Mesin Cuci Panasonic Listrik Jeglek Setelah Start

Salam sejahtera untuk Sobat semua.
Mesin cuci Panasonic front loading atau pintu depan listrik anjlok / jeglek pada saat beberapa detik setelah 'start'. Hal tersebut yang kami temui beberapa waktu lalu, berbagai macam dugaan trouble dipikiran kami, dimana letak permasalahannya, mungkin harus cek mulai dari power suplai, solenoid dan jalur motor. Mesin cuci ini menggunakan displai digital, tombol sentuh dan pemilihan program dengan potensio rotary.
panasonic displai
Displai Mesin Cuci Panasonic

1. Power suplai

Asumsi kami ic power suplai bermasalah menjadi short circuit ketika bertambah panas. Langkah pertama cek elko 10uF/400V dan ternyata kakinya memang sedikit karat berwarna putih, setelah penggantian elko dan dicoba hanya pada posisi ON displai, ternyata ic power suplai tidak terasa panas yang bearti bisa disimpulkan bahwa bagian power suplai aman-aman saja.

2. Solenoid

Pengecekan pada solenoid bila dilangsungkan ke listrik ternyata aman-aman saja.

3. Jalur motor

Pengecekan pertama untuk proses spin karena motor akan berputar kiri dan kanan untuk menimbang beban dan ternyata pada saat putaran arah kiri tampak normal namun pada saat putaran kanan motor terasa berat untuk berputar dan listrik tiba-tiba anjlok/jeglek. Berikutnya kita cek  pada carbon brush kiri dan kanan pada motor, hasilnya arang masih panjang, masih 2/3 dari panjang semula.
Pengecekan berikutnya pada jalur motor di modul, kondisi motor macet biasanya ada bagian yang tidak normal baik dari elektrik maupun mekanik.
Segi elektrik adalah tegangan 12V di relai dan driver relai. Kita bongkar plastik penutup modul dengan solder 100W, hati-hati memotongnya jangan terlalu dalam bisa memotong jalur pcb yang di dalam. Potong plastik sesuai area yang ingin kita cek namun bila ingin dibuka semua area modul juga tidak apa-apa. Kemudian bersihkan silikon penutup pcb modul pada area yang akan kita ukur tidak perlu dibuang semua silikonnya.

Tegangan 12V terukur normal. Bagian mekanik adalah pada kontaktor relai. Bila relai terdengar bunyi "klik atau tik" berarti bisa diasumsikan relai normal namun untuk pastinya kita bongkar atau cabut relainya. Pada modul yang kami kerjakan, relainya menggunakan pin 6+2, dimana 6 pin untuk kontaktor (3 kiri dan 3 kanan) dan 2 pin untuk jalur lilitan 12V relai jenis ini banyak dipakai pada modul samsung front loading non-inverter. Ternyata memang di relai ini masalahnya, ada dua pin kontaktor yang selalu terhubung. Di pasaran mungkin ada relai seperti ini, bila kita tidak menemukan yang baru maka kita barang bekas saja, bila memang tidak ada sama sekali yang serupa maka kita kanibal dengan relai jenis lain yang kaki-kakinya nanti kita jumper pakai kabel.
relai kontaktor
Relai
Pada gambar di atas, nomor 1 adalah relai aslinya, di pasaran mungkin banyak apalagi di pasaran online tetapi kami jarang beli. Tipe relai yang kami stok biasanya yang nomor 3 karena lebih banyak fungsinya untuk kanibal dan ampere-nya bisa lebih besar dengan kontaktor diparalel. Bisa juga memakai yang nomor 2 tinggal menyesuaikan pin kaki-kakinya, kalau kita menggunakan yang nomor 3 maka ambil pin dua baris-dua baris agar ampere-nya besar dan akan lebih awet. Dalam hal men-jumper kita gunakan kabel yang kualitas bagus karena sekarang banyak beredar kabel dengan harga murah dan penampilan bagus kempling seperti tembaga asli tetapi ternyata setelah kena panas solder berubah menjadi hitam dan tenol tidak menempel, biasanya pada bagian dalam serabut adalah mirip besi dan mudah sekali menjadi kaku dan karatan.

Pada waktu mendatang kita harus lebih banyak belajar lagi mengingat modul-modul terbaru adalah sistem plug and play alias lepas dan ganti baru, memang didesain seperti itu dimana yang digunakan adalah microchip dan micropart yang sulit dalam memperbaikinya yang terutama diterapkannya sistem inverter. Misalnya modul electrolux meskipun belum inverter mainboard-nya sudah double layer atau double side, jalurnya atas bawah yang begitu menyulitkan untuk pengurutan jalurnya, sparepart yang digunakan sudah tergolong mini dan setiap bagian ada sensornya, hal inilah yang membuat kami "menangis" kegagalan sudah di depan mata. Namun jangan menyerah kita harus tetap belajar selangkah semi selangkah. Kita akan tetap mengalami kesulitan meskipun kita memiliki datasheet ic micom-nya, mungkin bagi mereka yang paham bahasa pemrogaman akan terlihat mudah.

Demikian bahasan kami saat ini, maaf bila ada kalimat yang kurang tepat dan semoga bermanfaat. 



Share:

5 comments:

  1. Mesin cuci saya panasonic
    Kenapa ya setiap kali saya nyuci meteran saya cepretulu yah?
    Gimana ya cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Listrik brapa watt?
      selain hal2 diatas, cek kabel2 dan nonaktifkan proses cuci panas

      Delete
  2. Mesin cuci top load pada saat spin,listrik langsung jeglek.mohon solusinya

    ReplyDelete
  3. Mesin cuci saya Akari turbo spin 2 tabung. Pada saat mau start washing langsung meteran listrik jeglek sehingga memadamkan semua arus listrik rumah..mohon bantuan info apa penyebabnya dan langkah yang saya lakukan bagaimana..terima kasih 🙏

    ReplyDelete
  4. Kenapa ketika menghidupkan mesin cuci bbrapa saat tiba-tiba listrik jeglek padahal biasanya tidak jeglek?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS