ERROR H6, F1, F2 DAN C5 PADA AC SANYO

Sahabat-sahabat dan pembaca yang budiman, salam sejahtera untuk Anda semua dan semoga kita selalu diberi kesehatan sehingga terus bisa berkarya.
Pada kesempatan kali kami hanya mengulang dari bahasan yang telah lalu karena meskipun merek berbeda tetapi prinsip kerjanya sama. Error yang sama dengan judul di atas sudah pernah kami bahas pada merek sharp, bisa dibaca disini. 
kontrol ac sanyo
Gb.1. Modul AC Sanyo
Sistem kerja dari modul ac Sanyo ini kami anggap sama dengan ac Sharp yang pernah kami bahas dulu perbedaan terletak pada jumlah jumper yang dipasang. Power suplai menggunakan trafo konvensional tegangan output 12v dan untuk tegangan 5v menggunakan 7805.

1. Error F1

Error ini berhubungan dengan thermistor suhu ruang, kami telah mengujinya dengan mencabut (open) atau men-jumper-nya dengan kabel (close/short) ternyata hasilnya sama yaitu munculnya F1. Ukuran thermis pada modul tipe ini adalah kisaran 15kΩ, sekedar mengingat sistem kerja thermis, misalkan pada suhu ruang (udara terbuka) bila ukurannya 15kΩ maka bila kena panas nilai hambatannya akan berkurang misal menjadi 10kΩ dan bila kena dingin maka nilai hambatannya akan bertambah misal menjadi 20kΩ.

2. Error F2

Error ini berhubungan dengan thermistor suhu pipa, ukurannya kisaran 18kΩ. Sekedar sebagai wawasan, bisakah thermis 18kΩ kita ganti dengan 2 thermis dengan ukuran kisaran 9kΩ dengan cara sambungan diseri?

3. Error H6

Error ini berhubungan dengan sensor kecepatan motor, micom mendeteksi bahwa motor tidak berputar, sensor pembaca kecepatan motor adalah De Effecto Hall yang ada di dalam motor, pembacaannya melalui magnet yang berputar pada sumbu rotor. Bila sensor ini bermasalah atau jalurnya bermasalah maka motor fan indoor akan berputar full speed (kecepatan penuh) kemudian muncul H6 di displai (atau led timer kedip-kedip bila tanpa displai) kemudian motor mati atau off. Pada beberapa modul bila H6 muncul maka modul harus direset dengan mencabut aliran listrik karena mematikan melalui remot tidak berhasil, ketika dihidupkan menggunakan remot H6 masih  akan tampil.
Sensor De Effecto Hall mungkin belum banyak di pasaran kalau di pasaran online tersedia, kita bisa juga memakai bekasan dari motor fan indoor lain. Bila kita mengganti motor fan indoor usahakan cari motor fan indoor yang sesuai kalaulah memang terpaksa menggantinya dengan motor yang berbeda atau dari merek lain kita harus perhatikan jalur kabel sensornya, di bodi motor biasanya ada petunjuk pengabelannya tetapi bila tidak ada memang agak merepotkan karena agak susah menentukan masing-masing mana yang 5V, Ground dan Outputnya, jalan satu-satunya adalah dengan membongkar motor pada bagian sensor Hall-nya. Cara menentukan kaki-kakinya adalah dengan posisi tulisan kode sensor menghadap kita, maka kaki kiri adalah 5V, kaki tengah adalah Ground dan kaki kanan adalah Output. Resiko apabila 5V dan Ground terbalik adalah sensor Hall akan rusak.
Penyebab motor tidak berputar sudah kami bahas pada bahasan terdahulu silakan baca-baca di label "AC". Khusus di modul ini, kami sampaikan salah satu penyebab motor tidak berputar yaitu jalur sensor listrik seperti gambar di bawah ini, apabila jalur kaki kolektor transistor tegangan 0 (nol) volt ataupun mendekati 5v maka motor tidak akan berputar karena micom menganggap kondisi listrik tidak normal sehingga sinyal "on" untuk kerja motor tidak dikeluarkan.
sensor arus listrik
Gb.2. Sensor Listrik
4. C5/CS

Kami pernah searching di internet hasilnya nihil tentang error ini. Alhamdulillah.. ada sahabat yang kasih informasi, kami ucapkan terimakasih banyak semoga Alloh membalas kebaikannya.
C5 error yang berhubungan dengan Cap (topi/penutup) yang berisi jumper 5 pasang, cap disini kami artikan sebagai "penutup" yaitu penutup yang berisi jumper yang mengatur pilihan atau option sistem ac tersebut. Bila jumper ini lepas, putus karena karatan atau jalur di mainboard putus maka akan muncul error C5. Tentang data 5 pasang jumper ini kami tidak mempunyai informasi, hanya yang kami tahu sampai saat ini ketika jumper di pasang pada baris 3, 4 dan 5 maka ac tersebut adalah setengah PK. Pada merek sharp jumper yang dipasang adalah 3 dan 4.
Jumper bisa kita ganti dengan kabel atau kita solder secara langsung.
Gb.3. Opsi Jumper
Demikian bahasan kami kali ini semoga bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan dan maaf bila ada kata-kata yang kurang tepat. Apabila ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan di kolom komentar ata lewat chat WA.


Share:

3 comments:

  1. Klw alarm U8 , kerusakannya Dimana?

    ReplyDelete
  2. Apakah yg harus diperbaiki apabila muncul kode F2?

    ReplyDelete
  3. Maaf mau tanya merk aQua 1pk keluar h6 apakah bisa di perbaiki..

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS