MENGATASI ERROR EA MESIN CUCI SANYO

Error atau Galat atau Kesalahan pada suatu sistem mikrokontrol pastilah akan dipengaruhi oleh banyak hal baik dari internal maupun external dan bila eror tidak diatasi maka sistem tidak akan bekerja normal bahkan sama sekali tidak berfungsi. Hal yang berperan penting adalah sensor (pengindera) ataupun tranduser (alat pungut) dan jaringan pengolah sinyalnya.

Berikut ini kami bahas mengenai mesin cuci Sanyo dengan kode eror EA yang kerusakannya pada bagian pengolah sinyal. Maaf, kami belum tahu pasti mengapa kodenya EA, kami hanya mengambil kesimpulan bahwa EA adalah eror yang dideteksi pertama kali oleh sistem yaitu sensor yang mengontrol keadaan air. Dalam postingan di blog sebelah pernah kami bahas eror EA pada mesin cuci sanyo tetapi hanya pada power suplainya saja (EA= Error Amplifier, eror penguat daya dan sinyal). Pada merek lain bisa jadi kodenya juga beda misal 1E, E1, IE atau kode lain misal pada merek Polytron kodenya 4 digit.

Faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga muncul kode EA adalah:

  1. Pasokan air masuk sangat kecil/lambat sehingga micom mendeteksi dalam jangka waktu kurang lebih 2 menit tidak ada perubahan tekanan air di dalam drum mesin cuci. Kemungkinan yang terjadi adalah tekanan air di kran air rendah (aliran air kecil), filter di dalam solenoid tersumbat kotoran.
  2. Water Level (WL) rusak pada bagian lilitan, magnet, membran, pegas ataupun konektornya.
  3. Jalur kabel dari WL ke modul ada yang putus.
  4. IC penguat sinyal WL yaitu TC4069UBP atau semacamnya rusak
  5. Sparepart atau onderdil yang berhubungan dengan ic penguat ada yang rusak.
  6. Jalur Ground atau 5V ke ic penguat sinyal ada yang putus.
  7. Micom rusak pada jalur dari ic penguat sinyal WL.
Langkah-langkah perbaikannya adalah cek dari ke tujuh point diatas. Berikut kami sertakan skema rangkaian penguat sinyal WL.
TC4069UBP
IC TC4069UBP
SKEMA PENGUAT SINYAL WL
SKEMA PENGONTROL WL TOP LOADING
Skema sederhana diatas dipakai di merek Sanyo (atas) dan Sharp (bawah), beda merek mungkin berbeda pula sistem yang digunakan ic yang digunakan mungkin juga berbeda. Adapula tipe yang menggunakan ukuran resistor 563 (56k) atau 472 (4k7) bukan 473 (47k) semua tergantung sistem logic yang digunakan dalam micom. IC TC4069UBP bisa juga digunakan yang kaki 1 sampai 6. Apabila ada kerusakan pada resistor maupun kapasitor, kita harus mengganti nilanya dengan ukuran yang sama karena apabila tidak sama akan mengakibatkan adanya perbedaan tingkat ketinggian air saat pencucian, bisa lebih tingi atau lebih rendah tergantung nila resistor dan kapasitor. Yang menyulitkan adalah bila ic yang digunakan adalah jenis smd (suface mount device) harus ekstra hati-hati mengerjakannya dan bila jenis smd tidak ada di pasaran maka bisa kita ganti dengan jenis biasa (dip) setiap kakinya harus di jumper dengan kabel.

Mesin cuci produk negeri sakura biasanya memakai water level dua pin tetapi untuk produk keluaran baru ada yang memakai water level dengan tiga pin. Mesin cuci produksi keluaran korea biasanya memakai water level dengan tiga pin kalau yang produksi sudah lawas ada yang memakai water level switch putar. Sedangkan untuk produk eropa kami belum mengamati dengan seksama. Perbedaan yang sangat menyolok adalah pada tipe front loading electroluk dan beberapa merek lain, memakai water level kontaktor bukan menggunakan lilitan, sehingga level air hanya mempunyai dua ukuran yaitu saat pencucian dan pembilasan. Berbeda dengan yang memakai sistem lilitan level air bisa diatur oleh mikom menyesuaikan berat beban pencucian dan penyesuaian pada saat pembilasan yang biasanya kapasitas air lebih banyak.


Ada hal yang agak membingungkan pada saat water level setengah error, yang pernah kami temui adalah pada saat pencucian prosesnya tampak baik-baik saja namun setelah air terbuang pada saat proses spin ternyata sistem berhenti padahal bila digunakan pada program spin saja tidak terjadi error.

Demikian ulasan kami semoga bermanfaat dan maaf bila ada hal yang salah karena keterbatasan kami dan apabila ada pengalaman terbaru yang berkenaan dengan error tersebut akan kami tulis dalam ulasan ini.


Share:

4 comments:

  1. Water level sudah diganti tapi masih muncul kode EA kenapa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan 5V normal dan stabil. Cek soket water level. Di modul cek jalur WL dan ic WL

      Delete
  2. Om kenapa di modul electrolux EWT854S menghitam di dekat trafo, dan meleleh itu Pelindung PCB modul..? Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Bang kenapa ya mesin cuci sanyo ASW 85 SB saya muncul kode U4 swit pintu kondisi baik(konek)
    Terima Kasih

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS