ERROR LE1, 1E, OE DAN 4E PADA SAMSUNG INVERTER

Sobat-sobat teknisi dan pembaca yang budiman, salam sejahtera untuk kita semua.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai hal yang berkaitan dengan water level pada modul mesin cuci samsung front loading inverter. Kelemahan mesin cuci samsung adalah pada jalur pcb-nya, mudah karatan bila terkena lembab dan panas aliran listrik. Jalurnya yang kecil membuat mata lelah ketika menelusurinya dari ujung ke ujung. Demikian pula yang kami alami beberapa waktu lalu dimana modul mesin cuci tersebut muncul kode error LE1 (Liquid Error), error ini berhubungan dengan kondisi air di dalam drum pencucian, padahal kenyataannya drum pada kondisi kosong. Menurut asumsi kami, disinilah micom membaca bahwa sinyal dari water level kondisinya fluktuatif dan tidak menentu sehingga error LE1 dimunculkan di layar displai.

Hal ini bisa disebabkan beberapa hal:
  1. Water level dan kabel bermasalah
  2. Ic kontrol water level rusak (kode ic 14069UG)
  3. Tegangan suplai tidak stabil
  4. Jalur di pcb bermasalah

Langkah pertama tentunya mencoba ganti water level, ternyata hasilnya sama saja berarti kerusakan di modul. Setelah modul terbuka, kami perhatikan ternyata banyak sekali bagian yang karatan jalurnya mungkin disebabkan lembab atau karena panas yang ditimbulkan aliran listrik. Langkah berikutnya hanya untuk memastikan saja kami memakai rankaian kontrol water level modul lain yang sesuai, kami memakai modul bekas yang masih bagus bagian kontrol watel levelnya yaitu modul samsung top loading casing modul hitam.
ic 14069UG
Gb.1. Kontrol Water Level Samsung
Sebelum pemasangan kita harus memutus jalur output dari ic kontrol yang menuju micom pada ic kontrol aslinya. Kemudian sediakan kabel 5 buah yang akan kita gunakan untuk menjumper. Pada gambar 1 di atas tulisan kabel 1 dan kabel 2 terhubung ke kabel water level pinggir kiri dan kanan, kabel tengah pada water level adalah ground. Tegangan 3,3V dan ground diambil dari modul yang akan kita kanibal. Setelah jalur output pada gambar 1 diatas dicabut salah satu kaki resistornya kemudian kami hubungkan ke jalur micom dan hasilnya error LE1 tidak muncul lagi.

Langkah berikutnya pengecekan bagian ic kontrol water level, kami menemukan bahwa salah satu kaki ic bagian input ada yang short/konslet dengan ground. Perkiraan kami hal ini terjadi karena "jalur rambut" modul yang konslet. Berikutnya, sebelum penggantian ic kontrol water level kami putus 3 buah jalur yaitu jalur water level pin kiri, pin kanan dan output kemudian kami jumper dengan kabel untuk menghindari bagian yang karatan. Jadi kita harus memasang kabel jumper pada bagian jalur yang tidak karatan, pemotongan jalur harus kita lakukakan dengan hati-hati jangan memotong jalur lain. Masalah yang kami hadapi adalah kami belum mempunyai stok ic kontrol water level dengan kode 14069UG smd, mungkin ic ini bisa kita ganti dengan tipe lain misal CD4069UBE yang smd juga. Akhirnya kami mencari ic 14069UG ke beberapa sobat yang masih ada stok, bekaspun tiada mengapa asal normal.

Untuk memastikan jalur kontrol water level di modul konslet dengan jalur sebelahnya adalah dengan memutus jalur water tersebut kemudian ukur dengan ohmmeter skala x10k atau x100k kalau tester menunjukkan ada hambatan (resistensi) maka bisa dipastikan jalur tersebut konslet. Pada sistem kontrol kita benar-benar dihadapkan pada jalur sinyal yang sangat sensitif.

Berikut ini kami paparkan beberapa error yang berkenaan dengan water level bisa disebabkan water level rusak, tegangan suplai drop atau tidak stabil, konektor/kabel bermasalah, bagian ic kontrol water level bermasalah, selang water level bermasalah, bagian bawah drum banyak kotoran sehingga menyumbat jalur selang water level atau ic micom bermasalah.
  1. LE1, sudah dibahas diatas./
  2. 1E, error ini menandakan bahwa micom tidak membaca adanya water level yang terpasang.
  3. OE (Overflow), error ini menandakan bahwa micom membaca air melebihi kapasitas yang ditentukan sehingga pompa atau motor drain akan bekerja.
  4. 4E, error ini menandakan bahwa pengisian air terlalu lama, bisa disebabkan aliran air kecil atau ada sumbatan pada solenoid. Biasanya karena aliran air kecil sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk mengisi drum sesuai proses pemrograman maka akan mengakibatkan solenoid panas dan ujung-ujungnya lilitan solenoid terbakar dan berakhir pada terbakarnya triac/SCR di modul.

Demikian bahasan kami kali ini, maaf bila ada kesalahan atau kata-kata yang kurang tepat, dan semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua.


Share:

14 comments:

  1. Mas saya punya samsung front loading inverter koode error sama seperti ini LE1 .sudah saya coba gati water level sama ic 14069 UG tapi masih tetap error mas .terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek tegangan 5v hrs full dan stabil, cek jalur dari WL ke ic ke micom

      Delete
    2. Sama om pertanyaannya, 5V cek di titik mana? Terimakasih. Vdd kah?

      Delete
    3. Vdd yg 5v. ada jalur yg brubah warna karena panas atau jalur yg lewat komponen smd, biasanya konslet sedikit

      Delete
  2. Tegangan 5 volt itu yg mana mas?
    Kalau jalur wl ke micom masih bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diukur pakai multitester, cek jalur di pcb ada yg hitam/karatan

      Delete
  3. Om mesin cuci domo air ngisi terus g mau mencuci sdh ganti water level masih nihil. Tidak ada tanda error klo di start angka di display tidak berjalan mudur

    ReplyDelete
  4. untuk spin bisa???
    coba pada proses cuci, water level pakai selang tersendiri, saat isi air coba tiup pelan2 selangnya sampai water inlet (solenoid mati)bila tidak mati berarti trobel di modul, juga bila motor tdk muter

    ReplyDelete
  5. Saat pencucian baru beberapa saat habis isi air mesin langsung buang air dan muncul LE1 apa Solusinya bosku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan 5V stabil. Cek water level, soketnya dan jalurnya di modul

      Delete
  6. Haalo mas nastain. Saya ada mesin cuci Samsung top load cashing PCB putih. Saat proses spin drain tidak ada arus. Tapi motor bisa putar spin. Apa yang ahrus saya cek? Terimakasih sudah berbagi ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek motor drian dan kabel/soket2nya, cek/ganti triac jalur drain di modul kontrol

      Delete
  7. jalur WL di modul yg menuju ke micom bisa di buat wiringnya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah buat, tidak begitu rumit bisa dibuat sendiri

      Delete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS