FLYBACK BOCOR DAN OSD TIDAK MUNCUL

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga sehat sehat selalu.
Sobat-sobat teknisi, pada kali ini kita akan belajar sedikit mengenai tv tabung meskipun sudah dibilang ketinggalan jaman tetapi tv jenis ini masih banyak yang pakai. Ada beberapa sobat yang bertanya bagaimana cara menangani flyback (fbt, flyback transformer) yang bocor dan adapula yang menanyakan bagaimana cara mengatasi tv yang OSD (on screen display) atau tampilan tulisan perintah (menu, chanel, volume, av dan lainnya) yang tidak muncul di layar tv.
OSD tidak muncul
Gb.1. Jalur OSD
#Flyback Bocor
Kita harus hati-hati dalam menangani flyback karena di bagian ini kita akan berurusan dengan tegangan yang sangat tinggi yaitu kisaran 25.000V (25kv), kita tetap utamakan keselamatan.

1. Kebocoran pada cup fbt (kop yang menempel pada tabung)
Jangan diatasi menggunakan lem yang dapat merusak tabung crt (cathode ray tube) atau gunakan saja isolasi yang kuat, hal ini dilakukan bila kebocoran hanya kecil (ngeses). Apabila bocornya besar kita harus ganti cup fbt-nya dengan melepas cup fbt ganti dengan yang baru dan bagus jangan menggantinya dengan memotong kabel fbt di tengah-tengah atau pangkal. Jika setelah penggantian ternyata masih ada kebocoran kemungkinan disebabkan tabung crt sudah lemah, kerusakan pada yoke dan fbt atau kerusakan pada kapasitor kopel yang terhubung ke kolektor transistor horisontal dan ground atau kolektor dan bagian pincution (pengatur lebar-sempit-tegak-miring). Cara yang paling mudah yang pertama dilakukan biasanya kita menambah nilai kapasitas kapasitor kopel, misalnya ukuran aslinya 912/2KV (9n1) kita coba tambahi dengan 102/2kv sebanyak 3 buah diparalel jadi nilai total kapasitas menjadi kisaran 9+1(3)=12n (12 nano farad), penambahan kapasitor bukannya tanpa resiko, resikonya gambar akan menjadi lebih gelap dan lebar. Bila langkah tersebut tidak membuahkan hasil maka kita coba memakai tabung/yoke lain yang masih bagus, bila masih bocor kemungkinan besar trobel di fbt yang memang harus minta ganti. Pemasangan cup fbt bisa kita bisa menambahkan gemuk atau pelumas atau stempet yang halus seperti balsem. cup fbt murahan bisa di olesi stempet akan semakin rusak.

2. Kebocoran pada kabel fbt.
Kebocoran bisa terjadi pada kabel fbt dari cup fbt sampai pertemuan masuknya kabel ke fbt. Cara yang bisa kita pakai adalah dengan isolasi kemudian dililit dengan benang jahit kemudian di lem kuat-kuat berikutnya kita gunakan selang timbang yang biasa dipakai tukang bangunan dimana kabel fbt dimasukkan ke dalam selang tersebut sampai ke bagian fbt dengan memanasi selang kemudian kita tekan sampai bagian fbt masuk ke dalam selang, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut. Ingat! Ini hanya untuk kebocoran kecil.
Gb.2. Flyback bocor halus
3. Kebocoran pada bodi fbt.
Kebocoran pada bodi fbt meskipun kecil efeknya bisa fatal karena pada kondisi penyalaan awal tv biasanya timbul percikan api yang besar meskipun sesaat apalagi percikan berlangsung agak lama. Akibat yang bisa terjadi adalah bagian vertikal bisa rusak, ic micom atau ic chroma bisa rusak, atau bagian power suplai bisa rusak juga. Hal ini yang sering kami temui dimana bodi fbt yang bocor ditambal dengan plastik steel atau lem lainnya setelah beberapa waktu tv kembali rusak, kerusakannya tambah parah sampai ke micom/chroma.
Solusi paling tepat bukanlah dengan penambalan meskipun kadang berhasil tetapi harus dengan penggantian fbt bila tidak ada kode arau karakter pin yang sama kita bisa gunakan tipe lain misal 154-064P atau yang 177B, bagi kami tipe flyback tipe ini adalah istimewa karena setiap pin-nya mempunyai fungsi masing-masing, bisa dipakai di tv tabung 14 inchi sampai 24 inchi cembung atau flat namun kita harus menyesuaikan kaki-kakinya.

#OSD Tidak Muncul
Kita batasi kerusakan bukan pada bagian internal micom. Micom akan mengeluarkan OSD bila jalur H-sync dan V-sync dalam kondisi normal, pada gambar 1 di atas kami menampilkan pcb tv digitec kode micom kami tidak mencatatnya dan ic chroma menggunakan TDA8441.
Gb.3. Skema Sederhana Jalur OSD
Setiap tv kemungkinan mempunyai skema yang berbeda. Jalur ini sangat penting, sering kami jumpai pada saat kanibal flyback biasanya masalah yang muncul osd tidak muncul atau muncul tetapi huruf atau angka terputus-putus (jembret). Pada modul mesin tv cina biasanya sinyal H-sync diambil dari tegangan heater. Jadi sinyal H-sync bisa di ambil dari heater, afc, vertikal 12V atau tegangan lainnya yang 12VAC. Begitu juga jalur V-sync setiap tv kadang mempunyai jalur yang berbeda ada yang diambil dari jalur pump-up vertikal atau dari bagian output vertikal. Kesimpulannya apabila OSD tidak muncul atau tampil maka kita harus men-cek jalur H-sync dan V-sync, pengecekan mulai dari sinyal awal, resistor, kapasitor, transistor sampai ke kaki micom. Apabila OSD tidak muncul karena kanibal fbt maka kita ubah-ubah nilai Rx.

Demikian ulasan kami meskipun sederhana semoga bermanfaat dan bila ada kekurangan atau kesalahan kami minta maaf.




Share:

No comments:

Post a Comment

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS