SOLUSI MESIN CUCI DENPOO MATI TOTAL

Salam sejahtera untuk kita semua.
Sobat-sobat teknisi dan pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai modul mesin cuci merek Denpoo tetapi hanya beberapa data saja yang akan kami tulis karena terbatasnya informasi yang kami dapat.

Ketika datang ke tempat kami modul ini sudah dicongkel dan silikon bagian bawah sudah bersih, harapan yang ada adalah semoga tidak ada jalur yang putus atau retak. Setelah pembongkaran modul dan mengecek jalur kelihatannya tidak ada jalur yang putus atau retak cuma lecet sana-sini. Modul jenis ini memakai power suplai trafo konvensional dengan output adaptornya 12 Vdc dan tegangan 5 Vdc untuk catu daya micom dihasilkan melalui ic regulator 7805. Dari hasil pengukuran kami kondisi power suplai bisa kami pastikan normal.
modul mesin cuci
Gb.1. Modul kontrol mesin cuci denpoo
Kami tidak sempat mencatat kode ic micom karena kami hanya fokus pada x-tal, sensor listrik dan reset dan ternyata jalur resetpun tidak kami temukan karena datasheet micom belum kami cari, kami fokuskan dulu pada x-tal dan sensor listrik. Pengecekan pertama yang kami lakukan adalah pada sensor listrik, jalur ini terhubung ke salah satu kaki output trafo power suplai, bila kita ukur salah satu kaki trafo terhadap ground maka tergangannya adalah 6 Vdc kemudian terhubung ke resistor 103 atau 10k yang terhubung ke kaki basis transistor npn. Gambar sederhananya adalah seperti di bawah ini,
sensor arus
Gb.2. Skema sensor listrik
Dari gambar diatas, apabila jalur dari kaki trafo sampai ke basis transistor putus maka kaki kolekor transistor tegangannya sama dengan atau mendekati 5 Vdc, pada kondisi normal tegangan kaki kolektor kisaran pada 2,3 Vdc. Apabila jalur ini tidak normal maka kemungkinan pertama yang terjadi adalah tidak bisa "on" dan yang kedua adalah tidak bisa start.

Pengecekan berikutnya pada x-tal, ukuran x-talnya adalah 4 Mhz (megahertz) warna biru dengan 3 pin. Pada modul mesin cuci memang kelemahannya pada x-talnya berbeda dengan modul ac yang x-talnya jarang rusak. Pengukuran x-tal di tempat kami hanya menggunakan tester analog, bagaimana lagi hanya itu senjata andalan kami, skala multitester biasanya pada x10k atau x100k, meskipun hanya hubung sedikit saja maka harus diganti. Hasil yang kami dapatkan salah satu kaki pinggir sedikit hubung dengan kaki tengah (ground). Untuk mencari x-tal dengan tipe yang sama sangatlah sulit maka biasanya kami menggantinya dengan kristal logam dua pin (kaki), selama ini penggantian ini tanpa kendala jadi bekas kaki tengah x-tal tutup saja dengan timah solder.

Sampai saat ini kesimpulan kami adalah pada modul mesin cuci x-talnya sering bermasalah yang ditandai dengan tidak bisa 'on' karena x-tal merupakan pengatur frekuensi kerja dari ic program. Dugaan sementara sebagian teman kami, mengapa x-tal di modul mesin cuci sering rusak adalah karena salah satu tegangan power suplai skunder salah satunya (5 V atau 12 V) terhubung dengan salah satu jalur listrik secara langsung sehingga bisa mengganggu kinerja x-tal, benar tidaknya belum bisa dipastikan, ataukah memang kualitas x-tal yang kurang bagus. Kenyataannya modul mesin cuci pintu depan yang sebagian modulnya tidak terhubung dengan tegangan listrik secara langsung masih juga banyak yang mengalami kerusakan pada x-talnya. Demikian juga untuk modul pintu depan sekelas sharp, midea, modena atau panasonic kami selama ini belum pernah menjumpai kerusakan pada x-tal.

Bagi sobat-sobat yang mendalami modul alangkah baiknya menyimpan stok x-tal dan triac, mengingat terkadang sulit mencari suku cadangnya apalagi seperti tempat kami yang dipelosok desa. X-tal bisa kita beli secara online baik di pasaran nasional maupun negara lain yang harganya murah meriah dan free shipping meskipun waktunya yang lumayan lama.

Modul jenis ini kalau kita amati pada pcb dan jalurnya sebenarnya mirip dengan modul merek lain seperti polytron, sharp, aqua dan lain-lainnya yang usianya seangkatan. Asumsi kami modul jenis seperti ini diproduksi oleh pabrik yang sama dengan lay out berbeda kalau sekarang kita akan menjumpai jenis modul seperti pada modul universal. Untuk produk terbaru merek polytron misalnya sudah berbeda desain, mempunya ciri khas polytron seperti pada televisi, seorang teknisi yang sudah lama menangani mesin tv atau modul akan dengan mudah mengenali merek dari mesin tv atau modul tersebut.

Sobat-sobat yang budiman, demikian bahasan kami meskipun hanya sedikit semoga bisa menambah pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan modul. Maaf bila ada kata-kata yang kurang tepat dan bila ada yang perlu ditanyakan silakan tinggalkan pesan di kolom komentar atau lewat chat WA.


Share:

1 comment:

  1. kalau dimesin cuci Midea saat sudah selesai pencucian tapi buzeer ngga mau bunyi kenapa ya??

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS