LG INVERTER DAN SAMSUNG INVETER, SKEMA POWER SUPLAI

POWER SUPLAI MESIN CUCI INVERTER, LG DAN SAMSUNG

Apa kabar Sobat-sobat teknisi dan pembelajar modul, semoga selalu sehat dan tetap semangat.

Pada kesempatan kali ini kami membahas sedikit mengenai modul mesin cuci LG inverter dan Samsung hanya pada bagian power suplai dan hanya sebagai sample saja jadi tidak harus sama persis, bahasan ini dimaksudkan sebagai arsip data kami tetapi kalau ada sobat-sobat yang membutuhkan semoga bisa menjadi manfaat.

A. PSU LG Inverter
Gb.1. Skema Power Suplai Mesin Cuci LG inverter
Meski hanya gambar tangan semoga bisa dipahami karena tangan yang biasanya buat skema di komputer sedang malas karena komputernya sedang down. 

IC power suplai yang digunakan adalah TOP244YN, TOP245YN atau TOP249YN, bedanya hanya di watt saja. Tegangan Vcc adalah 9V sehingga perlu dibatasi dengan ZD1 dan ZD2 yang besarannya adalah 7V5. Daya maksimal untuk TOP244 adalah 34 watt, angka digit belakang semakin besar maka watt juga lebih besar.

Output power suplai ada 3 yang seingat kami ukurannya 12V, 12V dan 15V, catatan data kami hilang, mudah-mudahan beberapa waktu ke depan kami bisa update bahasan ini dengan data yang benar. Hal ini penting karena output terbagi 2 jalur yang tidak terhubung, cara mengetahui tegangan yang terpisah adalah dengan mengukur kaki elko minus bila kaki elko minus ini tidak terhubung maka jalur tegangannya terpisah. 

Penggantian ic power suplai bila rusak bisa diganti dengan tipe yang sama atau karakternya sama namun bila sulit mendapatkan komponennya bisa dimodif dengan berbagai cara, misalnya dengan gacun 3 kabel atau dengan trafo konvensional atau dengan power suplai external. Bila dengan gacun 3 kabel kita harus memastikan output tegangan benar-benar stabil, kita bisa memasang ic regulator setelah elko masing-masing tegangan output sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan masing-masing beban, misal tegangan 15V untuk ic IPM maka kita menggunakan 7815. Bila trafo switching rusak kita bisa menggunakan power suplai external atau trafo konvensional. Bila kita menggunakan trafo konvensional maka kita memerlukan 2 buah trafo karena output jalur tegangannya terpisah, hal ini pernah kami bahas pada bahasan power suplai ac politron inverter, sobat bisa baca DISINI.

Jadi kita harus mengenali berapa tegangan yang digunakan di dalam sebuah modul kontrol inverter pada mesin cuci sebelum kita memodifikasi power suplai.
  1. Tegangan 15V untuk catu daya ic IPM, untuk pastinya kita harus tahu kode ic IPM dan datasheet-nya sehingga kita tahu Vcc yang dibutuhkan. Untuk mengetahui kode ic IPM kita harus melepas ic dari pcb tetapi hal ini tidaklah mudah bila pcb yang digunakan adalah double layer (double side).
  2. Tegangan 12V untuk catu daya relai kontaktor
  3. Tegangan 5V untuk catu daya micom

B. PSU Samsung Inverter

Berbeda dengan LG, Samsung biasanya menggunakan ic power suplai tipe A60xx (STRA6079) yang mempunya daya maksimal 24 Watt atau memakai 2QR2280Z. Kami belum pernah punya stok untuk kedua ic ini, harga paling murah kisaran 15k belum termasuk ongkir, ada pula harga 5k ongkir gratis tetapi menunggu 1 bulan. Untuk memodifikasi ic tersebut perlu trial and error (coba-coba) namun harus dilakukan dengan hati-hati. Kesalahan bisa berakibat fatal. Kalau memodifikasi memakai trafo konvensional lebih aman pakai 2 trafo yang kita jadikan adaptor terlebih dahulu.
Gb.2. IC power suplai samsung sinverter
Untuk data ic 2QR2280Z bisa Sobat lihat datanya di internet.
Pada gambar 2 diatas bukanlah skema sebenarnya pada modul. Output sebenarnya ada 3 tegangan yaitu 5V dan 12V yang ground-nya menyatu dan 17V yang merupakan jalur berbeda. Bagian micom IPM dan jalur mekanis catu dayanya diambil dari 17V memakai on-off ic L78M15 (atau sejenisnya, terdiri dari 4 pin, salah satu kakinya sebagai kontrol on-off), kemudian diturunkan menjadi 12V dengan 7812 dan 5V dengan 7805. Perintah on-off dilakukan oleh micom dispai melalui photocoupler (pc).

Hal tersulit adalah ketika trafo switching terbakar atau putus lilitannya. Kita bisa melilit ulang trafo tersebut namun bila kesulitan kita bisa memodifikasinya dengan memakai 2 buah trafo konvensional.
1. Kita buat adaptor 15V kemudian diturunkan dengan 7812 dan 7805 untuk suplai tegangan ke displai.
2. Kita buat adaptor 18V untuk relai dan ic IPM.

Bila hanya ic power suplai yang rusak dan kita tidak punya ic pengganti yang sama maka kita bisa menggantinya dengan kit power suplai yang kami biasa menyebutnya gacun 5 kabel karena output stabil dan sudah ada jalur photocoupler. Kami menggunakan gacun 3 kabel hanya untuk test saja, kami jarang memasangnya di modul kecuali terpaksa itupun harus memakai ic regulator di bagian output sebagai pengaman dari lonjakan tegangan. Masalah yang timbul bila kita menggunakan gacun 5 kabel pada modul ini adalah timbul suara berderik di trafo switching meski kecil, meski demikian tegangan output tetap stabil, abaikan saja tetapi bila ingin menghilangkannya hal yang kami lakukan adalah memodifikasi bagian kaki 1 dan 2 photocoupler.

Demikian bahasan kami kali ini maaf bila ada hal yang kurang tepat dan bila ada pertanyaan silakan tinggalkan di kolom komentar atau lewat chat WA. Semoga bermanfaat.



Share:

13 comments:

  1. Bang saya punya LG font loading tidak mau on padahal tegangan 5v dan 12v nya ada, tolong solusinya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel set harus terpasang, selain itu cek di bagian modul displai pada xtal dan reset dulu

      Delete
  2. Om mesin cuci samsung inferter ecco bubble error De cek modul atas kondisi normal. Masalah utama ada di modul bawah, apakah pernah mengalami seperti kasus saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo DL bagus, trobel di jalur pengolah sinyal DL

      Delete
  3. Saya pasang mesin cuci front load Samsung WW80J3230KW, begitu pencet tombol ON saja langsung jepret/jeglek MCB nya, bisa berkali-kali jeglek lagi kalau pun MCB dinaikan. Nah kalau pencet tombol ON tidak jeglek, nyuci sampai selesai pun tidak jeglek (tanpa pakai pemanas tentunya) walaupun di tengah proses mencuci jetpump tiba2 ON. Listrik rumah 1300 Watt (6A). Kenapa ini ya, apakah Samsung memang seperti ini penyakitnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai softstart dulu, buat dari saklar dan bolam 100W. Kalo trobel dibagian modul kami blm bisa memastikan tanpa cek langsung

      Delete
  4. Salam kenal mas saya leri.
    Saya punya mesin cuci LG direct drive Inverter ketiia Di tekan tombol power langsung mati.setelah Di periksa modul bagian atas Ada resistor yang gosong,setelah saya ganti resistor ya tetap Masih meletup resistor ya.apakah oenyebabnya Ada Di modul bagian bawah yah?Mohon pencerahan nya mas

    ReplyDelete
  5. Mas mo nanya error ec di ac elektrolux kenapa yah

    ReplyDelete
  6. Mas. Mau nayak saya ada mesin cuci inventer lg 1 tabung t2175vsam. Bila di colokan, listrik langsung jegleg. Saya cek di pcb main modul nya. Jika jalur soket wrna merah di kasi beban listrik langsung jeglek. Mohon saran nya mas. Terimakasi banyak & sehat selallu mas.

    ReplyDelete
  7. Salam kenal.mas..terimakasih informasinya bermanfaat..semoga sukses selalu..
    Mesin cuci saya lg inverter direct drive WF-S14D6 ada komponen IC yg rusak/ pecah sdh lama saya lepas tp IC nya sdh lupa nmr nya & nyimpanya mungkin IC no nya yg mas bahas di atas TOP244YN apakah punya part nya..bisa minta no telp atw wa nya mas nastain..terimakasih salam..

    ReplyDelete
  8. Mas mau tanya saya punya mesin cuci samsung ww65j kerusakan nya tidak mau putar setelah saya ganti water levelnya bisa putar cuma 2 kali test rusak kembali ke awal kira kira apa ya mas rusaknya?
    Saya cek daya yg keluar dari modul untuk water level 4,8v apakah benar daya nya segitu mas?
    Terima kasih salam...

    ReplyDelete
  9. apakah blog ini masih bisa ubtuk tanya jawab ya, kami ada keaulitan di Trafo switching AC Samsung Inverter yg mempunyai tegangan 21 VDC tp tidak bisa turin menjafi 15 atau 17 VDC

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS