AC SAMSUNG MOTOR INDOOR TIDAK BERPUTAR

DINAMO FAN INDOOR AC SAMSUNG TIDAK BERPUTAR

Kembali ke modul ac lagi, bertahun-tahun baru kali ini mengalami ac samsung dinamo fan indoor tidak bisa kerja atau berputar pada modul yang double side (atas-bawah) dan sebagian besar komponen smd. Sistem sama dengan modul lainnya tetapi kualitas komponennya mungkin yang berbeda.

Percobaan awal pada motor atau dinamo dengan cara dilangsungkan ke listrik, hasilnya motor bisa berputar dengan normal. Berikutnya pada SSR (solid state relay) 4 kaki, kotak-pipih, dimana SSR tipe ini driver penggerak motornya sudah dikemas di dalam paket SSR. Kaki 1 dan 2 adalah input-output listrik, kaki 3 adalah Vcc (di modul ini plus 12V) dan kaki 4 adalah fungsi negatif (input kontrol kecepatan motor).
Pengujian SSR jenis ini adalah dengan menghubungkan kaki nomor 4 ke ground, amannya pakai resistor 5 ohm atau 10 ohm. Hasil yang kami peroleh ternyata SSR rusak. Mungkin di pasaran masih jarang yang menjual SSR jenis ini, bisa juga cari di tempat barang bekas. Kalau di pasaran online bisa dipastikan ada, lebih murah lagi di online negeri "tirai bambu".
Modul Samsung Double Side
Setelah penggantian SSR motor fan masih tidak mau jalan, sampai disini ada dua kemungkinan, yaitu sinyal dari micom (pin 35) bermasalah atau sensor listrik (ac detect) yang bermasalah. Sinyal dari micom berupa tegangan positif kemudian menuju transistor NPN smd, kaki kiri adalah basis (sinyal positif dari micom) kaki tengah atas adalah kolektor (terhubung ke kaki negatif SSR kaki nomor 4) dan kaki kanan adalah emitor (terhubung ke ground). Cara analisanya bila kaki basis ada tegangan seharusnya kaki SSR nomor 4 tegangan yang terukur harus dibawah 12V, bila motor kecepatan penuh (full speed) maka tegangan kaki nomor 4 mendekati jauh dibawah 12V bisa juga mendekati 0 (nol). Dari hal ini kami menyimpulkan transistor rusak karena kaki basisnya ada tegangan tetapi kaki kolektor tetap 12V. Penggantian transistor ini bisa diganti transistor biasa misal C945 atau C1815 namun pemasangannya lumayan sulit, kami biasa stok untuk smd adalah S8050 dan S8550, bagi sobat-sobat yang pernah oprek modul dvd pasti kenal dengan transistor ini meski ada bedanya yaitu yang tipe biasa (TO-92) basisnya di tengah, yang smd basis di kiri, modul las inverter juga ada yang menggunakan tipe smd jenis ini. Setelah penggantian transistor, motor fan berputar dengan normal.

Sampai disini kasus selesai dan ditutup 😅😅.

Pertanyaan berikutnya, bila sinyal dari micom tidak keluar. Hal ini sudah pernah kami bahas pada bahasan yang telah lalu pada modul yang berbeda. Micom tidak mengeluarkan sinyal gerak motor disebabkan micom rusak, software korup dan sensor listrik (ac detect) bermasalah. Untuk kerusakan micom dan software sudah saatnya bagi kami untuk mengibarkan bendera putih, "menyerah".
Sensor listrik pada modul ini diatur oleh resistor smd dan optocoupler, masalahnya optocoupler atau photocoupler (pc) yang digunakan adalah tipe bidirectional artinya tegangan input (kaki 1 dan 2) adalah tegangan ac (arus bolak-balik), optocoupler jenis ini juga masih jarang di pasaran, kodenya PC814 sama dengan yang digunakan pada sensor putaran motor dinamo pada modul mesin cuci samsung. Bisakah PC814 diganti dengan PC817, di modul mesin kami pernah mencobanya dan berhasil, namun pernah kami mencoba pada modul front loading tidak berhasil, entah kalau pada modul ac ini karena seandainya rusak kami punya stok PC814.

Tegangan terukur pada optocoupler kaki 1 terhadap kaki 2 adalah 1 VAC  pada kaki 3 adalah 0 (groud) dan pada kaki 4 adalah kisaran 1-2 VDC. Kalau optocoupler atau resistor jalur listrik rusak maka kaki nomor 4 tegangannya mendekati 5VDC. Perlu diingat, ada modul lain yang menggunakan sistem berbeda yaitu kaki nomor 3 adalah 5V tentunya cara kerjanya akan berbeda. Sinyal output optocoupler akan diolah lagi oleh transistor, masuk ke kaki basis, pada titik ini mungkin setiap modul akan berbeda ada yang menggunakan sistem low atau high tergantung sistem micomnya. Low bila kaki emitor adalah ground dan high bila kaki emitor adalah 5V. Kaki kolektor biasanya output ke micom. Sensor listrik atau ac detect yang kami bahas ini adalah secara umum yang digunakan tetapi ada beberapa modul baik ac maupun mesin cuci yang menggunakan sistem berbeda, bila ada kesempatan akan kami bahas lain kali.

Hal penting: sebelum melangkah pengecekan lebih jauh hendaknya tegangan kerja modul harus benar-benar normal dan stabil. Umumnya tegangan 12V dan 5V. Sering kami temui pada modul ac Midea atau Changhong meski modul hidup dengan normal tetapi bagian outdoor tidak kerja ini disebabkan oleh tegangan yang harusnya 12V hanya ada 6V sehingga tidak mampu mensuplai relai sehingga relai tidak kerja. Tegangan 5V micom masih normal karena suplainya dari 6V diregulasi dengan 7805 dan itu masih mampu menyuplai micom.

Cukup sekian dulu bahasan kali ini, maaf bila ada hal-hal yang kurang tepat dan semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan silakan di kolom komentar atau lewat chat WA.

Share:

1 comment:

  1. Tanya bang.Ac samsung 0.5 pkFan indoor nya berputar kencang trus tiba tiba pelan jalan bbrp detik habis itu mati total trus nyala kencang lagi begitu seteruanya

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS