ERROR EA PADA MESIN CUCI SANYO

Salam sejahtera untuk kita semua, Sobat-sobat teknisi dan pembaca yaang budiman.

Eror atau Galat pada suatu sistem mikrokontrol pastilah akan dipengaruhi oleh banyak hal baik dari internal maupun external dan bila eror tidak diatasi maka sistem tidak akan bekerja normal bahkan sama sekali tidak berfungsi. Hal yang berperan penting adalah sensor (pengindera) ataupun tranduser (alat pungut) dan jaringan pengolah sinyalnya.

Berikut ini kami bahas mengenai mesin cuci sanyo dengan kode eror EA yang kerusakannya pada bagian pengolah sinyal. Maaf, kami belum tahu pasti mengapa kodenya EA, kami hanya mengambil kesimpulan bahwa EA adalah eror yang dideteksi pertama kali oleh sistem yaitu sensor yang mengontrol keadaan air. Dalam postingan yang telah lalu pernah kami bahas eror EA pada mesin cuci sanyo tetapi hanya pada power suplainya saja (EA= Error Amplifier, eror penguat daya dan sinyal)

Faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga muncul kode EA adalah:
  1. Pasokan air masuk sangat kecil/lambat sehingga micom mendeteksi dalam jangka waktu kurang lebih 2 menit tidak ada perubahan tekanan air di dalam drum mesin cuci. Kemungkinan yang terjadi adalah tekanan air di kran air rendah (aliran air kecil), filter di dalam solenoid tersumbat kotoran.
  2. Water Level (WL) rusak pada bagian lilitan, magnet, membran, pegas ataupun konektornya.
  3. Jalur kabel dari WL ke modul ada yang putus.
  4. IC penguat sinyal WL yaitu TC4069UBP atau semacamnya rusak
  5. Sparepart atau onderdil yang berhubungan dengan ic penguat ada yang rusak.
  6. Jalur Ground atau 5V ke ic penguat sinyal ada yang putus atau tegangan 5V tidak stabil.
  7. Micom rusak pada jalur dari ic penguat
Langkah-langkah perbaikannya adalah cek dari ke tujuh point diatas. Berikut kami sertakan skema rangkaian penguat sinyal WL.
TC4069UBP
IC TC4069UBP
SKEMA PENGUAT SINYAL WL
SKEMA PENGONTROL WL TOP LOADING
Skema sederhana diatas dipakai di merek Sanyo (atas) dan Sharp (bawah), beda merek mungkin berbeda pula sistem yang digunakan ic yang digunakan mungkin juga berbeda. Adapula tipe yang menggunakan ukuran resistor 563 (56k) bukan 473 (47k) semua tergantung sistem logic yang digunakan dalam micom. IC TC4069UBP bisa juga digunakan yang kaki 1 sampai 6.
Hal terpenting adalah tegangan 5V, apabila tegangan ini drop ataupun tidak stabil maka akan muncul error EA, begitu juga tipe water level yang digunakan meskipun 2 pin tetapi lilitan di dalamnya berbeda akan terjadi error juga. Kami belum tahu frekuensi sinyal output dari ic penguat ini, alasan klasik "belum ada alatnya", mungkin bisa dilihat dengan osiloskop bentuk kurva sinyalnya.
Apabila kita mengalami hal dimana ic water level rusak yang tipe smd kita bisa menggantinya dengan yang non-smd dengan cara menjumpernya dengan kabel, kami sudah pernah mencobanya dan berhasil. Soket dan konektor juga harus menjadi perhatian karena karena disinilah sering menyebabkan error yang diakibatkan oleh karat yang berwarna putih atau terjadi pengapuran.  

Informasi tambahan:
Pada beberapa tipe mesin cuci front loading ada yang menggunakan water level dimana ic pengolah sinyalnya ada di dalam water level, bentuk water level bervariasi kalau yang bentuknya umum yang ada di pasaran bila bagian lilitan yang rusak kita bisa memodifikasinya dengan memotong bagian yang ada lilitannya kemudian kita ganti dengan water level lilitan yang ada di pasaran dan modul kecilnya tetap kita gunakan. Yang sulit dicari di pasaran mungkin tipe water level milik sharp atau elektroluk dimana soketnya pun khusus, kami belum pernah menggantinya dengan tipe lain tetapi menurut beberapa sobat bisa dimodifikasi.

Demikian ulasan kami semoga bermanfaat dan maaf bila ada hal yang salah karena keterbatasan kami. Bila ada hal-hal yang perlu ditanyakan silakan tinggalkan komentar di kolom komentar, akan kami jawab sebatas kemampuan kami.

Share:

No comments:

Post a Comment

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS