CARA PERBAIKI DOOR LOCK MESIN CUCI

Maaf sebelumnya Sobat-sobat yang budiman kalau judulnya sangat bersifat umum tidak spesifik, disini sebenarnya kami akan bahas secara spesifik tentang door lock (pengunci pintu) pada mesin cuci front loading namun juga akan dibahas sedikit mengenai door lock secara umum.
Mengapa harus memakai door lock??
Jawabannya sederhana saja "agar aman", bisa kita bayangkan andai saja pada saat proses pencucian (washing) sampai pengeringan (spinning) lalu tiba-tiba pintu terbuka, apa yang akan terjadi terutama pada tipe front loading (pintu depan), air dan pakaian akan tumpah keluar, lebih-lebih lagi bila ada anak-anak di dekat unit mesin cuci, lebih parah lagi bila unitnya adalah pengering pakaian (dryer).

Sebenarnya bukan hanya door lock itu yang menjadi pusat perhatian tetapi juga kinerja sistem yang berhubungan dengan door lock, berikut ini beberapa informasi yang bisa kami bagi:

1. Mesin cuci pintu atas manual dua tabung

Pada mesin cuci manual pintu atas, sebenarnya pengaitnya yang bekerja yaitu menghubungkan 2 plat konektor yang berfungsi sebagai saklar dan akan terhubung (close) bila pintu tertutup dan akan terbuka (open) bila pintu terbuka dan sistem akan mati. Masalah pada kontaktor adalah biasanya karatan. Sehingga bila spinning tidak berjalan maka cek listrik dan kabel-kabel >> timer >> kontaktor >> kapasitor >> motor.

2. Mesin cuci pintu atas otomatis

Pada mesin cuci tipe ini yang sering dipakai adalah sensor magnet (Reed) namun sudah di packing sedemikian rupa sehingga berbentuk persegi panjang, sensor reed sebenarnya bentuknya seperti sekring namun bentuknya lebih kecil. Logam yang ada di dalam tabung kaca akan terhubung bila ada medan magnet di dekatnya. Bila sensor rusak akan muncul kode dE di layar displai digital atau led kedip-kedip bila tidak memakai displai digital.
Setahu kami hanya merek Toshiba yang memakai pengunci pintu, bentuknya kotak putih berada di sebelah kiri depan.

3. Mesin cuci pintu depan

Secara umum door lock untuk mesin cuci pintu depan ada dua jenis yaitu 3 kabel dan 4 kabel. Sebelum kita pelajari lebih lanjut, kita asumsikan dulu bahwa listrik yang masuk modul adalah jalur N dan masuk door lock adalah jalur L, ini hanya sekedar asumsi karena pada kenyataannya kita mencolokkan steker lisrik tidak memperdulikan jalur L-N-nya.
  • Door Lock 3 Kabel biasanya terdiri dari:
1. Kabel jalur L yang melalui relai atau Triac/SCR sebagai saklar.
2. Kabel jalur N.
3. Kabel sebagai output jalur N menuju modul kontrol sebagai Common

Door lock tipe ini ada beberapa model juga setiap merek mempunyai seleranya masing-masing. Selain 3 kabel ada bagian penting lainnya yaitu plat plastik di tengah-tengah yang bisa bergerak maju mundur. Apabila pintu ditutup maka pengait di pintu yang bentuknya seperti cangkul akan mendorong plat plastik tersebut maju atau mundur sesuai desain pabriknya, sehingga lubang pengunci tepat tegak lurus dengan pengunci.

Cara test secara manual, apakah door lock normal atau tidak adalah sebagai berikut:
1. Lepas terlebih dahulu door lock dari kabel jaringan modul.
2. Ukur antar kabel dengan multitseter, apabila ada sepasang kabel yang terhubung dengan kisaran hambatan 3 kiloohm sampai 7 kiloohm maka kedua kabel ini yang harus dihubungkan ke listrik.
3. Geser maju atau mundur plat plastik sehingga penampang pengunci terlihat, tahan plat plastik dengan dengan suatu benda sehingga tidak bergerak lagi.
4. Hubungkan kedua kabel tadi dengan jalur listrik, tunggu kisaran 5 detik sampai bunyi klik dan pengunci menyembul keluar mengunci plat plastik.
5. Bila sudah terdengar klik, cabut listrik dan ukur antar kabel bila ada 2 kabel dengan hambatan 0 (nol) ohm maka door lock dinyatakan normal dan bila selain kondisi tersebut maka door lock dinyatakan rusak.
door lock fl
Gb.1. Door Lock 3 kabel
 Catatan: Setiap merek dan tipe bisa berbeda urutan kabelnya
Gb.2. Skema sederhana Door Lock

Cara memperbaikinya:

Bongkar door lock dengan hati-hati, bersihkan setiap bagian kontaktor dan plat logam. Bersihkan PTC dengan dilap jangan pakai amplas bisa tambah parah. Kami belum ada informasi dimana membeli PTC jenis ini, ada PTC yang agak mirip dengan itu yaitu pada PTC televisi bagian degausing tetapi ketinggiannya lebih kecil dan diameternya lebih besar. Kerusakan yang sering terjadi adalah PTC pecah atau retak-retak bagian tepinya (jawa: grimpil) sehingga pemanasan kurang maksimal.

  • Door Lock 4 Kabel biasanya terdiri dari:
1. Kabel jalur L yang melalui relai atau Triac/SCR sebagai saklar untuk pemanas PTC
2. Kabel jalur L yang melalui relai atau Triac/SCR sebagai saklar untuk solenoid penggerak roda gigi
2. Kabel jalur N.
3. Kabel sebagai output jalur N menuju modul kontrol.

Yang menjadi perhatian adalah solenoid penggerak roda gigi, gunanya adalah untuk buka-tutup konektor jalur N. Pada saat unit pada posisi "on" maka ic program (micom) memerintahkan relai/SCR untuk bekerja sehingga PTC memanas dan menggerakkan bimetal kontaktor untuk terhubung apabila kisaran 3-5 detik kontaktor tidak terhubung maka akan muncul error dE2 kemudian selang kisaran 1-2 detik ic program (micom) memerintahkan relai/SCR untuk bekerja sehingga peluru solenoid bergerak maju dua kali memutar roda gigi dua langkah akibatnya jalur dua kabel N terputus apabila dua kabel input dan output jalur N tidak terputus maka akan muncul error dE1.

Pada model door lock tipe ini yang sering rusak pada PTC-nya namun masih bisa diakali, itu sudah kami praktekan di medan tempur, hehehe. Gambarnya seperti dibwah ini:
Gb.3. Door Lock 4 Kabel
Pada gambar 3 diatas, kabel kuning-coklat kami gabung ke kabel merah karena di dalam door lock sudah di modif karena ada bagian yang hilang. Kalau semua bagian masih utuh tidak perlu di modif jumper, cukup di potong saja kabel kuning-coklat dan diisolasi yang rapat dan kuat. Dan buang saja PTC-nya.

Skemanya door lock aslinya seperti di bawah ini:
Gb. 4. Skema Door Lock 4 kabel
R= Red, B= Black, Bu= Blue, Y/Br=Yellow-Brown

Dan skema setelah dimodif seperti di bawah ini:
Gb.5. Skema Door Lock yang dimodifikasi

Pada gambar di atas, kabel kuning-coklat tidak dipakai, kita buang saja PTC yang sudah rusak kemudian kita beri penahan atau ganjalan agar konektor selalu terhubung tetapi harus masih bisa putus-sambung (open-close), yang kami lakukan memakai kawat kabel tembaga.
Cara kerja door lock ini adalah sebagai mana sudah kami sebutkan diatas pada saat standby atau sebelum "start" konektor belum terhubung kemudian pada saat tombol start-pause ditekan maka solenoid menggerakkan roda gigi satu langkah dan konektor terhubung. Misalkan pada saat di tengah proses pengoperasian kita menekan tombol start-pause maka kerja sistem akan berhenti, solenoid menggerakkan roda gigi dua langkah sehingga konektor door lock terbuka.
Jadi roda  gigi dua langkah untuk pause dan satu langkah untuk start.

Demikian bahasan kami kali ini semoga bermanfaat dan bila ada hal yang kurang tepat kami minta maaf, bila ada hal yang kurang jelas bisa tinggalkan komentar atau chat by phone.



Share:

72 comments:

  1. Kalo terpaksa gk pake door lock apakah bisa hidup.misal kabel disambung langsung?.apa ada pengaruhnya ke modul.saya pake modul frontload yg universal

    ReplyDelete
  2. Tergantung tipe dan merek. Kalo LG 4 kabel gak bisa dilangsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika 3 kabel bagaimana cara baypass nya bg?

      Delete
  3. Mesin cuci saya LG top load, dorlock rusak, 4kabel, cara lain selain ganti dorlock apa ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diperbaiki atau dimodif, pakai relai 220. Jangan dilakukan kalau belum paham, bisa rusak parah.

      Delete
    2. Maksdunya relai 220 apa ya?

      Delete
  4. Mesin cuci saya electrolux EWF12022 tidak menyala walau sudah di colokkan ke stopkontak semuanya hitam dan juga terkunci jafi baju saya tidak bisa di keluarkan.itu gimana ngatasinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut listrik, buka penutup atas kemudian pengait pengunci doorlock ditekan ke arah kiri, lakukan dari dalam, agak susah

      Delete
  5. Mesin cuci electroluc sy tiba2 tdk berfungsi , padahal belum lama bs di pakai , itu knp yqch?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mati total atau tombol normal tidak bisa start kerja?
      Kalo mati total kemungkinan di listrik atau power suplai

      Delete
  6. Mc sy Electrolux seri ewf dengan bunyi doorlock teg..teg.. Sy berencana akan memakai modul universal, di mana modul tsb hanya ada 3 jalur kabel. Sedangkan doorlock aslinya ada 4 jalur kabel.. Mohon uraiyannya dan terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan error di doorlock atau kontrolnya, masih bisa diperbaiki.
      Hrs paham pengabelannya.
      Kalo pakai universal, pakai doorlock 3 kabel yg normal

      Delete
  7. Mau tanya mesin cuci disensor ada kayak coretan bulet gtu dan pintu gak bisa kebuka kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membukanya dr dalam, dg obeng kecil dorong pengait ke kiri atau ke kanan

      Delete
  8. Kalau ada tulisan eror EH1 gimna solusinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merek apa ya?
      Eror pada awal ON atau setelah start?

      Delete
  9. Mesin cuci merk polytron 2tabung atas manual, tutup yg untuk mengeringkan tidak bisa dibuka sepenuhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pegas patas sehingga menghambat gerakan pintu, buka ada cover atas-belakang kemudian dicek

      Delete
  10. Mesin cuci saya electrolux tiba tiba tidak bisa buka pintunya...kata bengkelnya...sensor pintunya...masa suku cadangnya 1'4 suku cadangnya bisa beli dmn ya... Mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengunci digeser ke kiri/kanan dari dalam pakai obeng kecil. bila doorlock rusak masih bisa diperbaiki kisaran 200an

      Delete
  11. Door lock 4 kabel bisakah dimodif ke 3kabel agar bisa pakai modul universal??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, jalur solenois/lilitan tidak dipakai

      Delete
    2. Siap,, terimakasih ... Sudah berjalan dan berhasil...

      Delete
  12. Door lock saya bagus cuman begitu mesin cuci di stat dia muncul kode De. Kira2 yg rusak apa ya bisa di bantu

    ReplyDelete
  13. Maaf, mesin cuci saya daewoo, doorlock nya kayanya rusak, kira2 bisa dijumfer ga ya.. Itu yg4 kabel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm pernah menguji daewoo, DL 4 pin yg bisa dilangsung hanya bagian kontaktor (diganjal agar konek terus). Kalo bagian lilitan hrs normal, bisa buka-tutup kontaktor

      Delete
  14. saya punya keluhan mesin cuci lg wash and driyer inverter ...doorlook baru kode eror de 1 ...teg 220 kalo di kasih dooor lok hilang ...masukan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bongkar DL nya dan bersihkan ptc nya. sebenarnya bisa diperbaiki tetapi sudah terbiasa/ahli, karena bila salah akan fatal akibatnya

      Delete
  15. Persamaan doorlock 4 kabel merk Panasonic bisa pake doorlock merk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 kabel atau 4 pin?
      Semua bisa dipakai asal tau jalurnya di dalam DL, bisa dimodifikasi, hrs dibongkar dulu

      Delete
    2. hrs pastikan dulu modul atau DL yg rusak. pada DL biasanya ptc yg rusak bisa diganti dari merek lain

      Delete
  16. Mesin cuci saya merk samsung satu tabung apa bila tutup tabung di tutup tombol power gak bisa di nyalain trus kalau di buka baru tombol bisa di nyalain trus pada waktu pengisian air pembuangan ngalir terus kira2 apanya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trobel di modul kontrol dan jalur motor drain

      Delete
  17. Replies
    1. Maaf Sobat komen ini tdk sengaja terhapus, efek lemot

      Delete
  18. Mesin xuci Sharp 1 tabung,cuma bisa tombol power doank,air gak masuk,mesin gak start, tadinya bisa karena baju ny kebanyakan terus mati,muncul kode e4,seka sekarang gak bisa jalan,air gak masuk,knp itu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cabut dulu listriknya, kisaran 5 menit nyalakan lagi. Error di modul kontrol

      Delete
  19. Elektrolux froant loading door lock 4kabel bunyi cetak cetok,error' dimodul apakah bisa di jumper?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bisa dijumper hanya bagian kontaktor, untuk solenoid gak bisa yg gunanya untuk buka nutup kontaktor

      Delete
  20. Apa penyebab mesin cuci lg f1014ntgw setelah ganti doorloock muncul kode DE1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo penggantinya normal berarti trobel di modulnya

      Delete
  21. Saya punya mesin cuci lg frontload F2721STWV tadi nya saat start dinamo drain pump nyala terus tidak mau masuk air terus saya ganti modul inverter nya sudah cuci normal selang cuci yang ke 2 mesin cuci bunyi ledakan kecil dan anjlok meteran pas di nyalain lagi habis pencet tombol start muncul kode de1,itu apa nya?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. DE1 error di doorlock atau sensor pembaca doorlock di modul kontrol. Kemungkinan besar masih bisa diperbaiki, silakan chat lewat WA

      Delete
  22. saya mesin cuci LG dengan sensor doorlock 4 kabel. sudah beli doorlock baru tp kasusnya klo pintu di tutup Eror DE2 klo di buka Eror DE1, apa emang masalah di doorlocknya atau modulnya gan ?

    ReplyDelete
  23. Mesin cuci saya lg front load suka ngunci, sudah saya coba lepas switch pintunya saya perhatikan bentuk kuncinya. Saya ada ide saya potong plastik penguncinya. Jadi saat switch mengunci scr elektronik, scr mekanik ttp ga ngunci. Apakah aman?

    ReplyDelete
  24. saya punya mesin cuci samsung 3kg top loading kabel dorlocknya ada 5 kabel, karena pengaitnya hilang entah kemana agar tidak timbul error de yg di jumper kabel mana aj ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami tidak menganjurkan jumper kalo belum memahami jalur kabelnya, kalo salah modul bisa kebakar

      Delete
  25. Adakah tukang terdekat dr lokasi rmh sy daerah Kebraon utk membetulkan doorlock front loading msn cuci sy pak?

    ReplyDelete
  26. Mesin cuci sy daewoo, lg nyuci tb2 mati total.. trus sm teknisi nya diganti pcb. Udh bisa nyala, tapi setelah di start langsung mati lagi dan ga may nyala lagi. Itu kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa Ada hubungannya dengan door lock nya

      Delete
    2. kemungkinan: ada yang konslet atau power suplai lemah

      Delete
  27. Mesin cuci saya samsung 1 tabung sudah diganti pcb universal 2 bulan pemakaian normal,hari ini tiba2 untuk pengering nya tidak bisa berputar,hanya mode cuci saja yg bisa,setelah air terkuras habis lampu error,kira kira masalah dimana ya pak??mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu water level, cek juga motor pencuci bisa putar kanan kiri atau hanya searah saja

      Delete
  28. Mesin cuci saya front loeding. Jalur yg mnuju dor lock di bagian modul nya hangus dan putus. Kira-kira apa ya penyebabnya

    ReplyDelete
  29. Mesin cuci samsung front loading w1752wpv
    Door lock terkunci. Di modul ada gambar gembok kedip" (keadaan off dan on) . Tapi ga ada kode error trus mesin cuci normal bisa jalan. Cuman pintu nya ga bisa di buka. Itu gmna tuh?

    ReplyDelete
  30. Mesin cucu saya sharp 1 tabung. Kedap kedip saat mau mulai pengering dan saat selesai buang air, kayak pertanda nyuruh nutup pintu, tapi sudah di tutup tetap kedap kedip

    ReplyDelete
  31. Mesin cuci saya sharp 1 pintu bukaan atas, sensor pintunya rusak kali ya, kedap kedip lampunya minta pintunya ditutup, tapi sudah ulang2 ditutup tetap saja kedap kedip

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel sensor coba dilangsungin dulu, kalo masih eror berarti ada bagian lain yg trobel

      Delete
  32. Punya sy lg 4pin..kabel wrna merah dan hitam jd satu, trus kbel biru, kbel oren dan kabel kuning coklat..kabel apa pak yg hrus digabung..distart muncul de1..makasih pak semoga sehat selalu

    ReplyDelete
  33. Maaf mau tanya mesin cuci saya sanyo yg otomatis 1 tabung, saat mau mengeringkan kadang error, semua lampu brkedip, terus saya buka pintunya kemudian saya tutup lagi kadang langsun jalan normal lagi, kira2 switchnya atau apanya ya mas

    ReplyDelete
  34. Maaf tanya, Untuk mesin cuci front door NA 128VK5 ada gejala:
    1. Pintu tidak mau terkunci
    2. Indikator lampu start pause nya agak berkedip
    Setelah saya bersihkan semua saluran air & detergennya 2 hari lalu, kemarin bisa dipakai, tapi hari ini 2 gejala di atas muncul lagi.
    Mohon petunjuknya.

    ReplyDelete
  35. Saya mau tanay kalau mesin cuci lg inverter top loading, error dl, dorclok sudah ganti baru, setelah dichek tegangan yang ke motor dorlock nyambung terus, kira2 apanya yang perlu ganti?

    ReplyDelete
  36. Sy py mesin cuci lg pintu depan..ketika mesin adem bisa nyala dg normal..ttp bila sdh bekerja kira" setengah jam lalu mati....dan tdk bisa hidup lagi ...ttp besoknya hari bisa di pake lagi dan hidup .ttp bila sdh lama mati lagi..kayaknya karena pengaruh panas ada salah satu komponen yg tdk bekerja..kira" komponen yg mana ya yg mengalami hal itu?.. dan apakah bisa di ganti komponenya?. Sbb klw beli modulnya mahal banget dan sdh dapat untuk beli mesin cuci biasa...gmn solusinya gan?

    ReplyDelete
  37. mesin saya samsung inferter wf650u2bkwq eror de swift sdh di coba ke listrik normal klo di jamper bisa tp water inlet sama drain motor gak kerja mohon pertolonhanya

    ReplyDelete
  38. Selamat siang, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas artikelnya yg sangat bermanfaat bagi saya yg pemula dalam perbaikan mesin cuci.
    Saya mau menanyakan perihal detection doorlock, yg klo di electrolux kode errornya 43, bagaimana system kerja door lock saat mesin di nyalakan dan belum distart apa PTCnya sudah ada tegangan atau nunggu triger dr micom.
    Dan saya ada masalah triacnya meledak, kira2 karena faktor apa saja triac meledak.
    Terimaksih

    ReplyDelete
  39. Mesin cuci sharp fl keluar kode U4 kira2 apanya y

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS