AC SAMSUNG LED DISPLAI KEDIP-KEDIP

Salam sejahtera untuk kita semua. Sobat-sobat, Pembaca dan Tim kami semoga kita selalu diberi kesehatan dan dapat beraktifitas dengan tersenyum, seberapapun hasilnya yang penting berkah.

Sudah agak lama rasanya tidak menulis tentang modul ac hingga baru kali ini kami akan membahas mengenai modul ac samsung dengan permasalahan  bisa diremot (ditandai dengan bunyi nada di buzzer), 3 led displai berkedip bersamaan dan tidak ada reaksi kerja apapaun. 
ac samsung
Gb.1. Modul AC Samsung
Led displai ada 3 buah yaitu turbo, timer dan operation. Error yang kami temui kali ini begitu dihubungkan ke listrik ketiga lampu displai kedip-kedip, kami belum tahu pasti untuk jenis modul ini ketika diberi tegangan listrik lampu displai langsung kedip-kedip dan setelah di 'on'-kan pakai remot atau tombol manual maka hanya lampu operation yang menyala tanpa kedipan. Apabila ketika ketiga lampu kedip-kedip dan ketika diremot hanya bunyi beep yang terdengar namun ketiga lampu masih kedip-kedip dan tidak ada kerja sama sekali.

Okey guys,,, kita lanjutkan ke pengecekan.

1. Thermistor

Thermis yang digunakan pada modul ini, thermis ruang maupun thermis pipa ukuran sama yaitu 10k. Pengecekan dan pengujian pada kedua thermis ini hasilnya kami asumsikan bahwa kedua thermis masih baik-baik saja. Karakteristik thermis pada unit ac adalah bila terkena panas maka resistensinya atau hambatannya akan mengecil misalnya pada suhu kamar 25 derajat celcius ukuran thermis adalah 10k maka ketika bodi thermis kita panasi maka hambatannya akan menjadi lebih kecil dari 10k. Dan apabila terkena suhu dingin maka resistensinya akan menjadi lebih besar dari ukuran tahanan pada suhu kamar misalnya pada suhu kamar hambatan thermis adalah 10k maka ketika kita thermis kita tempelkan pada sebongkah es batu maka hambatannya akan menjadi lebih besar dari 10k.
Catatan: suhu kamar atau suhu ruang yang umumnya dipakai pada penghitungan teknis di Indonesia adalah 25 derajat celcius.

2. Sensor Listrik

Pada umumnya pada modul ac, sensor listrik berperan sebagai tranduser (alat pungut) yang mengidentifikasi apakah tegangan listik pada kondisi yang optimal untuk kinerja sistem baik fan indoor maupun jalur outdoor. Hal yang sering kami temui di lapangan adalah bahwa error yang berkenaan dengan sensor listrik biasanya muncul di awal proses atau bahkan pada kondisi standby. Kode error yang muncul di displai tergantung merek dan tipe, ada yang led timer kedip-kedip, ada yang F4 adapula yang F7
Gb.2. Sensor listrik pada modul ac samsung
Sensor listrik terdiri dari Resistor, photocoupler (pc) dan transistor. Pada bagian primer yaitu pada pin 1 dan 2 pc hanya terdiri dari resistor yang terhubung ke jalur listrik L dan N. Pada bagian skunder yaitu pada pin 3 dan 4 pc, kaki 4 terhubung ke ground dan kaki 3 terhubung ke resistor pull-up dari tegangan 5V dan terhubung ke kaki basis transistor npn. Kaki kolektor transistor inilah sebagai output sinyal menuju micom. Pada kondisi normal tegangan pada pin 1 terhadap pin 2 pc kami belum sempat mengukur, tegangannya adalah acv. Tegangan pin 3 pc adalah kisaran 1 vdc dan tegangan pada kaki kolektor transistor adalah kisaran 4 vdc. Photocoupler yang digunakan adalah PC814.

Kondisi bermasalah pada jalur ini:
- Kondisi 1,
Pin 1 dan 2 pc konslet (close) atau putus (open) atau salah satu atau kedua resistor putus maka bagian skunder pada pin 3 dan 4 pc tidak akan bekerja. Sehingga pin 3 terukur mendekati 5Vdc dan kaki kolektor transistor akan mendekati 0 Vdc, selanjutnya hal ini akan menyebabkan munculnya error atau atau motor fan indoor tidak akan berputar karena micom membaca bahwa listrik tidak normal sehingga sinyal ke driver motor fan indoor tidak dikeluarkan.
- Kondisi 2,
Pin 3 dan 4 pc konslet (hubung/close) maka tegangan pada kaki kolektor mendekati 5Vdc. Bila kaki 3 dan 4 tidak hubung (open) maka akibatnya seperti kondisi 1 diatas

3. Sensor Motor

Kabel sensor motor ada 3 buah yaitu Vcc, Ground dan Vout. Sensor pembaca kecepatan motor adalah De Efffecto Hall yang terletak di dalam bodi motor. Bila dibandingkan susunan kabel sensor motor dari beberapa merek maka kalau kita perhatikan ada yang sama dan ada yang berbeda. Yang paling merepotkan adalah pada saat penggantian motor fan indoor ternyata motor yang normal yang akan kita pasang tidak ada skema wiring di bodinya dan itu butuh pengukuran atau bahkan pembongkaran motornya, karena apabila jalur Vcc dan ground terbalik maka sensor Hall akan rusak dan ini artinya motor tidak terpakai lagi bila sensor tidak diganti tetapi motor masih bisa digunakan di indoor yang tidak memakai penyensoran kecepatan motor misal pada ac LG.

Pada kondisi standby pada modul ini tegangan Vout adalah 1 volt, apabila tegangannya 0 (nol) volt maka akan terjadi error. Pada saat motor berputar tegangan Vout adalah kisaran 2V. Sekedar untuk pengujian, coba sobat-sobat putar as motor pada kondisi modul standby dan ukur tegangan pada Vout mulai dari saat diputar sampai berhenti dengan sendirinya dan perhatikan apa yang terjadi.
Vout ini akan menuju kaki basis transistor (lihat gambar.1.) dan kami juga belum sempat mengukur besaran tegangan pada kaki kolektor transistor tersebut

Dari hal-hal di atas, ketiga hal yang mempengaruhi munculnya error ketiga lampu kedip-kedip bersamaan maka urutan dalam pengecekan adalah thermis--sensor motor--sensor listrik. Dan kita harus ekstra hati-hati dan berusaha semaksimal mungkin jangan sampai melakukan kesalahan sedikitpun.

Demikian bahasan kami kali ini, maaf bila ada hal yang kurang tepat karena keterbatasan ilmu dan pengalaman kami dan semoga ada manfaatnya.


Share:

1 comment:

  1. Samsung segitiga r22,di display indor ada lampu led bergambar kabel listrik,ac nyala belum smpe 5 detik mati,dan lampu led bergambar colokan listrik,maaf bukan kabel,tetap menyala,apa penyebabx motor faan indor tidak bekerja dngn baik?trmksh.

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS