ERROR Sud atau ERROR Sd, MESIN CUCI SAMSUNG

Salam sejahtera untuk semua Sobat teknisi dan pembaca, semoga kita selalu diberi kesehatan.

Baru kali ini kami menemui error yang benar-benar bikin berfikir lebih keras yaitu di displai keluar tulisan Sud atau Sd. Sud atau Sd menurut keterangan di laman resminya adalah karena terlalu banyak busa sabun. Perkiraan kami juga karena terlalu banyak busa sabun namun setelah dicek dan dicoba tanpa sabun pun terkadang masih muncul error Sud atau Sd, yang paling menyita waktu adalah munculnya error ini 'terkadang' dan setelah error kerja sistem akan berhenti dan beberapa waktu akan berlanjut kembali atau berhenti sama sekali. Secara teori dan kenyataan kami belum tahu cara pembacaan micom melalui water level, kenapa bisa membaca adanya busa di dalam selang water level, kami hanya berasumsi saja mungkin adanya tekanan yang tidak stabil di dalam selang water level.
Gb.1. Error SUd dan Sd
Error Sud atau Sd sangat ditentukan pada sensor water level sehingga pengecekan pertama adalah pada jalur selang water level mungkin ada sumbatan kotoran atau benda asing lainnya. Setelah pembersihan kotoran dan selang water level ditiup terasa tidak ada sumbatan namun masih saja error Sud atau Sd muncul. Berikutnya kita bisa ganti water levelnya sebagai pengujian saja demikian juga yang kami lakukan, penggantian water level tidak membuahkan hasil juga. Perkiraan berikutnya kerusakan di modul, untuk memastikannya kami mengambil langkah memaksa unit mesin cuci untuk bekerja meski butuh waktu lama, yaitu ketika error Sud atau Sd muncul kami matikan unit mesin cuci kemudian nyalakan untuk proses pencucian, hasil yang kami peroleh, semakin lama unit bekerja ternyata error Sud atau Sd lebih sering muncul..

Point/titik pengecekan,

1. Water Level

Bersihkan konektor water level kalau perlu semprot dengan pembersih karat. Cek kabel dan soket kabel jalur water level di modul kontrol. Ganti water level.

2. Selang water level dan kantung air dibawah drum

Bersihkan lubang selang water level sampai bersih dari kotoran yang menyumbat lubang dengan alat yang tidak melukai selang. Bersihkan pula kantung air yang letaknya dibawah drum pencucian sampai ke saluran pompa drain. Bila selang water level terhubung ke drum maka bersihkan bagian dalam drum.

3. Pompa Drain

Lepas soket konektor kabel di pompa drain kemudian ganti dengan 2 (dua) kabel listrik, hidupkan pompa untuk kisaran 10 menit. Setelah 10 menitan, cabut kabel listrik kemudian cek apakah pompa panas atau tidak. Bila dalam 10 menit tadi pompa mati sendiri maka bisa dipastikan pompa sudah wajib diganti karena lilitannya sudah lemah. Pompa drain ada yang dilengkapi protektor berupa thermostat ada juga yang tidak. Yang dilengkapi dengan protektor bila panas berlebih maka thermostat akan terbuka (open) sehingga aliran listrik terputus. Yang tidak dilengkapi protektor bila lilitan panas maka lilitan akan terbakar yang akan mengakibatkan triac/relai di modul kontrol akan rusak.

Dalam waktu proses peras atau spin bila air tidak terbuang semuanya maka terkadang akan muncul error Sud atau Sd, kemungkinan micom membaca masih ada busa di dalam saluran air buangan yang sulit terbuang. Kesimpulan ini kami dapatkan dari tim kami yang pernah menemui error Sud atau Sd.

4. Pengolah sinyal water level
Gb.2. IC pengolah sinyal Water Level
Di berbagai macam modul mesin cuci kita akan menemui beberapa tipe ic pengolah sinyal water level baik yang smd maupun bukan smd. Selain ic ada juga part lain yaitu kapasitor dan resistor, jalur rangkaian tergantung sistem yang digunakan ada yang memakai water 2 pin ada juga yang menggunakan 3 pin. Pada samsung biasanya yang digunakan adalah yang 3 pin tetapi ada tipe yang menggunakan ic water level menyatu dalam satu paket, ada ic water level dan pcb kecil.

Apabila semua hal di atas sudah dicoba ternyata masih muncul error juga kemungkinan jalur micom pada pembacaan level air memang bermasalah, jika memang micomnya bermasalah kamipun dengan terpaksa mengibarkan bendera putih alias "harus menyerah". Sampai saat ini kami belum memiliki solusi bila micom rusak karena ic micom yang ada dipasaran biasanya masih kosong tanpa program. Apakah meng-copy data program dari unit normal kemudian memasukkannya ke micom baru yang kosong adalah tindakan ilegal?? Mungkin para hacker elektronik bisa melakukannya tetapi bila hal itu melanggar hukum maka janganlah dilakukan.

Hal yang lebih memungkinkan adalah merancang program baru dan micro kontrolnya, menurut beberapa teman kami yang menggeluti mechatronic hal itu bisa dilakukan semisal dengan arduino.

Ada beberapa teman yang menanyakan apa sih bedanya Sud dan Sd? Kira-kira apa jawaban yang terlintas di pikiran Sobat-sobat?
Yahh, bedanya hanya pada banyaknya digit di displai, kalau angka digital (seven segmen) ada 4 buah maka muncul errornya Sud dan bila hanya 2 buah maka muncul errornya Sd.

Demikian bahasan singkat kami, maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat dan semoga bermanfaat. Bila ada hal yang perlu ditanyakan silakan tinggalkan pesan di kolom komentar atau lewat chat WA kami akan membantu menurut kemampuan kami.



Share:

2 comments:

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS