MESIN CUCI ELECTROLUX DISTART TIDAK KERJA

Apakabar Sobat-sobat, semoga sehat segalanya.
Kali ini kita bahas mengenai mesin cuci Electrolux pintu depan, sudah terbayang susahnya dalam mengerjakan modul tipe ini dimana modulnya double side (dua sisi) dan smd (surface mounted device) alias tempel, menelusuri jalurnya saja susah apalagi melakukan pengukuran tegangan pada saat kondisi hidup (on). Besaran tegangan Sensor-sensor tidak jauh beda dengan mesin cuci merek midea, bisa lihat di postingan sebelumnya, DISINI

Trobel modul unitnya adalah tidak bisa proses apapun setelah start kecuali hanya pompa buang (drain) yang kerja hanya dalam 2 atau 3 detik kemudian diam saja, tidak ada reaksi apapun termasuk angka digitalnya. Di modul yang lain yang kami dapati angka digitalnya masih menunjukkan hitungan mundur.
Gb.1. Modul Mesin Cuci Electrolux
Apabila tacho diganti dengan lilitan yang resistensinya lebih kecil, misal 35 ohm kita ganti dengan 25 ohm, maka apa yang terjadi? Kami sudah mencobanya ternyata putaran motor sangat kencang sampai timbul percikan api yang besar di gesekan di kepala lilitan rotor dan karbon brush, dan akhirnya listrik jeglek/anjlok pada listrik 900 watt. Ini berarti tegangan ac yang dihasilkan tacho adalah kecil sehingga micom menambah sinyal input ke triac.
 Pertama-tama yang harus dicek adalah sensor-sensornya yang berada di luar modul:
1. Thermistor, ukuran thermis kisaran 5 kiloohm
2. Tacho, ukuran lilitannya kisaran 35 ohm
Hanya dua hal tersebut yang bisa kita ukur dengan multitester, tiap merek dan tipe bisa beda ukurannya. Water level diasumsikan tidak bermasalah karena tidak muncul error pada saat dihidupkan. Yang kami temukan adalah ternyata lilitan tacho putus, tidak ada tahanan (resistensi) sama sekali. Yang masalah berikutnya adalah dimana kita mendapatkan atau membeli lilitan tacho tersebut. Mungkin di service center juga tidak ada -itu dugaan kami saja- yang pasti ada adalah satu motor dinamo utuh, namun harganya kisaran Rp1 juta bagi kami itu adalah harga yang fantastis. Jalan termurah adalah mencarinya di pasar loak, mencari barang bekas yang masih normal.
Gb.2. Tacho
Tacho yang sama persis adalah pada dinamo merek Samsung –mungkin merek lain juga ada yang sama tetapi yang kami temukan adalah merek Samsung. Setelah penggantian tacho ternyata masih tetap sama saja hasilnya. Rasanya tambah berat juga pengerjaannya, kalau begini kita butuh rehat sejenak agar bisa fokus dan pikiran tenang.
Pengecekan berikutnya pada tegangan sensor-sensor, menuurut data yang telah kami miliki seperti pada postingan sebelumnya semuanya tampak normal-normal saja, semua jalur tampak utuh tidak ada yang karatan atau terbakar. Dugaan kami hal ini terjadi karena ic program (micom) masih menganggap adanya ketidaknormalan pada pembacaan sensor sehingga kami mencoba untuk “unplug and plug” (cabut dan pasang lagi) masing-masing sensor pada kondisi ‘on’ tetapi belum start. Dalam melakukan hal ini kita harus hati-hati jangan sampai kita terkena sengatan listrik. Apapun error yang muncul di display abaikan saja.

Pertama yang kami tes adalah tacho, kami putus salah satu sambungan dengan tang yang isolatifnya masih bagus, setelah sekitar 5 detik kami sambung lagi.
Kedua adalah thermis, kami cabut dan setelah 5 detik kami pasang lagi.
Ketiga adalah pompa drain dan pompa sirkulasi (unit ini menggunakan 2 buah pompa) cabut salah satu konektornya dan setelah 5 detik pasang lagi.
Keempat adalah water level, kami cabut dan pasang lagi setelah 5 detik.

Setelah melakukan keempat hal di atas kami matikan modul dengan menekan tombol power kemudian mencabut kabel listrik setelah sekitar 5 menit modul kami hidupkan kembali. Waktu 5 menit ini kami maksudkan agar semua tegangan di power suplai menjadi nol. Hasil yang kami dapatkan adalah setelah tombol start ditekan semua bagian sistem berjalan normal, door lock, 2 buah solenoid, 2 buah pompa, dinamo motor semua berfungsi sebagaimana mestinya.

Pernah kami bahas pula mengenai lilitan tacho yang nilai tahanannya bertambah besar yaitu putaran motor lambat dan terkadang sangat cepat kemudian terjadi error serta jeda antar putaran akan terasa sangat lama. Trobel yang sama belum tentu solusinya sama.

Catatan tambahan:
Hal terpenting dalam pengerjaan elektronik adalah pengalaman karena hal itu sedikit diajarkan di sekolahan -itu menurut mereka yang pernah sekolah jurusan elektronika- kecuali teori dasar elektronika, bagi yang tidak pernah sekolah jurusan elektronika bisa baca-baca buku elektronika atau belajar pada orang yang telah mahir. Sekolah adalah barang mahal saat ini, entah dimasa yang akan datang, janganlah kita memandang orang yang tidak sekolah adalah “sampah”, lihatlah apa yang orang bisa lakukan jangan melihat apa lulusannya. Bagi kami yang kelas sosial ‘elit’ (ekonomi sulit) kadang berpikiran sekolah itu tidak penting, yang penting adalah “belajar”.
Sekarang banyak hal menjadi mudah bila kami bandingkan dengan masa-masa awal belajar elektronik, ketika skema, data ataupun tempat bertanya begitu terbatas. Maaf kalau bahasan ini bercampur dengan curhatan, mengenang masa lalu bersama tim kami yang sekarang jauh disana.

Demikian bahasan kami kali ini maaf bila ada yang kurang tepat dan semoga bermanfaat bagi kita semua serta jangan berkecil hati meskipun kita belum bisa "membuat" hanya sekedar bisa memperbaiki.


Share:

26 comments:

  1. Om mesin cuci elektrolux front keluhan kadang mati kadang hidup tapi led di pintu dan tombol power masih nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. model timer (lama) atau model digital ni? setahuku kalao led dipintu berarti pakai timer, cek timer dan doorlock

      Delete
  2. Mesin cuci elektrolux ew1070f saat di tekan tombol start tidak mau proses pencucian lgsg proses drain itupun hanya beberapa detik trs diam, kira2 apa masalahnya..? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal spt ini biasanya berhubungan dg:
      Pompa, motor, termis dan water level, bila semua bagus berarti di modul yg gak bisa baca 4 hal tsb

      Delete
  3. Mohon pencerahannya , mesin cuci Electrolux bukaan depan ,ewf 85761 , baru nyala beberapa menit sdh hang , lampu indikator play/pause nya kedip kedip merah . Diplay lagi jalan lagi , tapi balik error' lagi . Ini kira kira cuman kotor , atau ada komponen dimodulnya yg lemah . Mohon pencerahannya , terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersihkan dan keringkan maksimal. Bila masih error kemungkinan:
      1. power supai
      2. Pompa, WL, termis, Tacho

      Delete
  4. Om mesin cuci Electrolux saya type EW85752 bermasalah tombol start/pause ngga bisa ditekan ngga ada respon. Kenapa ya om? Tolong ya om. Terimakasih Sonia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Modul kontrol>> tombol dan jalurnya
      di Unit >> cek pompa, water level dan termis

      Delete
  5. Mesin cuci sy Elextrolux EWW 1292, Star Di Tekan Tidak Mau bekerja, Rusak apa yg Bos, Mohon pencerahan ??

    ReplyDelete
  6. Mesin cuci sy Elextrolux EWW 1292, Star Di Tekan Tidak Mau bekerja, Rusak apa yg Bos, Mohon pencerahan ??

    ReplyDelete
  7. kemungkinan: 1. tombol, 2. pompa, 3. termis, 4. tacho, 5. modul

    ReplyDelete
  8. mesin cuci saya ewf 8576. masalahnya sama pas teken start cuma stuck di pompa pengering air. sudah ganti water level sensor dan modul. kira2 apa yang rusak, thermis itu di mana yah? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek Doorlock juga, termis di belakang diatas motor dekat pemanas air

      Delete
  9. Mesin cuci mrek sharp es-f650py airadi isiipenuh tapi tidak mau nyuci, bilas dan pengeringan normal kemudian sy lihat sensor selang ditabung tak cabut terus saya tiup jalan cucinya itu yang rusak apanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bersihkan soket water level, atau ganti water level juga

      Delete
  10. Mesin cuci merek lux ruyal wh1093i sepin normal tpi air masuk pd tabung keluar lgi terus tidak mau meyuci keluar kodeE69 makasih mohon pencerhan ya

    ReplyDelete
  11. Mesin cuci Electrolux ewf 1090 ada satu resistor yg terbakar . Resistor ini terhubung ke lilitan tacho. Resistor yg terbakar saya lepas dan terukur 147 k ohm. Saya ganti langsung pakai 150k ohm. Putaran saat spin masih kencang. Ditambah terus nilai resistor nya . Mau berubah putaran motor saat spin . Jadi pelan . Tp saat mencuci putaran motor nya jadi kecang banget. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. trobel masih di tacho atau jalurnya di modul, cek semua komponen

      Delete
  12. Mesin cuci electrolux ew 880 f, proses cuci cotton 60E, proses terhenti listrik mati. Setelah hidup hanya bisa isi air, lalu di buang dan selesai (end). Mohon pencerahannya. Thx

    ReplyDelete
  13. Mesincuci elektrolux type EWF10847 display nyala tapi semua tombol tidak berfungsi. Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  14. Msn cuci Electrolux error' e43, untuk triacnya bagian mana ya, apa transistor besar atau yang transistor nano, terimakasih

    ReplyDelete
  15. mas.mesin cuci saya electrolux ewf1073a. modul (EWM2100) bentuk mirip seperti di gambar mas.
    kendala error 41. saya coba bongkar modul.

    ada ic acs1026t pecah. reistor smd R1 220 ohm. R2 1000 ohm dan R8 220 ohm putus.
    saya ganti semua.

    saya nyalain mesin ke keselektor (cotton) tombol start/pause kedip2 hijau. saya tekan start mesin kaya mau jalan trus langsung displanya 0.00.

    saya masuk ke diagnosa. ternyata error E43.
    setelah saya buka lagi modulnya R1.R2. DAN R8 putus lagi. kira2 apa yg perlu saya ganti atau cek.
    terima kasih

    ReplyDelete
  16. Mesin electrolux EWP85742 awalnya kadang jalan trus berhenti, di pause jalanka n lagi kadang bisa kadang nggak. Sekarang sdk tdk bs jalan lagi, tp display dan waktu mundur jalan normal, apa kira2 masalahnya? Trims gan

    ReplyDelete
  17. mesin saya electrolux ew880f , dihidupkan semua nyala tetapi ketika tekan tombol start tidak mau beroperasi - apanya ya pak?

    ReplyDelete
  18. Mesin cuci lux royal 1090 waktu mencuci hanya bergerak satu arah saja akibatnya cucian menggulung kaya bola dan pada saat spin terjadi getaran sangan kuat, mohon pencerahan. Saya pernah mengganti bearing motor magnet yang ada pada as motor belah tetapi saya satukan kembali dengan lem dan bisa dipasang. Apakah hal itu disebabkan oleh magnet itu.

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS