Mesin Cuci Macet Setelah Start, Protek Setelah Pintu Terkunci

Jumpa lagi sobat-sobat teknisi dan pembaca, salam sejahtera untuk Anda semua dan semoga kita selalu diberi kesehatan jiwa, raga dan rizki. Kami juga mohon doanya, tetap diberi kemudahan, semangat dan ikhlas untuk menulis, berbagi pengalaman. Hanya tulisan-tulisan pengalaman yang baru bisa kami sumbangkan, meskipun ada yang mencibir itu hak mereka.

Okey guys, kita lanjutkan membahas mesin cuci samsung yang sebelumnya pernah kami bahas yaitu yang memakai tombol sentuh, bisa baca disini dan disini. Tetapi pada bahasan kali ini dengan kerusakan yang berbeda yaitu setelah ditekan tombol start dan lampu led proses tiba-tiba berhenti disertai bunyi buzzer "ting" semua tombol ditekan hanya bunyi "ting" dan tidak bisa dimatikan melalui tombol power sehingga harus mencabut aliran listrik. Bila diperhatikan secara seksama setelah "on" beberapa detik kemudian pintu langsung mengunci dan setelah tombol start ditekan kemudian terjadi hal-hal seperti di atas dan pompa drain langsung bekerja.
Displai samsung
Pada gambar di atas, modul displai ini digunakan pada mesin cuci samsung front loading dengan tombol sentuh. Ada dua tipe yang menggunakan modul displai ini yaitu tipe biasa (non-inverter) dan tipe inverter. Modul ini dan modul tombol sentuh tidak terhubung dengan tegangan listrik 220V sehingga tidak ada sengatan listrik jadi kita bisa lebih leluasa memegang ketika mengecek pada kondisi hidup.

Ini adalah kasus baru bagi kami setelah bertahun-tahun menghadapi modul. Dan tentunya karena kasus baru maka harus melakukan pengecekan semua titik sensor yaitu:
  1. Sensor listrik, kami asumsikan normal.
  2. Sensor motor/tacho dan jalurnya di modul, kami asumsikan normal.
  3. Sensor thermis panas air, kami asumsikan normal.
  4. Sensor doorlock, kami asumsikan normal.
  5. Sensor thermis dioda bridge yaitu thermis kecil jenis smd letaknya dekat dioda bridge untuk mendeteksi bila dioda bridge over heat ataupun terbakar, hasilnya kami asumsikan normal.
  6. Jalur data RX-TX, kami asumsikan normal.
  7. Jalur rambut, jalur kecil-kecil pcb, masih tampak bagus.
  8. Sensor level air dan ic pengolah sinyalnya, hasilnya sekilas bisa di bilang normal.
Keanehannya adalah mengapa mekanisme error tidak bisa mendeteksi errornya, misal dE, IE, HE, OE dan lain-lainnya. Trial and error, cara coba-coba kami lakukan nah akhirnya pada jalur output ic pengolah sinyal yang menuju micom, jumpernya kami cabut, setelah power "on" masih juga tidak menunjukkan kode error di displai. Kami memutuskan untuk fokus dulu di bagian water level ini. Cara biasa yang kami lakukan adalah menggunakan modul lain untuk men-jumper ic water level, hal ini juga pernah kami bahas pada bahasan yang telah lalu, bisa baca di kedua link yang sudah kami sebutkan di atas.

Hasilnya sangat menggembirakan ternyata sistem proses bisa berjalan normal. Hmmm... ternyata ini penyebabnya, sinyal output ic water level dibaca oleh micom adanya ketidakberesan. Pengolah sinyal water level menggunakan ic 14069UG tipe smd bila kita tidak menemukan ic ini kemungkinan bisa diganti dengan CD4069UBP atau sejenisnya, bisa digunakan yang non-smd tapi perlu kerja keras dengan menggunakan pcb lubang dan jumper kabel.

IC 14069UG kami sengaja menyimpan stock yang kami beli dari negeri seberang dengan harga yang murah meriah. Setelah penggantian ic dan coba dihidupkan ternyata muncul error IE, water level juga rusak. Penyebab ic rusak mungkin karena water level rusak atau kabelnya konslet dengan kabel lain, itu dugaan kami saja. Water levelnya unik, 3 pin, kecil dan berwarna biru, namun bisa diganti dengan water level tipe samsung yang lain atau merek lain yang identik.

Yang masih menjadi pertanyaan adalah ketika ic water level rusak mengapa tidak muncul kode error, hal ini yang belum kami temukan jawabannya.
Masih ada beberapa kasus yang belum terselesaikan, belum menemukan penyebab masalahnya yaitu modul mesin cuci LG front loading tipe lama dimana kerusakannya adalah setelah doorlock mengunci tiba-tiba modul mati total (standby).

Alhamdulillah,, akhirnya kerja keras terselesaikan juga. Demikian pengalaman baru kami, maaf bila ada kata-kata yang salah atau kurang tepat dan semoga bermanfaat bagi semua yang mengalami kasus yang sama.


Share:

No comments:

Post a Comment

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS