TOMBOL MESIN CUCI SAMSUNG TIDAK FUNGSI (PART 2)

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga Sobat semua sehat selalu, amiin.
Kali ini kita masih melanjutkan postingan yang lalu (di sini), pada pembahasan ini terkait dengan kerusakan di micom, itu kesimpulan yang belum final karena kami belum tahu pasti penyebab yang sebenarnya masalah awet atau tidaknya trik yang kami lakukan, jawabannya masih "entahlah". Okey guys kita langsung ke pembahasan di bawah ini.
tombol error
Gb.1. Awal Mula Modif, belum selesai
Gambar 1 di atas adalah awal mula kami melakukan modifikasi. Pusing rasanya ketika semua cara pada postingan sebelumnya sudah kami lakukan ternyata semua tombol masih tidak berfungsi kecuali tombol power yang bisa berfungsi. Kecurigaan kami berawal dari jalur tombol (key) yang dari ic micom ada tegangan 1V kemungkinan konslet (short) dengan jalur lain atau dari kaki micomnya. Pengalaman baru kami adalah setelah on dan ditunggu beberapa saat tiba-tiba di displai muncul angka 1 dari sinilah kami menyimpulkan bahwa jalur Key 1 bermasalah. Perlu diketahui bahwa micom pada modul jenis casing putih ini mempunyai 2 buah key, key 1 pada pin 81 dan key 2 pada pin 82. Normal tegangan pada 2 pin ini adalah 0V. Namun diukur dulu dengan ground, kalau short (konslet) dengan ground berarti micom rusak dan modul sudah tidak tertolong lagi, yang berarti harus lem biru alias lempar ke tong sampah beli yang baru 😂😂😂.

Setelah pengukuran ternyata pada pin 81 memang ada tegangan 1V meskipun jalur ke tombol kami putus yang berarti masalahnya di micom, entah bagian mana yang mempengaruhi sehingga pin 81 ini mengeluarkan tegangan 1V. Langkah berikutnya kami coba pasang resistor 10 ohm pada pin 81 ini ke ground hasilnya tombol bagian atas proses, tombol wash dan start bisa berfungsi karena tombol-tombol ini terhubung ke pin key 2 yaitu pin 82. Jadi yang harus kita lakukan adalah pada saat idle (tombol nonaktif) pin 81 tegangannya harus 0V dan pada saat tombol ditekan maka pin 81 harus ada tegangan kisaran 0,5V sampai 1V. Berbagai cara telah kami lakukan hingga kami temukan modifikasi seperti pada gambar berkut ini: (Silakan dicoba dengan cara lain misal dengan modifikasi transistor)
tombol tidak berfungsi
Gb.2. Modifikasi Jalur Tombol (key)
Gambar di atas hasil final modifikasii yang kami lakukan, entah bertahan berapa lama, tinggal berdoa saja semoga awet. Intinya hanya melepas resistor 102 smd kemudian ganti dengan transistor C945 ataupun C1815 dan menambah resistor 100 ohm, zener 3,3V dan elko 2,2 uF/50V yang dipasang terbalik, kutub plus ke ground dan kutub minus ke pin 81.  Transistor C945 kaki kiri adalah emitor (terhubung ke pin 81), tengah adalah kolektor (terhubung ke 5V) dan kaki kanan adalah basis (terhubung ke jalur tombol). Hasilnya semua tombol bisa normal kembali dan sistem bisa berproses secara normal pula.

Nah, bagaimana bila hal tersebut terjadi pada modul mesin cuci samsung yang casing hitam, hal tersebut pernah kami alami juga, solusinya sebenarnya sama juga akan tetapi pada kasus yang kami alami kami hanya memasang resistor jalur key (tombol yang terhubung dengan micom) dengan ukuran 100 ohm ke ground. Micom pada tipe ini hanya memiliki satu jalur key entah kaki nomor berapa kami belum mencatat, pin ini dalam kondisi idle memang ada tegangan. Gambarnya adalah seperti di bawah ini:
modul diamond drum
Gb.3. Modul Casing Hitam tombol tidak fungsi
Bagi Sobat-sobat yang mencoba memperbaiki modul, berhati-hatilah jangan lakukan kesalahan sedikitpun yang berakibat fatal, karena bila micom rusak modul sudah tidak tertolong lagi, hal seperti sudah sering kami temui ketika modul datang sudah kondisi tambah parah biasanya dicongkel bukan plastiknya yang dipotong, meskipun sudah dipotong tetapi menggunakan gerinda bukannya dengan solder khusus, beli aja solder 100 watt atau 150 watt harga kisaran 50 ribu sampai 70 ribu.

Kami rasa cukup sekian dulu bahasan ini meski singkat semoga bermanfaat dan bila ada yang salah kami mohon maaf dan bila ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar atau lewat chat WA. Mari kita belajar bersama saling melengkapi pengalaman karena hanya ini yang bisa kita lakukan untuk saat ini, semoga generasi negeri ini di masa yang akan datang bisa membuat produk teknologi sendiri tidak harus impor dari negeri seberang. Tiada kemajuan suatu negeri tanpa teknologi.


Share:

3 comments:

  1. Saya mempunyai kasus yang sama dan saya mencoba cara master seperti yg tlh dijelaskan tp tp saya blm puas dan yg menarik bagi saya adalah pertanyaan master dari mana tegangan key 1 berasal saya baca berulang dan yang saya ikuti bkn hasil renofasinya tp pertanyaannya DARI MANA TENGAN ITU BERASAL..dan saya coba telusuri semua jalur sampai begadang tapi syukur ada kopi dan sebatang rokok hehehe dan alhasil saya menemukan ada satu buah tombol yang terinduksi...dan setelah saya cabut alhasil tegangan menjadi 0...makasih byk master atas ilmunya moga itulisan sy ini yg masih perlu byk belajar bermamfaat.aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama, terima kasih sdh berkunjung. Pengalaman memang guru yang berharga, jangan berhenti belajar dan meneliti, pasti akan ada hasilnya

      Delete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS