ERROR E5 DAN ERROR E3 PADA AC NIKO

Bagaimana kabar Sobat-sobat, semoga sehat selalu juga untuk keluarga.
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ac merek niko dengan kerusakan error E5 juga akan kami bahas error E3. Modul ini menggunakan power suplai dengan trafo konvensional, tegangan output 12V dan tegangan 5V untuk power suplai micom menggunakan 7805. 

Data kode error secara keseluruhan untuk ac niko ini tidak kami miliki, kami hanya mengamati dari modul saja sesuai pengalaman kami di lapangan. Sudah sering kami utarakan bahwa modul ac split biasa (noninverter) tidaklah serumit modul inverter sehingga kita akan lebih cepat menemukan dimana letak permasalahannya. Semakin rumit suatu sistem maka akan semakin rumit pula rangkaian pencarian masalahnya. Jadi intinya kita harus fokus pada sensor-sensor yang digunakan.

Pada modul ac niko ini sensor yang digunakan adalah 2 thermis, sensor listrik dan sensor motor. Apabila kita menemui error pada awal-awal proses maka keempat sensor ini yang harus kita cek satu persatu. Mari kita perhatikan gambar dibawah ini,
Modul AC Niko

1. Thermistor


Error yang muncul karena tidak terdeteksinya thermis adalah E3, kami sudah mengujinya ternyata yang dideteksi adalah kedua thermis bila tidak terpasang atau tidak terdeteksi. Jadi bila salah satu tidak terpasang error E3 tidak muncul namun perlu diingat bahwa apakah modul lain dengan tipe yang sama berlaku seperti itu juga.

2. Sensor Listrik

Urutan sensor listriknya adalah tegangan ac output trafo ⟹ resistor ⟹ basis transistor npn ⟹ kolektor transistor ⟹ micom. Jalur yang menuju micom ini mendapat tegangan pull-up dari 5Vdc. Bila jalur basis transistor atau jalur pull-up tegangannya 0 (nol) volt maka akan muncul error E5 setelah beberapa detik unit indoor hidup. Tegangan jalur yang menuju micom kisaran 0,2 volt itu menurut alat ukur kami dan bila tegangannya 0V atau mendekati 5V maka akan muncul E5. Jalur inilah yang menentukan keluartidaknya sinyal kerja motor fan indoor. Jadi bila jalur ini bermasalah maka motor fan indoor tidak akan berputar dan akhirnya muncul error E5.

3. Sensor Motor

Sensor ini digunakan untuk mendeteksi kecepatan putar motor fan indoor. Tegangan output sensor ini umumnya kisaran 2,3V menurut alat ukur kami. Pada saat standby apabila motor diputar dengan tangan dan kita ukur jalur output sensor maka akan jarum multiteter akan terlihat naik-turun, semakin cepat putaran motor maka tegangan output sensor akan semakin kecil. Sensor yang dipakai adalah De Effecto Hall, bentuknya mirip transistor pipih. Pin kiri adalah Vcc (5v adapula modul yang memakai 12v), pin tengah adalah ground dan kaki kanan adalah output yang menuju micom. Bila jalur ini rusak maka akan muncul error E5, micom membaca bahwa motor tidak berputar meskipun kenyataannya motor berputar. Biasanya bila jalur ini rusak dan bila jalur driver motor normal,  kita perhatikan putaran motor dalam kondisi kecepatan penuh atau mendekati kecepatan penuh karena micom akan memaksa motor untuk berputar dengan memberikan sinyal full speed agar tegangan output sensor hall terbaca, akhirnya bila tegangan output sensor tidak terbaca adanya perubahan maka akan muncul error E5 dan motor fan indoor berhenti. Error E5 juga akan muncul bila motor atau bagian driver motor rusak, motor tidak berputar sedikitpun.

Driver motor pada modul ini adalah micom ⟹ resistor ⟹ transistor ⟹ optotriac/SSR ⟹ triac. Bila lilitan atau kabel motor konslet karena terbakar atau hal lain maka biasanya triac akan terbakar. Triac yang digunakan adalah tipe ampere kecil semisal BT131 yang banyak di pasaran, bisa juga diganti dengan BT134, BT137 atau BT138 hanya saja karakter kaki-kakinya berbeda, kalau belum hafal karakter kakinya bisa download datasheetnya di internet.

Kami rasa sudah cukup bahasan kali ini, maaf bila ada yang kurang tepat dan harapan kami apa yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat dan bisa menambah pengalaman kita semua. Apabila ada hal-hal yang perlu didiskusikan silakan tinggalkan komentar di kolom komentar atau lewat chat WA, kami akan membantu menurut kemampuan kami.



Share:

1 comment:

  1. Bg kalau AC saat kode error' E3 apakah sama seperti yg tertera dia atas bang?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS