CARA ATASI TOMBOL MESIN CUCI SAMSUNG TIDAK BERFUNGSI

Pertama-tama kami ingin menyapa Sobat-sobat teknisi, bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga sehat jiwa, raga dan rejekinya beserta keluarga juga. Amiin. Kapan ya kita bisa jumpa di dunia nyata dan bisa ngopi bareng 😂😂😂.

Kali ini kita akan mengulas tentang mesin cuci samsung top loading atau pintu atas dengan keluhan tombol tidak bisa berfungsi selain tombol power. Maaf kalau judul bahasan kali ini tidak spesifik karena kalimatnya akan terlalu panjang bila ditulis lengkap. Kami juga tidak hafal dengan berbagai macam tipe dan seri mesin cuci karena selama ini kami hanya menangani modul, mungkin sobat-sobat kami yang di lapangan justru lebih hafal. Kami akan lebih hafal foto modul daripada tipenya.
Di bawah ini kami sertakan gambar modul tampak atas:

modul samsung diamond drum
Gb.1. Modul Samsung Pintu Atas
Maaf kalau gambarnya tidak begitu bagus karena kami kompres sedemikian rupa agar ukurannya kecil sehingga hemat kuota saat dibuka. Okey guys, modul jenis ini memang sering trouble demikian juga saudaranya yang diamond drum modulnya box hitam, kelemahan modul ini adalah pada "jalur rambut" yang mudah karatan dan terbakar. Pada gambar di atas, PSU (power supplay unit) terpisah dan ada led indikator nyala kedip per 2 detik bila normal. Ada seven segmen untuk angka digital, tombolnya banyak dan lampu led penunjuk perintah dengan warna biru muda.

Seperti biasa kita siapkan senjata andalan, solder 100 atau 150 watt untuk memotong plastik penutup modul di bagian bawah. Setelah plastik terpotong, congkel plastik tersebut dengan obeng minus jangan sampai melukai pcb-nya, kalau ada jalur putus bisa tambah pening kepala.

sensor-sensor mesin cuci samsung
Gb.2.Sensor Common
Gambar.2. di atas adalah penampakan dari bawah modul bagian kanan pada gambar no.1. Pertama kali yang harus dicek adalah sensor com (common), di modul bodi hitam dan front loading samsung noninverter juga menggunakan bagian ini. Cek tegangan pada kaki 1-2 photocoupler, kaki 1 adalah plus (+) letakkan probe merah tester disini dan kaki 2 adalah minus (-) letakkan probe hitam disini, skala tester pada DCV posisi 10, dalam kondisi standby (sebelum on) hasilnya adalah 0V dan pada kondisi ON hasilnya kisaran 1V.  Bila pada posisi ON tegangan masih 0V maka kemungkinan yang rusak adalah Relai dan jalurnya, Dioda, Photocoupler (PC) short, R 100K/1Watt, kapasitor smd short.

Berikutnya cek tegangan kaki 3-4 pc, kaki 3 terhubung ke 0V atau ground PSU, ingat berbeda dengan kaki nomor 2 dan kaki 4 adalah output yang menuju micom. Pada kondisi standby kaki nomor 4 tegangannya adalah kisaran 4,5V dan pada kondisi ON tegangannya adalah kisaran 2,3V. PC yang digunakan adalah directional atau satu arah tegangan kerjanya pakai tegangan dc, misalnya pc817.
Sekaligus kami bahas disini sebagai tambahan, yaitu sensor motor, sensornya meliputi kapasitor 2 buah yang diseri terhubung ke jalur output SCR putaran kanan dan sebuah resistor yang terhubung dengan output SCR putaran kiri, dari masing-masing jalur ini menuju PC sensor motor, jalur rambut jalur ini yang sering terbakar. Kami lupa mencatat tegangan output dan input pada PC namun yang jelas pada kondisi normal tegangan output pc kaki 4 harus naik-turun. PC yang digunakan adalah bidirectional atau dua arah jadi tegangan yang digunakan adalah AC makanya tidak memakai dioda, contoh PC jenis ini adalah PC814 (jarang ada di pasaran).

tombol dan kontrol
Gb.3. Bagian kontrol
Apabila ternyata sensor com normal dan trobel masih seperti semula maka yang harus dicek selanjutnya adalah pada semua switch tombol. Cek atau ukur dengan tester pada skala 10k, bila diukur dengan jarum probe bolak-balik ternyata hubung maka kemungkinan switch tombol tersebut bermasalah, pengukuran tersebut pada kondisi modul mati. Bila pengukuran pada kondisi hidup ataupun standby maka pin switch yang terhubung dioda smd tegangan kisaran 1V dan pin satunya lagi tegangannya 0V maka switch tersebut normal namun bila kedua pin ada tegangan semua kemungkinan besar switch tersebut short meskipun hanya beberapa ohm saja. Apabila pin yang terhubung dengan dioda tidak ada tegangan kemungkinan pertama ada jalurnya yang short dengan ground, kemungkinan kedua ic displai (lihat gambar 3) rusak, kemungkinan ketiga ic micom rusak pada pin/kaki yang terhubung dengan switch.

Kami rasa cukup sekian dulu bahasannya, maaf bila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar atau lewat chat WA nomornya ada di judul blog dan semoga bermanfaat untuk kita semua.
Kami juga mohon maaf untuk teman-teman yang meminta dibuatkan video tutorial sampai saat ini kami belum bisa membuat video karena keterbatasan waktu kami karena kerjanya kebanyakan di malam hari yang mana kondisinya gelap gulita🙏🙏🙏.


Share:

62 comments:

  1. Asalamualaikum..mff mas mau tanya klw mesin cuci samsung eco bubble gagal star/tombol star cuma bunyi tp mesin tdk krja,skira nya apa nya yg hrus d cek y,smua lampu normal swett normal smua.mohon petunjuk nya mas trimakasih salam knal dr sy iantara cilacap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di bagian sensor tegangan di modulnya, ic micom membaca bahwa listrik jalur common tidak normal, jalur yang terhubung dengan kontaktor relai, cek dioda, resistor dan photocouplernya.

      Delete
  2. Assalamualaikum,,, gan mesin cuci samsung WA90VA saya tombol on off saja yg hidup yg lain ga berfungsi,apa yg harus di cek gan? Apa kemungkinan rusaknya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salaam.
      Biasanya tombol ada yg short/konslet meskipun hanya sedikit bila diukur dg tester skala 10k ohm.
      Bisa juga ada jalur yg konlet

      Delete
  3. Jumper kaki tombol START ke J12 ini pengalaman saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul,, kalo hanya start yg eror. Tombol gak fungsi selain power bisa juga disebabkan jalur sensor listrik/sensor com. Semua sdh kami bahas namun tidak dalam satu judul

      Delete
  4. Nilai resistor pada modul yang dekat kapasitor mylar 2 buah itu berapa ya pak, punya saya kebakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bls,, nilainya 2k7 atau 2,7 kilo, ganti dengan yang 5 watt biar awet. itu jalur sensor motor

      Delete
  5. Sudah saya ganti kok msh sama ya pak, lampunya nyala semua yang water level dan tombolnya gk bisa. Cuma bisa powernya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab bukan di R itu, R nya hanya sensor putaran motor. Tombol gak fungsi sdh kami bahas

      Delete
  6. Maaf mau tanya, kalo mesin cuci polytron zeromatic paw 9511 top loading tombol start tidak berfungsi kenapa ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerusakan di modul. Yang mudah dulu: Cek semua tombol pakai skala ohmmeter x10k, cek sensor listrik dari psu sampai ke micom, cek semua led.

      Delete
  7. Met malam bang, modul mesin cuci front loading samsung wf0754w7v awalnya mati sendiri, kelamaan bisa hidup tapi cuman lampu sama display nya doang tapi gak ada efek kalo dipencet2 udah dicek tombol masih bagus sensor tegangan jg bagus kira2 apa masalahnya mas dan harus cek apa lagi

    ReplyDelete
  8. Malam juga.
    Cek sensor listriknya, disitu ada photocoupler kode pc814 agak jarang dipasaran. Biasanya klo diganti pc817 gak bisa.

    ReplyDelete
  9. mas, mesin cuci saya samsung gak berfungsi tombol start. Untuk memperbaiki harus ngerti elektronik ya ? Atau orang awam mengikuti tutorial bisa ?

    ReplyDelete
  10. Yg box modul hitam pa putih?
    Yg kami bahas diatas box putih, sebenarnya yg awam elektronik bisa perbaiki sendiri, siapkan alat2nya. Resikonya kalo ada jalur putus atau kerusakan tambah parah. Silakan lewat WA

    ReplyDelete
  11. Mau nanya tombol powernya tidak menyalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor:
      1. Power suplai hrs stabil
      2. Cek semua tombol
      3. Cek jalur reset
      4. Cek x-tal
      5. Cek jalur (karatan/terbakar)

      Delete
  12. Apa kalau 1 tombol yg short bisa pengaruhi semua mas... kebetulan problem nya sama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,, lebih-lebih shortnya sangat kecil bisa berhenti di tengah proses, cuci pagi tinggal kerja sampai sore nyucinya belum selesai.

      Delete
    2. Bisa diperbaiki sendiri, tetapi kalau belum paham elektronik modulnya bisa dikirim ke tempat kami.

      Delete
    3. maaf mas, jika mesin cuci samsung semua lampu tombol tidak nyala alias tombol tidak berfungi kesuali tombol star yg fungsi, bagaimana cara memperbaiki...

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Punya saya hanya tombol start tidak merespon ketika di pencet kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  15. Trobelnya di jalur sensor listrik, masih bisa diperbaiki. Bila kesulitan cari teknisi, bisa dikirim ke tempat kami

    ReplyDelete
  16. Mau tanya mesin cuci Samsung diamond drum semua tombol tidak berfungsi kecuali power bagaimana cara mengatasi ini smua..mohon masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di artikel sdh dibahas tetapi lebih detail bisa lewat chat WA

      Delete
  17. punya saya motornya hanya berputar 1 arah, disebabkan jalur dari modul kabel warna merah, kalo ada beban motor tegangan drop. tp kalo tanpa beban utuh 220v.
    motor sudah dites bisa putar kanan kiri,
    mohon pencerahannya.

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti beban ke motor dengan bolam 100 Watt.
      Bila tidak menyala, kemungkinan trobel di modul

      Delete
    2. Stel tuas rem dekat kran buang drain motor....dcongkel sedikit

      Delete
  18. Selamat malam om mesin cuci samsung diamond drum wa80h4000sw bila di pencet tombol power mesin cuci langsung hidup dan terkadang malah susah hidup,kira2 apanya ya om yng rusak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tipe saya gak hafal, lebih hafal bentuk modulnya. Analisa awal:
      1. Power suplai, 2. Tombol

      Delete
  19. Boleh tanhya pcb mesin cuci sama seperti gambar diatas, kondisinya tidak bisa perintah mesin. Saat saya buka ada resistor yg terbakar posisi di sebelah kanan didepan 2 transistor.
    Berapa nilai ohm resistor tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti pakai 5W/4k7, cek juga jalurnya sampai ke optocoupler biasanya ada yg konslet

      Delete
  20. Ass,, modul samsung diamon drum, tidak ada suplay power ke solenoid, karena awalnya solenoidnya short, gimana ya mas Nastain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alikum salaam.
      hal itu sdh biasa terjadi, kerusakan pada ic ACS ganti aja pakai BT138 sesuaikan kaki2nya dan gunakan bor pcb untuk memasangnya

      Delete
  21. wah ini dia yang saya cari-cari type mesin sama persis dengan punya saya..trimakasih proffesor..

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum
    Mesin cuci samsung diamond drum pd tombol start tidak berfungsi. Apa harus ganti modul baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diperbaiki, bisa juga ganti modul asli atau KW nya, semua tergantung dananya

      Delete
  23. Assalamualaikum gan, kalau mesin cuci samsung type WA90F4 tombol Water Level nya,, yg di jemper yg sblah mana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salaam. kalo tombol hrs lihat jalur di modulnya bisa juga trobel di tombolnya

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. mas, R169 (dekat kapasitor keramik) brp ohm y?
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak hafal kalo ukuran dengan kode letak, silakan chat WA

      Delete
  26. Mas, mesin cuci samsung SilverNano WA80RA. Tombol Function tidak berfungsi. Mohon arahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tombolnya atau jalurnya. hrs cek modul kontrol

      Delete
  27. Mas kalau no seri triac mesin cuci samsung satu tbung lubang atas yg 13 tombol brp ya no seri ya soal ya kebakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti pakai kode triac lainnya, kami sdh sering bahasya

      Delete
  28. Assalamualaikum
    Mau tanya kalo modul mesin cuci bunyi terus ga bisa dioperasikan apa masalahnya ya (merk daimits)

    ReplyDelete
  29. kalo gguannya seperti dalam video :

    https://drive.google.com/file/d/1JbnW7CDasm6K44tV3v2EV2DCJO1XzACg/view

    hanya tombol spin yg tidak bisa diprogram nyala ..mohon pencerahannya terimakasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di cek menggunakan apo tombol baik baik saja kira kira yag dicek lai apanya mas...mohon bantuanya..

      Delete
    2. kemungkinan ada jalur konslet, kami tidak bisa mastikan tanpa cek langsung, karena ada beberapa bagian yang hrs di cek

      Delete
  30. mas,modul mesin cuci saya sama seperti di atas.saya cek out psu nya ada 12 dan 5 volt ya.tapi tombol on off gak berfungsi.indicator led yg merah.berkedip terus,per satu detik.tombol on off sudah saya ukur,normal.kira2 apanya lagi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti kristalnya dulu, selain itu kemungkinan di micomnya. kami tdk bisa mastikan tanpa cek langsung

      Delete
  31. Saya mau nanya dong mesin cuci samsung yang pintu nya di depan pas lagi nyuci tiba tiba mati, tombol on of nya langsung ga berfungsi. Mohon solusinya

    ReplyDelete
  32. Acs u mesin cuci samsung diatas tipenya apa pak, ini terbakar acsnya

    ReplyDelete
  33. Acs u mesin cuci samsung diatas tipenya apa pak, ini terbakar acsnya

    ReplyDelete
  34. Mau tanya kalo mesin cuci samsung diamond drumb, dipencet start 2 kali bunyi kenapa ya Pak? Sudah di reset tetap tidak bisa? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modul trobel bagian sensor listrik (ac detect)

      Delete
  35. Ini harus ganti modul apa bisa dibenerin Pak?

    ReplyDelete
  36. mau tanya om, kalau seumpama tombol wash, start,blanket,jeans,eco tub clean, nggak bisa...
    Dan saya cek dari tombol lain nya nilai nya 200k...
    Gimana solusinya om?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS