MESIN CUCI SAMSUNG INVERTER DISPLAI MATI TOTAL

Jumpa lagi sobat-sobat modul😅😅😅, semoga sehat selalu.
Sekarang sudah jamannya inverter baik AC, Kulkas maupun Mesin Cuci. Sudah terbayang susahnya terutama cari suku cadangnya terutama ic ipm (intelligence power module) ditambah lagi kalau ic ipm terbakar bisa merembet sampai ke micom-nya. Kalau micom rusak solusinya sampai saat ini beli modul ke service center atau diganti total pakai noninverter.

Pada kesempatan kali ini kami bahas sedikit mengenai mesin cuci samsung inverter mati bagian displainya dimana displainya menggunakan layar lcd. Menurut pengalaman kami sampai saat ini ada beberapa syarat yang harus terpenuhi sehingga bagian displai bisa hidup atau "on" yaitu:
  1. Tegangan suplai harus benar-benar stabil yaitu 12v untuk ic array darlington seri uln2003 atau kidxxxx, 5v untuk ic displai dan 3,3v untuk ic micom displai.
  2. Tombol (switch) power on/off
  3. Ic displai normal
  4. Ic micom normal
  5. Ic reset (kia7025) normal
  6. Osc (oscilator) atau xtal normal
  7. Sinyal Rx-Tx normal
Dari 7 hal di atas, kita prioritaskan cek point 1, 5, 6 dan 7.
Pertama-tama kita bersihkan pcb modulnya yang tampak karatan, bisa dilap, dicuci pakai deterjen atau memakai penghapus pencil (sewaktu kecil kami menyebutnya "stip" bahasa kerennya "eraser"). Area yang bikin pusing adalah bagian jalur "rambut" atau jalur kecil-kecil yang tampak berubah warnanya karena karatan atau terbakar karena panas aliran listrik. Kalau mencurigakan sudah terjadi konslet maka jalur ini kita potong kemudian kita jumper dengan kabel jumper khusus biar aman kalau gerak tidak terjadi kerusakan pada jalur modul. Meskipun jalur rambut ini bila diukur dengan skala ohmmeter x1k tidak tampak konslet namun bila kita ukur dengan skala x10k atau x100k maka akan tampak konsletnya. Cek sekalian semua led-nya dengan skala x10k kalau bolak-balik hubung berarti led bermasalah meskipun masih bisa nyala normal. Cek juga semua tombol dengan skala x10k kalau ada hubung meski sedikit berarti tombol rusak

Okey guys, setelah jalur, led dan tombol aman kemudian kita melangkah pada cek power suplai yang masuk ke modul displai, ukur semua tegangan dan pastikan semua stabil kalau perlu ganti dulu elkonya. Berikutnya cek ic reset, kaki kiri 3,3v kaki tengah ground dan kaki kanan 2,5v sesuai kodenya 7025. (Kadang terukur sampai 3v kalau pakai tester kami, maklumlah testernya sudah tidak akurat). Kaki kanan atau output ini terhubung ke micom.

Berikutnya kita cek xtal-nya tetapi untuk melepas xtal kita terlebih dahulu melepas lcd displai karena xtal berada di dalam kotak lcd displai. Bisa juga kita hanya melepas solderan salah satu kaki xtal. Ukuran xtalnya adalah 10 Mhz (megahertz).
Setelah penggantian xtal dan kami tekan berulang-ulang tombol power terkadang terdengar bunyi buzer "ting" dan terkadang terdengar bunyi melodi tetapi lcd belum menyala. Asumsi kami ic micom kemungkinan masih normal. Kisaran tegangan pada jalur kaki input xtal adalah 1v dan pada jalur kaki ouput adalah 0,2v. Pada kaki output inilah apabila kita sentuh dengan jarum tester (probe) masih ada reaksi di buzer atau pada relai besar bunyi 'Tik" kemungkinan micom masih ada harapan normal.

Berikutnya kita cek bagian Rx-Tx, pada postingan yang lalu kami pernah menyinggung mengenai Rx (receive data) dan Tx (transfer data), secara mudahnya komunikasi data memakai Rx-Tx umumnya menggunakan transistor untuk pengolah sinyalnya, berbeda dengan SDA-SCL dimana komunikasi datanya melalui jalur langsung antar ic. Mengapa komunikasi data antar modul menggunakan Rx-Tx, tidak menggunakan SDA-SDL?? Silakan dianalisa sendiri jawabannya bila kita jeli maka akan menemukan jawabannya.

Pada saat awal diberi tegangan listrik jalur Rx-Tx bila kita ukur dengan tester skaka x10 DCV akan tampak getaran naik-turun pada jarum tester, beberapa saat kemudian pada kondisi standby tegangan jalur Rx-Tx terukur kisaran 4,8v. Hal ini pada kondisi modul normal.

Dari data yang kami miliki tersebut bila kami bandingkan ternyata pada kondisi standby tegangan  jalur Tx terukur 2,5v, rupanya disini masalahnya. Ada dua jenis transistor yang terdapat pada jalur ini, transistor smd-10k karena di dalamnya ada resistor 10k itu yang pernah kami baca di situs datasheetnya.

Setelah dilakukan pembersihan dan pemanasan  pada area Rx-Tx dan setelah tombol power ditekan berulang-ulang tiba buzer mengeluarkan bunyi melodi tanda 'on' dan displai menyala namun hilang-timbul tulisan osd-nya (on screen displai) atau tampilan menunya dengan perbandingan 3 detik timbul dan 1 detik hilang (layar hanya tampak putih polos) dan pada saat osd muncul muncul kode error AE (kami tidak membaca secara pasti dilayar kepanjangan dari AE mungkin Authorize Error) atau pada tipe lain AE6 yang error ini menandakan komunikasi data antar kedua micom terputus. Setelah beberapa kali layang hilang-timbul kemudian mati total lagi. Analisa kami masalah pada jalur Tx.
Gb.1. Jalur Rx-Tx
Langkah berikutnya adalah mencari penyebab berkurangnya tegangan Tx yang seharusnya pada posisi standby adalah 4,8V tetapi terukur 2,5V. Mengacu pada gambar diatas, ternyata setelah diukur kaki basis transistor Tr1 ada tegangan 0,2V harusnya pada kondisi standby nilainya adalah 0V. Cabut kedua transistor smd dan membersihkan jalurnya kemudian dilakukan pengukuran ternyata tegangan masih ada meskipun kedua Tr dilepas, jadi sudah jelas jalur pcb konslet. Jadi jalur basis konslet dengan 5v meskipun sangat kecil tegangan yang bocor. Langkah paling mudah adalah dengan menggunakan pisau cutter, kita gores pcb antara kedua jalur berdekatan kemudian kita semprot dengan cat bening, setelah benar-benar kering kita ukur masih ada tegangan bocor atau tidak kalau sudah benar-benar aman kemudian kita pasang kembali kedua Tr. Hasil dari semua yang kami lakukan diatas membuahkan hasil, on/off sudah lancar, displai menyala dengan normal dan proses pencucian berjalan normal juga.

Untuk modul mesin cuci memang jalur konslet lebih sering kami temuai dibandingkan modul AC karena kondisi ruang tempat mesin cuci yang basah atau lembab, beda halnya dengan modul AC dimana kondisi ruangan adalah dingin-kering.

Demikian hal yang bisa kami sampaikan semoga ada manfaatnya dan kami minta maaf bila ada hal yang salah atau kurang tepat.


Share:

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mohon bantuannya Samsung front loading inverter ww75k5210yw stelah start tidak bisa proses malah stop sendiri tanpa kode error permasalahannya dimana ya

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS