ERROR UC DAN ERROR DC MESIN CUCI SAMSUNG NONINVERTER

Salam sejahtera untuk untuk kita semua, Sobat-sobat teknisi dan pembaca yang budiman. Apa kabar semuanya? Semoga kita selalu diberi kesehatan untuk berkarya sesuai kemampuan kita.
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai mesin cuci samsung front loading (pintu depan) tipe noninverter alias motor masih memakai carbon brush. Ada dua modul yang sama dengan kerusakan error UC dan error DC.

Pada kesempatan yang lalu kami pernah membahas sedikit mengenai error UC pada mesin cuci samsung inverter namun demikian kerusakan yang sama bisa jadi solusinya berbeda, kami hanya sekedar menulis tentang pengalaman kami yang kami temui di 'medan tempur' siapa tahu ada sobat-sobat atau siapapun yang menjumpai kasus yang sama dan kebetulan solusinya pun sama. Beberapa waktu lalu kami menjumpai kasus yang sama namun pada mesin cuci samsung biasa bukan inverter. Pada mesin cuci tipe ini ada 3 buah modul yaitu modul kontrol mekanis, modul displai dan modul tombol sentuh. Komunikasi data antara modul displai dan modul kontrol kerja menggunakan photocoupler (pc). Ada 3 buah pc pada jalur data ini yang 2 buah adalah Rx-Tx (Receiver-Transfer) data dan satunya lagi kami belum tahu fungsinya belum sempat cek secara keseluruhan. Komunikasi data antara modul displai dan modul tombol sentuh menggunakan SDA (data) dan SCL (clock).

Sebelum melangkah ke pengecekan kita biasakan mengecek power suplai (psu, power supply unit) untuk memastikan tegangan suplai benar-benar stabil. Power suplai modul ini menggunakan ic 2QR2280Z yang daya outputnya lumayan besar kisaran 54 watt. Tegangan output skundernya adalah 5V dan 12V untuk catu daya displai dan tombol sentuh dan 15V untuk catu daya modul kontrol mekanis/kerja, catu dayanya terpisah. Pada saat standby modul kontrol mekanis sama sekali belum ada tegangan catu daya apabila kita tekan tombol 'on' maka micom (ic program) modul displai akan memberikan perintah 'on' ke ic regulator M78R12 melalui photocoupler (pc). Tegangan 12V ini untuk menggerakkan relai-relai dari tegangan 12V ini kemudian diturunkan ke tegangan 5V dengan ic regulator 7805 untuk catu daya micom modul kontrol mekanis. Apabila power suplai rusak kemungkinan ic 2QR2280Z tidak tersedia atau trafo switching terbakar dan kita ingin menggunakan  power suplai jenis lain maka kita harus membuat dua buah power suplai. Bisa menggunakan power suplai ac-matic tetapi tegangan 15V harus kita buat terpisah dari tegangan 5V dan 12V, bisa juga kita menggunakan trafo konvensional, kita gunakan trafo CT-15V dimana sambungan lilitan di pin CT kita potong jadi ada dua lilitan terpisah yaitu lilitan kiri CT dan kanan CT. Sebelah kiri kita gunakan untuk adaptor 15V catu daya modul kontrol mekanis dan sebelah kanan kita gunakan untuk adaptor catu daya 12V (pakai 7812) dan 5V (pakai 7805) untuk modul displai. Perhatian, resiko menggunakan satu trafo konvensional ini adalah pada saat trafo terbakar pada lilitan skundernya jalur antar modul akan terhubung dan akibat yang ditimbulkan kami belum bisa memastikan. Cara lain yang bisa digunakan apabila trafo switching masih bagus hanya ic 2QR2280Z yang tidak tersedia adalah dengan menggunakan power suplai kit 5 kabel yang harganya sekarang murah meriah.
Modul samsung tombol sentuh
#Error UC
Sepengatahuan kami error ini adalah UnContact yang tahu pastinya adalah engineer design di pabriknya. Asumsi kami sampai saat ini adalah error pada kelistrikan ataupun komunikasi data. Kita pastikan bahwa semua jalur listrik normal termasuk relai utama yang sebagai saklar listrik dan sensor listriknya. Sensor listrik terdiri dari dua buah resistor ukuran 100kohm masing-masing terhubung ke kaki photocoupler, kapasitor smd dan satu buah  photocoupler  (pc) bidirectional dengan kode pc814. Sepengetahuan kami di modul ini pc814 tidak bisa diganti dengan pc817 karena dulu pernah kami mencoba mengganti pc ini dengan pc817 hasilnya setelah tombol start ditekan tidak ada reaksi kerja apapun. Pastikan pula doorlock berfungsi dengan normal. Berikutnya kita cek jalur komunikasi data dimana ada 3 buah pc yang dua untuk Rx-Tx dan satunya fungsinya belum kami ketahui. Biasanya error UC bisa terjadi karena tegangan 5V di kedua micom tidak stabil, soket konektor antar modul terjadi karatan, jalur data ada yang konslet dan mainboard karatan. Bersihkan konektor dan mainboard kalau perlu cuci mainboard displai dengan deterjen, kita gunakan sikat atau kuas yang agak kasar.

Berikutnya kita ukur bagian jalur data dengan multitester analog pada posisi penunjuk ohmmeter skala x1 atau x10, mulai dari photocoupler, resistor, transistor, dioda dan sampai ke pin ic micom. Langkah ini adalah trial and error (coba-coba), karena beberapa kali kami berhasil memakai cara ini yang dugaan kami dengan memberi tegangan kecil melalui jarum multitester bisa mengembalikan fungsi part-part (onderdil) pada kondisi awalnya, meskipun hal ini terkesan tidak masuk akal.
Error UC juga bisa disebabkan micom membaca bahwa motor tidak terpasang yaitu melalui pembacaan sinyal dari tacho (lilitan pada moncong motor), cara yang biasanya kami pakai adalah pada saat proses pengisian air berlangsung motor kami putar ke kiri dan kanan agar sinyal yang terkirim terbaca oleh micom. Jangan kaget kalau tiba-tiba berputar kencang. Langkah ini juga trial and error, bisa berhasil bisa juga gagal.
Untuk pengukuran photocoupler (pc) bisa sobat-sobat lakukan sendiri, kita beli pc817 baru kemudian ukur kaki 1-2  (input) dan 3-4 (output) skala multitester pada ohmmeter yaitu x10 dan x10k, perhatikan apa yang terjadi dan catatlah. Untuk pc814 entah di pasaran ada atau tidak ada, kami sudah punya stok yang kami datangkan dari negeri seberang 😅😅😅.

#Error DC
Sepengetahuan kami DC adalah DisContact. Error ini berkenaan dengan motor. Pada mesin cuci jenis ini selain tacho juga menggunakan thermostat untuk sensor motornya, apabila motor overheat maka diharapkan thermostat terbuka/open dan apabila motor sudah dingin maka akan tertutup/close kembali dan bila kondisi terbuka atau kabel putus maka di displai akan muncul kode DC. Apabila error ini muncul di displai maka yang harus kita cek adalah 2 kabel dari modul ke soket motor, thermostat (ukur dengan multitester) dan jalurnya di modul.
Di modul digunakan 2 buah resistor seri (ukuran masing-masing 270kohm) dan 1 dioda terus menuju ic penguat dan outputnya menuju micom. Apabila jalur ini bermasalah maka error DC pun akan tampil di displai.

Kiranya cukup sekian ulasan kami apabila ada hal-hal yang kurang tepat kami mohon maaf dan semoga bermanfaat bagi kita semua.









Share:

No comments:

Post a Comment

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS