset aja ato kabelnya ada yg konslet

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS