MESIN CUCI MIDEA MATI TOTAL SETELAH 5 MENIT PROSES

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas sedikit mengenai mesin cuci merek midea dengan gejala kerusakan setelah proses kisaran waktu 5 menit tiba-tiba mati dengan sendirinya. Dugaan trobel pada power suplai, setelah penggantian elko-elko pun tidak sembuh juga dan ic power suplai terasa panas bila disentuh. IC power suplai menggunakan TNY264 tipe smd, kami sudah merasa lega karena kami masih mempunyai banyak stok untuk seri ic tersebut meskipun tidak sama persis tetapi datasheet-nya sama cuma beda watt-nya. Watt yang lebih besar biasanya kami stok adalah TNY266 dan TNY268 meskipun tipe bukan smd.

Setelah penggantian ic power suplai justru muncul error yaitu buzer-nya bunyi 'tulat-tulit' dan lampu indikator ada yang kedip-kedip yaitu led suhu 60 derajat celcius. Asumsi kami karena adanya power suplai yang kurang stabil ada beberapa titik protek yang bermasalah. Data yang kami miliki pada modul jenis ini pada kondisi normal sensor-sensornya adalah sebagai berikut ini diukur pada kondisi standby sebelum 'start'.
Gb.1. Sensor Modul Midea 1
Gb.2. Sensor Modul Midea 2
Dari kedua gambar di atas, penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Sensor water level (WL) yaitu sensor yang terhubung dengan output kontaktor di dalam WL pada saat tekanan air sudah memenuhi kapasitas pengisian, tegangan menuju micom adalah 3,2V.
  2. Sensor panas yaitu jalur thermistor (pengukur suhu air) tegangan output yang menuju micom adalah 2,3V.
  3. Sensor pompa yaitu sensor yang terhubung dengan output ic acs (scr/triac) tegangan yang menuju micom adalah 4,2V. Apabila pompa tidak bekerja karena lilitan konslet atau terbakar atau putus maka micom akan mengeluarkan sinyal error.
  4. Sensor motor yaitu sensor yang terhubung ke output ACR/Triac tegangan yang menuju micom adalah 3,2V. Apabila motor tidak kerja maka akan muncul error.
  5. Sensor listrik (common/com) yaitu sensor yang terhubung ke output kontaktor doorlock tegangan yang menuju micom adalah 1,8V. Apabila doorlock tidak kerja maka akan muncul error
  6. Sensor tacho yaitu sensor yang mengatur kecepatan motor, tacho yang terletak di ujung motor berupa lilitan dengan ukuran kisaran 100 ohm, salah satu kabel terhubung ke ground dan satunya lagi menuju pengatur sinyal tegangan yang menuju micom adalah 4,2V.
Dari data yang kami miliki di atas, ternyata masalahnya di sensor tacho hanya terukur 2,5V, ini artinya micom mendeteksi bahwa motor sudah berputar pada kondisi standby karena pada saat motor berputar melakukan proses pencucian tegangan sinyal tacho yang menuju micom terukur kisaran 4,3V (diam) sampai 3V (kecepatan tertinggi pencucian / washing). Kami belum punya data berkaitan dengan tegangan ini pada proses spinning (belum sempat ukur).

Langkah selanjutnya melakukan solder ulang pada bagian pengolah sensor tacho, kemungkinan ada resistor, kapasitor dan transistor yang "ngupil" di dalam onderdil tersebut atau pada bagian solderan. Hasilnya menggembirakan ternyata tegangan menuju micom sudah 4,3V dan error tidak muncul lagi. Apabila sensor tacho ini tidak sesuai dengan program yang ada di dalam micom, misal fluktuasi (naik-turun) tegangan yang terbaca micom tidak beraturan maka putaran motorpun tidak teratur kadang cepat, kadang lambat dan kadang jeda antara putaran kanan-kiri terasa lama, hal ini pernah kami alami pada mesin cuci electrolux dimana lilitan tacho-nya mungkin putus atau terbakar sehingga ukurannya menjadi 1 kiloohm. Lilitan tacho mungkin tidak ada yang jual, solusinya bisa cari bekasan asal diameter luar dan dalam sama bisa dipakai, bisa juga digulung atau dililit sendiri. Hal ini pernah juga kami bahas DI SINI

Perlu di ketahui pada saat penggantian ic power suplai kita cek terlebih dahulu elko-elko pada bagian primer (400V/10uf) dan bagian skunder (25V/220uf) ganti yang sesuai ukuran atau kapasitas yang lebih besar misal 400V/22uf atau 450V/22uf dan 25V/330uf atau 25V/470uf.

Pada modul jenis ini ada jalur film karbon yaitu jalur tipis yang kemungkinan terbuat dari lapisan karbon atau grafit sebagaimana pada resistor smd yang banyak dipakai pada saat ini. Grafit banyak dipakai dalam banyak hal misal carbon brush (arang motor), pensil (jangan gunakan pensil yang masih ada grafitnya untuk utak-atik listrik pln bisa tersengat listrik) dan pada pengecoran logam besi untuk mengatur keras-lunaknya besi. Maaf kalau ada beberapa hal yang menyimpang dari topik pembahasan sebagai ilmu dan tambahan pengalaman saja.

Demikian bahasan kami kali ini bila ada hal yang kurang tepat kami minta maaf karena keterbatasan ilmu dan pengalaman kami.

Share:

20 comments:

  1. Gan, transistor kaki 3 yg nempel di pendingin aluminium typenya berapa? Trims

    ReplyDelete
  2. Gam kalau mati total yg di ganti transistornya apa Icnya nih
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Gan klo air ngisi terus itu gk mau mati itu knapa gan ,apa yang harus di ganti

    ReplyDelete
  4. Resistor pada r17 nilainya berapa ya gan, soalnya warnanya udah gak jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak hafal kalo ukurannya, coba kirim fotonya lewat WA

      Delete
  5. Wah, masalah mesin cuci dirumah saya, sama nih. Saya lokasi Jakarta. Apa ada rekomdasi tekhnisi untuk bantu servis dirumah? Krn sdh menghubungi pihak midea tp blom ada respon balik. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum punya partner disitu. Bila diperlukan modul bisa dikirim ke tempat kami

      Delete
  6. Gan mint solusinya, modul mesin cuci midea langsung hidup g bs di on g bis di off melalui tombol, semua tombol malfungsi buzzer mati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami hanya mengira itu micomnya tetapi semoga bukan micom

      Delete
    2. Om mau tanya ic regulator mesin cuci Daewoo front loading brapa ya kode seri ic regulatornya,karna sudah hangus gk terbaca kode serinya

      Delete
    3. Om mau tanya ic regulator mesin cuci Daewoo front loading brapa ya kode seri ic regulatornya,karna sudah hangus gk terbaca kode serinya

      Delete
  7. Om mau tanya ic regulator mesin cuci front loading brapa ya typenya,karna sudah hangus gk terbaca kode serinya

    ReplyDelete
  8. Om mau tanya ic regulator mesin cuci front loading brapa ya typenya,karna sudah hangus gk terbaca kode serinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak hafal, coba chat lewat WA, kami butuh foto modulnya

      Delete
  9. Mesin cuci midea fronloding sering mati hidup itu kenapa ya?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS