AC POLYTRON INVERTER OUTDOOR TIDAK KERJA

AC POLYTRON INVERTER OUTDOOR TIDAK KERJA

Bagaimana kabar Sobat semua? Semoga sehat selalu. Terasa lama tidak update tulisan, waktu menulisnya saat ini masih terbatas.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai ac inverter merek Polytron sebenarnya sekedar info saja karena kami belum memiliki data yang memadai mengenai ac jenis ini. Kerusakannya adalah unit outdoor tidak kerja. Baru kali ini ada ac inverter jenis ini yang singgah di workshop kami. Menurut pengamatan kami tipe ini menggunakan komunikasi data dua arah seperti pada ac sharp inverter, berbeda dengan ac samsung inverter yang pernah kami bahas beberapa waktu lalu yang jalur datanya hanya satu arah.

Catatan sensor yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Termis pipa indoor
2. Termis ruang indoor
3. Termis ruang outdoor = kisaran 4 kohm
4. Termis pipa kondensor = kisaran 4 kohm
5. Termis pipa discharge = kisaran 50 kohm
6. Termostat kompresor, bila over heat akan terbuka

Motor fan baik fan indoor maupun fan outdoor keduanya memakai tegangan listrik ac. Fan outdor selalu full speed, kontrol on-off memakai relai. Yang jadi perhatian adalah dioda bridge untuk tegangan 300vdc memakai ic seperti ic ipm, kami tidak sempat membongkar bagian ini sehingga kami belum punya datanya. Semua bahasan dibawah ini hanya mengenai bagian outdoor.

Setelah pengecekan dan pengukuran lebih lanjut, ternyata masalah awal pada power suplai, tegangan output hanya keluar 2V saja pada tegangan yang seharusnya 12V. IC power suplai menggunakan Viper22A, penggantian semua komponen bagian power suplai tidak membuahkan hasil, kesimpulan kami kerusakan pada trafo switching. Pengalaman kami di medan tempur, merek satu ini kelemahan pada trafo switching terutama pada mesin cuci top loading. Sebenarnya bisa diperbaiki dengan melilit ulang trafo namun bila waktu tidak mencukupi maka kita bisa pakai alternatif lain yaitu menggunakan trafo konvensional.
modul inverter
Gb.1. Modul outdoor polytron
Sebelum penggantian trafo kita harus tahu pasti tegangan yang dibutuhkan modul. Pada ac ini tegangan yang dibutuhkan ada dua dan terpisah, maksudnya tegangan 0V atau groundnya terpisah serta terpisah dengan ground primer power suplai (-300VDC) yaitu:
  1. Tegangan 12V untuk relai fan outdoor dan 5V untuk micom outdoor yang diambil dari 12V melalui ic 7805.
  2. Tegangan 15V untuk ic IPM dan 5V untuk ic kontrol IPM yang diambil dari 15V melalui ic 7805.
Dari data tersebut maka kita butuh 2 buah trafo konvensional (trafo biasa) meskipun sebenarnya bisa memakai 1 buah trafo yaitu dengan membelah jalur lilitan trafo pada CT-nya (center tap) tetapi bagi kami cara ini ada resikonya bila trafo terbakar lilitannya maka bagian micom dan bagian driver ipm akan menyatu (konslet) dan akibatnya kami belum tahu pasti bila hal ini terjadi maka cara paling aman adalah memakai 2 buah trafo. Kita bisa memakai trafo ukuran 1A CT dengan tegangan output 12V sampai 24V menggunakan 2 buah dioda dan ct sebagai 0V (ground) atau dengan 4 dioda (bridge) dan ct tidak dipakai. Kita juga bisa memakai trafo 1A 0 (nol) dengan tegangan output sampai 18V menggunakan 4 buah dioda (bridge). Kami tidak akan membahas membuat adaptor di bahasan ini karena sudah banyak artikel mengenai cara membuat adaptor di internet.
  1. Tegangan 12V dan 5V. Tegangan out adaptor harus minimal 15VDC kemudian diturunkan dengan 7812 dan 7805 agar output stabil, 7805 sudah ada di modul.
  2. Tegangan 15V dan 5V. Tegangan out adaptor minimal 18V, langsung bisa dihubungkan ke modul karena di modul sudah ada 7815 dan 7805.
Gb.2. Adaptor
Penggunaan tegangan output trafo lebih besar dari tegangan yang dibutuhkan adalah untuk penstabilan tegangan output regulator, ini dimaksudkan bila tegangan listrik naik-turun maka tegangan sebelum masuk regulator masih tetap lebih tinggi dari output regulator. Misalnya kita memakai regulator 7812 maka inputnya minimal 13V pada saat kondisi tegangan listrik minimal sehingga biasanya digunakan tegangan input 15 - 18V. Pelajaran yang kami peroleh sejak awal belajar bahwa hal paling aman adalah bahwa tegangan input ic regulator adalah Vo+1 sampai Vox2 dimana Vo adalah tegangan output tetapi itu pelajaran dahulu kala kalau masa kini semua orang bisa melihat datasheet setiap onderdil elektronik bila ada.

Untuk memudahkan pemasangan maka jalur listrik L-N maupun jalur output kita beri soket konektor sehingga saat pemasangan maupun melepas modul hanya tinggal tancap dan cabut. Penempatan trafo harus seaman dan sekuat mungkin. Setelah kami ganti power suplai menggunakan adaptor unit ac bisa bekerja dengan normal, jadi masalah hanya pada power suplai.

Demikian bahasan kami pada kesempatan kali ini, maaf bila ada hal yang salah, semoga bermanfaat dan bila ada hal-hal yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar atau chat WA nomor ada di judul blog, kami akan jawab sesuai kemampuan kami.


Share:

4 comments:

  1. Saya mengalami masalah diatas min... outdoornya tidak bekerja
    Apakah melayani jasa service utk masalah teraebut? Terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Malam pak, ac polytron saya kenapa ya fan outdor nya suka mati pas kompresor bekerja, trus hidup kmbli bila kompresor mati. Tlong jwb pak solusi nya. Trima kadih

    ReplyDelete
  3. Ada no wa yg bsa dhubungi mas?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS