MODIFIKASI POWER SUPLAI MODUL MESIN CUCI DAN AC

Apa kabar Sobat-sobat seperjuangan, sudah beberapa waktu tidak sempat buat postingan hanya ketik-ketik saja tapi belum ada yang diposting, masih sibuk di workshop sebelah 😊😊😊. Hari berganti hari rasanya semakin susah juga di service elektronik, kita selalu bersusah payah mencari sparepart yang kita butuhkan, toko-toko sparepart pun tidak menjual sparepart yang kodenya aneh-aneh karena jarang dipakai di pasaran dan jenisnya sangat beragam, di sisi lain mereka pun tidak akan menyetoknya karena perubahan sparepart yang begitu cepat dari hari ke hari kecuali sparepart yang umum di pasaran. Namun kita harus tetap semangat.

Disini kami akan bahas sedikit modifikasi power suplai unit (psu) watt kecil karena ic power suplai yang banyak ragamnya diantaranya TNY, LNK, TOP, ICE, Viper, STR, MIP dan lain sebagainya tidaklah mudah untuk mendapatkan ic-ic tersebut kecuali di kota-kota besar, bagi kita yang ada di kota kecil atau daerah terpencil sangat tergantung pada pasaran online. Untuk ic power suplai tipe terbaru terkadang belum ada di pasaran online negeri ini kita pun harus membelinya ke negeri seberang itupun kalau ada. Mengapa kita tidak memakai power suplai rakitan yang sudah ada di pasaran atau memakai trafo konvensional? Hal itu patut dipertimbangkan namun ada beberapa modul yang tidak support karena tegangan output yang bervariasi misal 5V, 12V, 15V atau 24V dan terkadang jalur antar power suplaipun terpisah misal pada beberapa modul jenis inverter. Bisa juga kita menggunakan trafo konvensional, bila tegangan yang dibutuhkan menjadi satu kesatuan sistem tidaklah masalah namun bila tegangan output terpisah itu yang menjadi masalah karena kita harus modifikasi trafo sedimikian rupa. Kami ambil contoh pada modul mesin cuci Samsung inverter, tegangan 5V dan 12V untuk suplai tegangan bagian displai dan tegangan 15V untuk suplai tegangan pada bagian inverter, sistemnya tidak menyatu karena hubungan komunikasi data antara displai dan bagian inverter melalui RX-TX memakai optocoupler.

Sebenarnya ic power suplai ada yang identik antar kode misalkan LNK500 bisa diganti dengan TOP209 atau TOP210 meskipun kita harus sesuaikan kaki-kakinya. Dalam hal ini yang perlu kita perhatikan adalah datasheet terutama pada bagian tegangan kerja, watt ouput dan data masing-masing kakinya. Di bawah ini kami sertakan gambarnya:
Pin LNK500 dan TOP209
Apa yang kami sampaikan ini pernah kami coba, yaitu pada modul ac yang memang hanya watt yang dibutuhkan rendah kisaran 5 watt. Modulnya memakai LNK500 tetapi yang kami punya hanya TOP209.

LNK500:
S = source / ground primer (pin 1,2,3,4,7)
C= control (pin 8)
D = Drain / +300VDC (pin 5)

TOP209:
Pin N/C = nonconection, dihubungkan ke source (1,2,3,6,7,8)
Modif LNK500 dengan TOP209
LNK500 vs TOP209
Gambar yang atas adalah skema di modulnya dimana yang tegangan yang masuk trafo adalah -300V dan outputnya menggunakan dioda dengan arah masuk trafo skunder, bila dibandingkan dengan gambar bawah memang ada perbedaan tetapi ternyata bisa ditukar penggunaannya kita hanya menyesuaikan pin-pin kakinya.

Kesulitan lain yang mungkin kita hadapi adalah bila output yang dibutuhkan watt-nya cukup besar misal ICE3BR4765J atau ICE2QR2280Z produksi Infineon yang dipakai pada modul mesin cuci inverter Samsung. Pada saat ini 2QR2280Z masih sulit didapat di pasaran mungkin bisa di modif dengan TNY280 itupun kalo ada di pasaran.

Kami bahas modul inverter samsung yang menggunakan 2QR2280Z sebagai tambahan pengalaman, tegangan output (skunder) ada 3 buah yaitu 5V, 12V dan 15V. Ada pertanyaan dari teman di bengkel, mengapa kita tidak pakai gacun/astello atau semacamnya? Itu pertanyaan bagus. Kami jarang menyarankan pakai gacun/astello karena agak ribet untuk mendapatkan tegangan yang stabil, dikhawatirkan ada lonjakan tegangan output yang bisa membuat micom error atau justru mati. Di sisi lain, modul ini tegangan start bagian primer adalah 110VDC, bisa atau tidak gacun/astello bekerja di tegangan tersebut? Kita bisa mengakalinya dengan membuat jalur 300VDC dengan rangkaian tersendiri, memang agak ribet.
Harga 2QR2280Z kisaran 65 ribu belum termasuk ongkos kirim dan kalau di negeri seberang kisaran 20 ribu pengiriman gratis tetapi 3 mingguan atau 1 bulan baru sampai.

Demikian ulasan kami saat ini, semoga bermanfaat dan maaf bila ada hal-hal yang salah karena kekurangan pengetahuan kami.


Share:

3 comments:

  1. Mantap om klo pakai trafo tanpa ic gimana caranya om

    ReplyDelete
  2. Hrs paham elektronik takutnya malah tambah parah rusaknya

    ReplyDelete
  3. boleh di jelaskan tegangan yg masuk atau keluar di masing2 pin IC nya pak...biar bisa mastiin klo IC rusak atau tdk

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS