ERROR EC, E5, E6, F4, LED TIMER, LED POUSE PADA AC MIDEA DAN CHANGHONG

TIGA JENIS KODE ERROR AC MIDEA DAN AC CHANGHONG

Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai ac midea dan ac changhong, kerusakan sama tetapi kode error berbeda. Kami hanya membahas mengenai kode error yang terjadi pada awal ac dihidupkan karena kami belum mempunyai data mengenai error yang terjadi pada proses pendinginan karena tim kami di medan tempur belum mempunyai data. Hal penting dalam hal error adalah kapan hal itu terjadi dan menjadi keharusan bahwa unit harus dimatikan total alias tidak ada koneksi ke listrik dalam waktu minimal 5 menit. Setelah dikoneksikan ke listrik lagi baru melakukan pengamatan bila error di awal maka tidak ada hubungannya dengan tekanan freon kecuali ac kapasitas besar yang mempunyai sensor tekanan freon.
modul ac midea
Gb.1. Modul AC Midea
Dilihat dari sisi modulnya, kedua ac ini sebenarnya cukup mudah dalam pengerjaannya karena mudah pelacakannya dan mudah penggantian komponennya. Kelemahannya pada elko-elko. AC changhong yang kami bahas ini menggunakan power suplai ac matic dengan ic Viper-22A kalau yang ac midea menggunakan power suplai trafo konvensional. Pada ac midea bila power suplai lemah biasanya displai menunjukkan angka 88.
Gb.2. Modul AC Changhong
Hal yang kami bahas berikut ini hanya mengenai error awal "on" yaitu mengenai error thermis dan motor fan indoor.

1. Error EC= E3 dan F4

EC = E3 = Error Circle (midea).
F4 = Error Fungsi 4 (changhong)

Error ini menandakan bahwa micom membaca motor fan indoor tidak berputar, kerusakan yang terjadi ada 2 kemungkinan yaitu pertama pada motor fan baik kumparan dan atau sensor hall serta jalurnya di modul, kedua pada driver motor dan atau pada sensor listrik (ac detect). Mengenai hal-hal ini sudah kami bahas pada bahasan-bahasan yang lalu, silakan baca-baca di label AC di blog ini.

2. Error E5 dan Led Pouse kedip-kedip

E5 (midea), Led pouse kedip (changhong).
Ini menandakan bahwa thermistor room (ruangan) tidak terdeteksi oleh micom, thermis rusak atau jalur di modul rusak. Pada changhong bila error ini terjadi maka motor fan indoor tidak berputar, pada midea kami belum ada data. Ukuran thermistor changhong 9k5 (9,5 kiloohm).

3. Error E6 dan Led timer kedip-kedip

E6 (midea), Led timer kedip-kedip (changhong).
Ini menandakan thermistor pipa tidak terdeteksi oleh micom, thermis rusak atau jalur di modul rusak. Pada changhong meski error motor fan indoor tetap berputar, pada midea belum ada data. Ukuran thermis changhong 9k5.

Pertama-tama yang harus dipastikan bila ada error adalah tegangan 5V harus normal dan stabil. Bagi sobat-sobat yang ada di lapangan tempur harus bisa mengukur tegangan-tegangan di modul kontrol, lakukan dengan hati-hati kalau belum paham sama sekali harus belajar terus jangan segan tanya kepada yang lebih paham. Bagi Sobat-sobat yang sudah mahir berikanlah ilmu dan pengalaman kepada siapapun yang membutuhkan.

Hanya tiga jenis error tersebut di atas yang dapat kami bahas, mengenai error setelah unit bekerja kisaran 30 misalnya, kami belum punya data namun kita bisa menganalisanya melalui beberapa kemungkinan yaitu:
1. Listrik dan atau power suplai modul tidak stabil
2. Laju pendinginan tidak terpenuhi atau proses pendinginan lama.
3. Thermis bekerja sudah tidak akurat

Mengukur ukuran resistensi (tahanan) thermis harus pada saat yang sama atau pada suhu ruang yang sama. Kami pernah melakukan pengukuran thermis pada siang hari saat terik matahari terukur 6k5 (6,5 kiloohm) namun ketika kami ukur saat malam hari terukur 9k5 (9,5 kiloohm).

Mengenai laju pendinginan yang berperan sangat penting adalah kompresor (yang biasa disebut "heart of system" jantungnya sistem), jenis refrigeran, pemipaan dan lingkungan. Kalau kita analisa dari sisi teknis di lapangan hal-hal tersebut bisa dibilang sederhana karena sudah ada petunjuk pemasangan atau service manual dari produsen ataupun berdasarkan pengalaman kita di lapangan. Namun bila kita analisa dari sisi desain bagi saya sangatlah rumit, dimana ketika sekolah kurang belajarnya, kemampuan berpikir yang hanya pas-pasan atau ada teman yang bilang "dulu tidak bisa sekarang lupa". Pelajarannya adalah thermodinamika teknik, konversi energi, perpindahan panas dan lain-lain, masing-masing melibatkan perhitungan yang rumit. Di bidang desain kondisi lingkungan juga sangat diperhitungan misalnya luas ruangan, bahan dinding, banyaknya sinar matahari, adanya sumber panas di dalam ruangan dan lain-lain.

Fluida (zat alir) mempunyai sifat yang istimewa pada suatu saat bisa menjadi gas, cair ataupun padat tergantung pada kondisi sistem. Pada kondisi sistem apapun tetap diperlukan energi dari luar, dari hal ini mungkinkah sistem dunia ini tercipta dengan sendirinya? Mungkinkah "ketiadaan" menciptakan "keadaan"? Sebagai orang yang beragama kita bisa menganalisanya dengan mudah.

Demikian bahasan kami kali ini, maaf bila ada hal-hal yang salah atau kurang tepat dan semoga bisa bermanfaat. 




Share:

22 comments:

  1. Bos..kenapa ac midea kok ada keluar tulisan EC ya bos..soalnya kurang paham yg bos terangkan di atas..thanks
    Ting Ting ac
    Dumai
    Kirim ke hp aja ko
    Ferry / along
    Hp.082174478880

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor fan tdk muter atau jalur sensor putaran fan tidak terbaca ileh ic program. Silakan chat WA nmr ada di judul blog

      Delete
    2. Mas mau tanya dong, cara perbaikan nya gimana ya kalo AC merek midea terdapat tulisan EC? Mohon tanggapannya. Trimakasih

      Delete
    3. kalao Anda sdh menguasai dasar2 elektronik silakan Chat WA, karena mungkin butuh foto2. Kalao blm paham elektronik silakan panggil teknisi yg mahir, bisa juga modul dikirim ke tempat kami

      Delete
    4. Ada kebocoran di unit ac.
      Langkah pertama matikan power 5 menit lalu sambung lgi.setelah kode hilang,nyalakan dan cek tekanan freon.pastikn tekanan stabil sesuai jenis dan ampere kompresor nya di sesuaikan.jgn lupa di vakum bila ada kebocoran untuk jnes r32 r410

      Delete
  2. Mau nanya dong klo di display AC indoor keluar gambar L bertuliskan timer manteng kenapa yah ? Sehingga AC tdk bisa kita hidupkan mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tahu tentang error ini, harus cek modul secara langsung.
      coba cabut listrik 10 menit kemudian hidupkan lagi

      Delete
  3. Mau tanya mas, klo ada tanda E3 itu kerusakannya dmana ya, di remotpun ga bisa

    ReplyDelete
  4. mau tanya jika ac tidak nyala,dan di remote muncul kode 88 ,itu kenapa ya,dan menanganinya bagaimana

    ReplyDelete
  5. Mau tanya kalau tibatiba ac mati dan lampu nya kedip terus itu knp yaaa

    ReplyDelete
  6. Ac baru beli sebulan kurang, tadi tiba2 keluar angka 88 sama kaya tanda sinyal... Trus mati acnya, ga bisa di nyalain lagi..
    Itu kenapa ya om?

    ReplyDelete
  7. Mas mo nanya ac error ec di ac elekteolux kenapa yah

    ReplyDelete
  8. Mas mau tanya ac denpoo kalo di colok ke listrik, semua lampu berkedip, lalu keluar kode 11, 60, 70, LO, dan 88 kira" apanya ya yg bermasalah,

    ReplyDelete
  9. Pak , kalau di Ac Midea muncul kode EH 06 kedip2 kenapa yah, trims

    ReplyDelete
  10. Changhong indornya dimodif jd kipas biasa. Setelah 2 menit normal lalu mati dan muncul f6. Kalo masih pengen pake modul bawaan, solusinya gimana ?
    Sudah coba dibebani jalur yg ke outdoor trnyt gk pengaruh.
    Perlu umpan balik ?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS