AC DAIKIN OUTDOOR TIDAK KERJA #INVERTER

Sobat, pembaca dan team - salam sejahtera untuk kita semua.
Kembali ke AC, rasanya sudah lama tidak utak-utik modul ac karena kerusakan di ac tidak serumit di modul mesin cuci kecuali di tipe inverter. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas modul ac inverter merek Daikin dengan kerusakan awal outdoor tidak kerja dan tanpa error kedip di bagian displai.

Langkah awal adalah cek dulu kode kedip, di bagian outdoor lampu led indikator menyala dengan kedip yang menurut tabelnya adalah normal dan bagian indoor, led di modulnya menyala dengan kedip yang bererti normal juga, motor fan indoor bekerja dengan normal.
Gb.1. Tabel Nyala Led Modul
Langkah berikutnya adalah mencari error dengan remot kontrol, error yang keluar di displai remot kontrol kita cocokan dengan tabel error ac daikin, tabel error ac daikin ada di situs resminya, kami belum meng-upload kode error ac daikin, doakan saja beberapa waktu ke depan kami punya waktu untuk mengetik ulang kode error tersebut dalam bahasa indonesia beserta solusinya menurut pengalaman kami.
Caranya: tekan dan tahan tombol "cancel" pada remot hingga di layar displai muncul angka "00" kemudian arahkan remot kontrol ke unit indoor kemudian tekan "cancel" berulang-ulang sampai buzzer berbunyi beep/tit panjang, perhatikan kode yang muncul di layar displai remot, baca tabel kode error. Setelah melakukan hal tersebut kami mendapatkan kode U4. Menurut tabel kode, error ini berkaitan dengan transmisi/komunikasi data antara modul indoor-outdoor.

Sebelum melakukan pengecekan pada jalur komunikasi data sebaiknya kita pastikan dulu power suplai benar-benar stabil baik indoor maupu outdoor. Kita lakukan tes diagnosis terlebih dulu yaitu kita tekan swit tombol yang ada di dekat panel listrik outdoor. Hasil yang kami dapatkan adalah ternyata relai di modul outdoor tidak ada yang bekerja, sepengetahuan kami ada 3 buah relai di bagian outdoor. Tentu saja hal pertama yang kami curigai adalah tegangan 12V karena tegangan kerja relai adalah 12VDC.
modul daikin outdoor
Gb.2. Modul Outdoor 1
Tegangan power suplai pada ac jenis ini adalah sebagai berikut:
  1. Indoor = 12V, 5V diperoleh dengan regulator 7805 untuk catu daya micom.
  2. Outdoor = 15V (IPM), 12V (relai), 7V, dan 5V diperoleh dari 7V dengan regulator 7805 untuk catu daya micom.
Setelah melakukan pengukuran hasilnya adalah tegangan 12V hanya terukur 4V, ternyata diodanya setengah mati bila diukur (dicabut) normal tetapi kalau dipasang tidak normal. Setelah penggantian dioda tegangan 12V sudah muncul dan stabil. Tes diagnosis menghasilkan suara "klik" yang berarti relai telah bekerja. Berikutnya kami nyalakan unit ac-nya, setelah menunggu beberapa saat tiada tanda-tanda kehidupan pada fan outdoor maupun kompresor, pengecekan berikutnya pada jalur komunikasi data.
Modul outdoor daikin
Gb.3. Modul Outdoor 2
Gb.4. Modul Indoor

Pada gambar 3 dan gambar 4 terlihat jalur komunikasi data antara indoor dan outdoor, bagian ini terhubung langsung dengan listrik 220V dan terpisah dengan bagian micom, transfer datanya menggunakan 2 buah photocouler (PC) pada masing-masing indoor dan outdoor. Photocoupler yang digunakan adalah TLP521 dan TLP421 keduanya adalah jenis directional (satu arah) menggunakan arus searah (dc-direct current), kami belum pernah membeli tipe PC tersebut karena kami biasanya menggantinya dengan PC817 yang melimpah di pasaran. Bagi kami jaringan komunikasi  data ini terasa rumit, kami juga belum sempat menggambar skemanya untuk dijadikan data service.
Catatan penting, ketika kita memasang jaringan listrik pada ac jenis inverter hendaknya perhatian kita harus fokus, perhatikan kode pada terminal kabel listrik karena apabila kabel data terbalik dengan kabel listrik maka akibatnya bisa fatal, bagian komunikasi data bisa terbakar bahkan sampai ke jalur micom (ic program). Sehebat apapun seseorang pasti akan mengalami "human error" terlebih lagi pada saat galau 😂😂😂.

Catatan tambahan, pada gambar 4 kami sertakan jalur sensor listrik (tegangan/arus) terdiri dari resistor dan PC. Tipe PC yang digunakan adalah bidirectional (dua arah) menggunakan listrik bolak-balik (ac-alternating current), kami lupa mencatat kode di modul ini, pc jenis ini sulit didapat di pasaran biasanya kami menggunakan kode PC814. Cara membedakan pc arus searah dengan pc arus bolak-balik tanpa melakukan pengukuran adalah dengan melihat bagian kaki 1 dan 2, apabila jalur kaki 1 dan 2 terdapat dioda maka bisa dipastikan pc tersebut adalah pc arus searah (directional) dan apabila pada jalur kaki 1 dan 2 tidak terdapat dioda maka kemungkinan besar adalah tipe pc arus bolak-balik (bidirectional).

Bisakah pc bidirectional diganti dengan directional? kami tidak bisa menjawabnya dengan "bisa" atau "tidak bisa" karena tergantung program pembacaan ic program (micom), kami akan menjawabnya dengan pengalaman yang kami peroleh dari medan tempur. Kami pernah mengganti pc814 yang digunakan untuk sensor putaran motor mesin cuci, putaran kanan dan kiri akan terbaca oleh micom namun apabila diganti dengan pc817 maka micom akan membaca bahwa motor hanya berputar satu arah dengan jeda lama, kami pernah mencobanya dan tidak terjadi error.
Lain halnya dengan Modul mesin cuci samsung pintu depan yang pernah kami kerjakan pc814 untuk sensor listrik, kami menggantinya dengan pc817 memang hasilnya tidak muncul kode error akan tetapi semua sistem tidak berjalan baik solenoid, pompa, dinamo motor semua tidak kerja.

Demikian bahasan kami kali ini apabila ada hal yang kurang tepat kami minta maaf karena keterbatasan pengalaman dan ilmu kami dan semoga bermanfaat.




Share:

92 comments:

  1. Klo fan outdoor gak muter langkah2 pengecekan nya gmana ya? Pcb atau fan motor nya yg rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenis fan biasa atau inverter. Kalo biasa pakai kapasitor, inverter pakai ic. Kalau biasa= bisa coba dilistrik langsung.

      Delete
    2. Maaf bos minta bantuan saran. Kalo pcb modul ac daikin inverter sering mati, apa penyebabnya?

      Delete
  2. mf boz numpang tanya kalao ac daikin inverted hidup sebentar trus mati ngk mau hidup lgi kenapa boz....

    ReplyDelete
  3. Ac daikin inverter saya muncul kode L5 sudah saya panggil service ac tp ttp tdk bs nyala.ada solusi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan:
      1. modul outdoor gagal start: jalur komunikasi data, tegangan 300VDC, dioda bridge, ic IPM
      2. kompresor macet

      Delete
    2. Jika sekring listrik dmatikan ac kembali hidup tp hny indoor.selang stgh jam ac kembali mati lg.solusinya bagaimana ya

      Delete
    3. kemungkinan kerusakan di kontrol outdoor, karena tdk ada perubahan dingin selama 30 mnt maka unit outdoor bunuh diri juga

      Delete
    4. Waah saya mengalami masalah yg sama, 2 hari lalu panggil teknisi katanya ada kerusakan di PCB outdoor dan kompresor. Biaya sparepart + pasang yg ditawarkan daikin resminya jauh lebih mahal dari beli baru. Ada alternatif solusi ga ya bang?

      Delete
    5. Iya bener pak, ac daikin 1PK inverter outdoor saya mati dan tukang servis kenakan biaya 2.2juta untuk perbaikan (ganti PCB/modul sepasang indoor dan outdoor

      Delete
    6. apakah sudah ada solusi nya pak?

      Delete
  4. Bos saya perbaikin AC cuci AC setelah di cuci AC nyalah pen indor hidup mati hidup mati to out dor tidak hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. motor indoor tipe biasa atau inverter? kalao model biasa coba di langsungin ke listrik dulu.
      coba bersihkan modulnya juga

      Delete
  5. Om mau tanya ac daikin inverter ftkd muncul kode eror u4,dilangaungin outdor idup&diganti pcb idup,cek kode eror pke pcb baru ilang,,kira" kerusakan apa pada pcb indor yg lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. U4 = transmisi data
      yg diganti pcb indoor pa outdoor?

      komunikasi data menggunakan photocoupler beserta drivernya. jalurnya urutkan dari kabel datanya

      Delete
  6. Master kalau outdoor ac iverter mati hidup mati hidup, dan kode error nya h6, gimana cara mengatasinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami beberapa kali menemui kasus seperti ini tapi sayangnya kami belum punya 1 set unit untuk mencoba. Ada beberapa kemungkinan:
      1. Kompresor (ukur ampernya saat kerja)
      2. Kapasitor 300VDC
      3. IC IPM
      4. Power suplai
      5. Jalur sinyal (ini yang paling rumit)

      Delete
    2. Ampere normal master, apakah harus ganti sensor kompresor ?

      Delete
    3. saya blm bisa mastikan trobel di modul atau kompresor. Ada gak komp lainnya yg inverter?

      Delete
  7. Untuk kode eror u2 pada ac daikin inverter ap ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di tabel error nya dulu ada petunjuk awal.
      U2 daya berlebih atau amper berlebih. Cek Elko besar 450v dan ic ipm, cek pakai inverter analizer dulu untuk memastikan IPM normal. Bisa juga komp bermasalah

      Delete
    2. Bos ac daikin inverter habis d cuci. suara outdor naik turun/gak stabil.
      sperti suara angin kencang???

      Delete
    3. Cek dulu listrik dan koneksinya. Misalkan trobel di modul kami tidak bisa memastikan, banyak parameter yang harus diukur

      Delete
  8. Master...numpang tanya, ac daikin inverter model FTKC kode error U2.
    Mohon penjelasan kerusakanya d parr yg mana. Trmksh byk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk komponen yg rusak blm bisa mastikan, banyak bagian yg hrs dicek, intinya semua komponen yg terhubung dg power suplai dan +300VDC

      Delete
  9. mau tanya om.kalo daikin inverter multi mati hidup kenapa ya? dicek kode error tiap indoor tidak terdekeksi .mati 15detik setelah outdoor nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus ini sering terjadi. Untuk 1/2 PK>>> outdoor akan mati ketika kisaran amper jalur LN 2,3A, jalur kabel komp UVW 3,5-4A. Kami belum meneliti lebih lanjut trobel di komp atau di Modul (IPM) karena blm ada unit di bengkel kami. kalo di tempat customer tdk bisa ngumpulin banyak data.

      Delete
    2. Mau tanya om kalo Daikin inverter indoornya nyala dan keluar kode 00 tapi outdoor nya ngga nyala kenapa y

      Delete
  10. Mau tanya om klo Daikin inverter indoornya nyala tapi outdoor nya ngga nyala pas di cek kode keluarnya 00

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm bisa mastikan. cek dulu led indikator di outdoor

      Delete
    2. Sy punya permasalahan yg sama indoor hidup dgn kode error 00 lmpu indikator outdoor kedip2 tp ga mau nyala unit outdoor ya ,apanya ya master??

      Delete
    3. Error 00 belum bisa analisa, untuk inverter banyak parameter yang harus di cek

      Delete
  11. Selamat siang pa, saya mau naya ac 2 pk daikin infreter prablemya di autdor star mati idup autdorya termis ondorsaya sudah di ganti solosinya di mana yapa tank,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sering terjadi. Antara Modul dan kompresor. di modul bagian jalur sensor listrik, tegangan 300Vdc dan ic IPM

      Delete
  12. Maaf master mau tanya , kalau mati hidup mati hidup Error' L5 .

    ReplyDelete
    Replies
    1. L5 dan U2 sebenarnya mirip, Beban ampere berlebihan pada jalur tegangan 300VDC, Cek di Elko/IPM/Kompresor

      Delete
  13. Sebelumnya mau kasih apresiasi, di jaman youtube seperti ini masih ada yang menggunanakn blogspot. Dan aktif..he..semoga istiqomah

    begini min,
    Saya pakai daikin inverter FTKC25Qvm4, AC nya nyala, tapi kompresor luar sering mati. Saat bekerja, ketika ampere naik sampai ke 2,1 (ampere kerja normalnya 4) komprsor mati. Hal tersebut berulang terus. Sebagai informasi, saat ini rumah menggunakan daya 1300 W (6A) sementara alat listrik di rumah ada 1 kulkas 100 W, 1 AC 3/4 PK Daikin Flash Inverter dan AC 1 PK Daikin Smile Inverter. Kalau dari cek remote, error yang terjadi adalah UH.(PCB / Defect Voltage).Saya pakai 2 AC karena saya kira masih meungkinkan, sebab, dedngan saya set Low Watt, kebutuhan daya AC masih terpenuhi. Mohon petunjuknya apakah ini karena saya kelebihan memasang AC, karena kalau dari hitungan itu melebihi arus yang bisa ditanggung dalam 1 rumah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims, supportnya. Tidak semua penjelasan bisa dicapai dg video, kalo hanya bidang teknikal/mekanikal bisa dicapai dg video.

      Diuji coba dulu aja, coba matikan semua beban kemudian hidupkan ac yg trobel, bila masih trobel kemungkinan kerusakan di unit outdoornya. Kami blm bisa mastikan di modul atau kompresornya.

      Yg 1 PK dipakai untuk 2 indoor aja, 3/4 dan 1/2, mungkin lebih efisien

      Delete
  14. AC Daikin inverter 3/4pk
    AC hidup normal, dan kompresor hidup
    Tapi inverter tidak mau running
    Apakah penyebabnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg hrs dicek.
      1. Jalur data
      2. Psu
      3. 300vdc
      4. IPM

      Delete
  15. Permisi suhu,,mau tanya AC standing 10pk Daikin kode error' OL apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tau kalau yg ini, coba cari kode error di situs resminya sesuai data ac nya

      Delete
  16. mas mau tanya ac daikin inverter saya eror kode L5 dan unit indoor kedip2. tp kalo ncb listrik saya matikan habis itu beberapa menit ac saya hidupkan berfungsi normal lagi. kira2 kerusakan nya dimana ya?. modul atau kompresor nya ya yang bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. L5 = Inverter seketika arus berlebih (DC output). Cek jalur 300VDC, dioda bridge dan elko besarnya.

      Delete
  17. Kasus sama DAIKIN INVERTER, kode L5 jika power dimatikan bisa hidup.
    Dan begitu terus.
    Aman tidak kalo dilakukan berulang2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dikatakan aman tetapi "melelahkan". Muncul error setelah brapa jam/hari??

      Delete
  18. Suhu mau tanya, AC Daikin 1/2PK inverter saya tiba² mati sendiri & lampu indikatornya ngedip,
    Saya coba nyalain lagi tidak bisa, hanya keluar bunyi bip saja

    Kemudian saya coba cabut powernya, ac normal berjalan seperti biasanya, tetapi setelah nyala 1 hari ,ac mati dgn sendirinya lagi..
    Kira² trouble nya di mana suhu 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami belum bisa memasatikan, trobel seperti ini ada banyak parameter yg hrs diukur.
      1. listrik
      2. kompresor dan freon
      3. modul kontrol

      Delete
  19. Makasih master semua termasuk ilmu dlm pekerjaan sehari hari,,,
    Dgn sistem inverter juga jadi puyeng kita mau jawab pada kosumen,,, yg sering kesulitan inverter daikin yg trobel ngedip di lampu indor, kenayakan masalah utama di mana master makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trobel kedip banyak faktor penyebab. Sobat harus mengenali semua sensor2 di indoor maupun outdoor, bahasan kami tidak fokus jadi hrs baca semua judul yg berkenaan dengan ac maupun lainnya

      Delete
  20. Pak, kalo daikin inverter FTKC35PVM4 nyala sekitar 2jam mendadak mati sendiri dgn lampu power kedap-kedip, tidak bisa nyala lagi. Baru bisa nyala kembali saat saklar dinding dimatikan dulu. Cek error code di remote ada beep panjang di L5, lalu beep pendek 2x di L3 dan L4. Kode lainnya hanya beep 1x. Kira2 problemnya dimana ya pak? Tq sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk inverter susah nebaknya, kami hrs cek langsung. Silakan chat WA kami butuh foto2nya

      Delete
    2. kasus sama persis... tolong saranya dong

      Delete
  21. Numpang ilmu master semoga sehat selalu sy mengalami kesulitan pda AC Daikin inverter muti s sdh sy cek d kode errornya U2 tpi unit out door normal hidup semua d kompresor dingin tpi cuma sbtr kira" 1mnt mati d hidup lg ber- ulang terus tpi kadang" normal kembali cek freon ,ok,cek Amper,ok kira" trabel d mna master sblm nya sy ucapkan terima ksh🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yg sulit kami pastikan, banyak parameter yg hrs diukur. Trobel spt ini menjadi trend merek Daikin

      Delete
  22. Pak, klau AC Daikin Inverter FTKC35PVM4 hembusan angin nya tidak bisa kencang kemungkinan apanya ya dan di sambungan antara indoor ke pipa airnya netes, kondisi barusan service pembersihan. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahan di fan indoor ataupun di drivernya di modul

      Delete
  23. ac inverter daikin 3pk fan outdoor nyala kompresor mati selang beberapa detik fan outdoor juga mati. kenapa itu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yg sulit kami pastikan, banyak parameter yg hrs diukur. Trobel spt ini menjadi trend merek Daikin.

      Delete
  24. Gan mau nanya klo ftkc20 3/4pk daikin, error f3 dan saya cek coil motorized karat,apakah itu rusak?
    Soalnya klo 30mnit pasti mati sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek motor dengan besi masukkan ke lubang motor, ada getaran atau tidak saat outdoor kerja

      Delete
  25. pak, AC saya daikin 3/4 Inverter. kedip2 led indoor. mau hidupin lagi gak bisa.harus cabut dulu colokan listriknya trus colok lagi baru bisa hidup. tdk lama kemudian gak sampai 1 jam .kembali lagi kedip2 led indoornya. tru kurang dingin. itu kenapa ya? tolong masukannya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. ini sama nih kayak tempatku .... setress sama daikin, problemnya pas garansi habis, padahal ac lama saya merk lain 10 th nggak masalah, tak ganti krn jelek aja. Dicek teknisi PCB, kalo ganti mahalnya ampoon, mending beli baru.

      Delete
  26. Gan mau nanya kode oo tapi AC nya g mau dingin type AC inverter

    ReplyDelete
  27. Mas, awalnya ac daikin inverter 3/4 pk R410 saya normal, pas habis dicuci outdoornya mati. Indoor normal. Check error di L5. Solusi terbaik seperti apa ya? Thanks

    ReplyDelete
  28. Maaf sya mw nanya ,kalau AC standing floor 3 PK ,lampu indikator di indor ko mati ,tapi AC hidup & dingin knpa iya ,terimakasih

    ReplyDelete
  29. mas mau tanya, AC daikin 1/2 pk standard (bukan inverter). indoor nyala normal semua, tp outdoor ga mau nyala. lampu ga ada yg kedip. Saya cek di unit indoor, ga ada tegangan keluar ke unit outdoornya. Riley sdh coba sy ganti tetapi tetap ga ada tegangan keluar. kira2 masalahnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek tegangan 12V, cek termis, cek jalur relai sampai ke uln2003

      Delete
  30. kalo kode error vrv h02 ..penanganannya gimana ya suhu

    ReplyDelete
  31. Numpang tanya suhu . Ac daikin inverter indor nyala tp unit out dor nyala sebentar jeda beberapa detik mati lagi ... . Seperti itu terus. Tidak mau jalan lmaa unit out dornya...terima kasih

    ReplyDelete
  32. Kalau eror u7 gimna suhu? Ac central daikin

    ReplyDelete
  33. Saya punya ac daikin standing 3 Pk tapi bila dinyalakan kompresor outdor nyala tapi hanya 5 detik sedangkan dimonitor tidak ada tanda kendala.otu biasanya masalah dimana ya Gan?

    ReplyDelete
  34. Permisi bang numpang tanya, ac daikin inverter indor menyala dan outdor mati, sesekali terdengar berdengung

    ReplyDelete
  35. Bos numpang tanya klo kode eror L5 apa yg perlu di ganti ..makasih

    ReplyDelete
  36. Mohon Ijin Bertanya min..
    Jadi AC dirumah Daikin yg Inverter..
    Saat di hidupkan.., fan indoor berbutar normal.., tapi outdoor tidak bekerja 5 sd 10 menit outdoor bekerja sampai posisi gak lama outdoor mati lagi.., berulang seperti itu terus tapi kira2 rusak di bagian apa yaa..??

    Terima Kasih Banyak sebelumnya..

    ReplyDelete
  37. Kalo Daikin inverter outdoor tiba2 mati sendiri ?

    ReplyDelete
  38. Kalo ac cesseet 5pk inverter kode erorr f4 apa y gan...tolong infonya gan

    ReplyDelete
  39. RKC15 kemasukan cicak, IC ULN 2003 meletup dan berakibat EEV mati, freon mampet di outdoor (kode error F3).
    Ac ON, Outdoornya berangsur² gemuruh kemudian mati berikut jg LED Indoornya berkedip.
    Gt IC & EEV

    Alhamdulillah, Ac sudah hidup kembali. Kode error sudah tdk ada.
    Akan tetapi di
    Dry Mode & Fan Only Mode,
    Auto Fan hanya berputar di kecepatan paling rendah bahkan terkadang mati.
    Mohon bantuannya mas, Kira² dr mana lg ya yg masih bermasalah?
    Terimakasih mase!

    ReplyDelete
  40. Mau tanya gan, AC split Daikin klu indoor dinyalakan (2 indoor A dan B) indoor B tidak dingin, indoor A dingin. Tp klu salah satu dinyalakan indoor A atau indoor B dingin. Catatan masalah awal beli, AC pipa indoor A bocor, diganti dan semua normal. Sekarang giliran AC pipa indoor B, bocor kemudian diganti. keluhan muncul seperti diatas. Waktu penggantian pipa Indoor A dan B semuanya diflushing, diisi freon. Cara mengatasinya bagaimana? Tks

    ReplyDelete
  41. kemungkinan:
    1. modul outdoor gagal start: jalur komunikasi data, tegangan 300VDC, dioda bridge, ic IPM
    2. kompresor macet

    ReplyDelete
  42. Master mau tnya ac cassete 5pk daikin inverter fcf125cvm4, eror awal AF setelah dilakukan perbaikan sloping drain eror hilang lalu muncul eror A3,lanjut dilakukan cleaning unit drain dan switch pelampung lalu kita reset remot eror hilang muncul 00. Outdoor tetap tdk hidup. Coba tuker modul/pcb indoor dgn unit yg masih normal tetap saja tdk ad respon untuk start outdoor, penyebabnya ap ya master pada kasus ini

    ReplyDelete
  43. Bos Ac inverter daikin split duct 2.5 pk indoor nyalah tidak ada jndikasi error.tapi outdoor nyalah blower nya..tapi amper ga kebaca.dan tekanan ada..

    ReplyDelete
  44. Mau tanya master..ac daikin inverter 1/2pk saya kenapa ya saya set 30°serasa 18°.sayarubah lg ke suhu yg lain ttp masih terasa dingin.jd tidak sesuai request remot.audah saya xek suhu termometer memang tdk sesuai.apakah ada kerusakan ya?
    Saya coba cek pake kode remot tidak ada kerusakan.mohon pencerahannya master.Terimakasih

    ReplyDelete
  45. Mau tanya,ini saya pakai ac daikin 4pk standing,keluar Error E4.
    Ac indoor dan outdoor nya tidak ada respon sama sekali.
    Knpa itu ya pak?

    ReplyDelete
  46. Daikin inverter FKT15KEVM Made in China , kode eror U4 ,
    Penanganan sudah ganti kabel koneksi, masih sama, mohon pencerahannya huu, indikator outdoor mati

    ReplyDelete
  47. Rata rata permasalahan ac daikin inverter sama, yaitu mati hidup bagian kompressor luarnya, ini terjadi pemakaian sekitar 2-3 tahun. Saya simak komentar org di berbagai media itu sama. Dan jika kita ganti komponen ac daikin inverter sangat lah MAHAL. Jd menurut saya AC DAIKIN tipe inverte ini adalah produk gagal dan tdk menjamin ketersediaan SUKU CADANG yg dapat dijangkau oleh Masyarakat.

    ReplyDelete
  48. apakah melayani perbaikan modul inverter

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS