PENGERING ELECTROLUX PUTARAN SEARAH #DRYER

Jumpa lagi Sobat-sobat teknisi dan pembaca, salam sejahtera untuk kita semua.
Ini judul kami yang pertama mengenai pengering pakaian atau dryer, ada pengering yang memakai LPG sebagai bahan pemanasnya ada juga yang memakai elemen heater listrik, kami belum punya data lebih efisien mana yang pakai LPG atau pakai elemen heater listrik. Dari sisi elektroniknya ada pengering yang memakai timer manual ada pula yang memakai modul kontrol. Semakin sederhana suatu sistem maka semakin sedikit fungsi yang digunakan juga semakin sedikit bagian yang diperlukan dan sebaliknya semakin rumit suatu sistem maka semakin banyak fungi yang digunakan dan semakin banyak bagian-bagian yang diperlukan tetapi semakin banyak pula letak trobelnya.. Misalnya, pengering hanya memerlukan penyalaan pemanas, pengaturan suhu, putaran kanan dan kiri dan blower pembuangan gas buang (exhaust) lebih sederhana bila dibandingkan dengan sistem yang dipakai di mesin cuci..

Pada pengering yang memakai timer manual, timer yang digunakan adalah timer dengan waktu putaran kanan dan kiri lebih lama dibanding dengan timer mesin cuci manual, kami juga belum pernah tahu dimana membeli timer tersebut. Kasus yang kami alami adalah motor penggerak hanya berputar searah, sehingga jeda putaran terasa lama. Sudah dipastikan kerusakan pada timernya, karena belum tahu dimana membeli suku cadangnya dan perkiraan kami harganya pun mahal maka jalan satu-satunya harus mempebaiki timer tersebut.
Timer pengering manual
Kita harus sangat hati-hati dalam membongkar timer ini, karena apabila bagian-bagiannya tercerai-berai maka pekerjaan akan memakan waktu lebih lama dan cukup melelahkan. Bagian-bagian yang harus kita cek adalah bagian kontaktor biasanya karena adanya kerak pada bagian kontaktor. Kerak ini terjadi biasanya karena percikan api pada saat terjadi kontak, meskipun titik kontak terbuat dari bahan perak yang tahan karat namun karena adanya debu atau lembab lama kelamaan titik kontak ini akan tertutup debu hitam seperti jelaga. Kita harus membersihkan titik kontak ini dengan amplas halus sampai permukaannya tampak mengkilap. Apabila ternyata karena suatu sebab bagian-bagian didalam timer tersebut tercerai-berai maka kita harus merakit kembali dengan cermat, bagian-bagian di dalamnya yang mudah lepas terdiri dari gear, pegas, dan pengait. Timer ini selain untuk putaran kanan dan kiri juga untuk kontaktor jalur motor blower dan heater.

Apabila sistem pengeringnya sudah memakai modul kontrol maka yang harus dicek adalah bagian relai putaran kanan atau kiri. Secara garis besar relai yang digunakan juga ada empat buah yaitu untuk putaran kanan dan kiri, blower dan heater. Langkah pertama kita harus cek tegangan 12V yang masuk ke kaki lilitan relai, apabila kedua kaki lilitan relai ada tegangan 12V maka berarti relai belum bekerja masalahnya ada di sinyal dari driver relai atau sinyal dari ic program atau lilitan relai terbakar sedikit. Apabila kaki lilitan relai yang satu ada tegangan 12V dan satunya lagi tegangannya nol maka berarti relai sudah bekerja atau lilitan relai putus. Cabut relai, ukur dengan multitester pada bagian lilitan, hubung atau tidak, kalau tidak hubung maka lilitan relai berarti putus.
Pada posisi relai dicabut dari pcb berilah kaki lilitan relai dengan tegangan 12V, antara plus dan minus bolak-balik tidak masalah selanjutnya ukur pada bagian kontaktor relai kalau hubung berartii relai normal dan apabila tidak hubung maka relai rusak.

Apabila relai normal dan masih belum bekerja di modul kontrol maka yang harus kita cek adalah pada bagian driver relai biasanya terdiri dari transistor. Kita cek bagian basis transistor pada saat seharusnya giliran relai harus bekerja maka kaki basis harus ada sinyal berupa tegangan dari ic program (micom) dan pada saat seharusnya giliran relai tidak bekerja maka tidak ada tegangan di kaki basis bila adanya sinyal dan tidak adanya sinyal ini terjadi atau normal maka rusaknya di transistor. Ganti transistor dengan tipe yang sama, kalau smd (nempel) bisa kita ganti dengan transistor biasa yang banyak di pasaran dengan menyesuaikan letak kaki-kakinya.

Untuk pengaturan suhu bila manual menggunakan thermostat jenis jengkolan atau jenis lainnya dan bila menggunakan modul kontrol pengaturan suhu menggunakan thermistor yang pengaturan suhu sepenuhnya dikendalikan oleh ic program dan waktu lamanya beroperasi juga diatur oleh ic program sesuai waktu yang kita pilih di panel displai. 

Demikian bahasan kali ini meskipun hanya sebagai tambahan pengalaman yang tidak seberapa dan harapan kami semoga bermanfaat untuk kami dan Sobat-sobat.


Share:

3 comments:

  1. Boss ac daikin ane 1 pk inverter indornya hidup tapi outdoornya nya sebentar kira2 5 kurang lebih menitan lalu mti trus ngalama nyala lagi trus mati lagi. Itu masalahnya apa yah, pada sdh ganti termistornya

    ReplyDelete
  2. Mas kalo timer udah ganti baru..tp putaran tetap searah apanya yg rusak ya..tolong dijawab..mesin electrolux edv606

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek jalur kabel ke motor, coba beban diganti dengan 2 buah bolam pijar

      Delete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS