Polytron Protek, Bright-Contras Tidak Kerja dan Sinyal Hilang

Pada kesempatan kali ini kami bahas mengenai televisi Polytron tabung atau CRT dengan kerusakan protek, kontrol bright dan kontras tidak kerja dan canel hilang. Pada umumnya protek pada tv Polytron adalah elko tegangan 40V maupun elko di bagian vertikal tetapi yang kami jumpai masalahnya bukan di elko-elko tersebut.

Tv ini menggunakan ic chroma  STV2286H yang identik dengan STV2248H.

ic chroma polytron
Pin STV2248H atau STV2286H
Trobel pada awalnya adalah hidup sebentar kemudian standby. Pengecekan pada tegangan suply semua normal, termasuk di pin ABL FBT terukur 12V (normal) tapi mengapa protek? Penelusuran berikutnya pada jalur ABL yang sampai di pin BCL ic STV2286H yang terukur 2,4V,  disini harusnya kisaran 4,5V, ketika jumper jalur ABL dilepas dan tv dapat menyala tidak protek tetapi gambarnya hanya tipis seperti klise atau negatif film, yang dimungkinkan contras dan bright-nya tidak kerja. Pin BCL mendapat tegangan pull up dari tegangan 8V melalui sebuah resistor, pada resistor inilah kami paralel dengan resistor ukuran 33kohm (diparalel dengan aslinya) dan pada kaki bcl kami pasang dioda zener 5V sebagai pembatas yang dihubungkan dengan ground agar pin bcl tidak kelebihan beban dan hasilnya tv tidak protek lagi dan gambar sudah tampak bagus, bright dan contras sudah mau kerja lagi.

Trobel berikutnya adalah tidak ada sinyal. 
Tegangan yang di pin-pin tuner semua normal. Untuk memastikan kerusakan di tuner-nya maka kami pakai cara mudah, aman dan hasilnya akurat yaitu dengan jumper tv normal. Sebelumnya sediakan kabel 2 buah dengan panjang sesuai kebutuhan, bisa juga pakai kabel head. Caranya cabut pin IF di tv yang rusak kemudian solder ujung kabel 1 ke ground dan kabel 2 ke jalur IF, hubungkan kedua kabel tadi ke ground dan IF tv yang normal atau tidak rusak tanpa melepas pin IF.
Sebagai contoh, kebetulan ada Digitec aku lihat tunernya sama pakai tda57XX, setelah memasang kabel Gnd-Gnd dan IF-IF kemudian kedua tv dinyalakan ternyata gambarnya bagus tetapi sudah pasti chanel sesuai tv Digitec.

Langkah selanjutnya ganti tuner sesuai aslinya atau bisa juga yang sesuai pin-pin kaki tuner tersebut, tetapi perlu diketahuai ada beberapa tv meskipun pin-pin kakinya sama persis namun tidak cocok yaitu tuner PLL yang komunikasi datanya ke ic micom/micon (micro computer / micro control) menggunakan jalur SDA-SCL, misalnya pada tv Sharp dengan kode tuner RTF**** keluaran dari Philips. Sehingga harus mencari tuner yang memakai ic yang sama kodenya atau sama firmware-nya.
Itu pengalaman kami, sudah ganti beberapa tuner meskipun dari merek yang sama hasilnya tetap nihil, akhirnya kami temukan mesin  bekas tv philips kami ambil tunernya dan dipasangkan pada tv sharp tersebut hasilnya memuaskan. Bisa kita pikirkan sebenarnya harga tuner itu tidak mahal namun bila dealer sudah tidak melayani penbelian onderdil yang bersifat elektronik, kerjaan kita tidak ada yang selesai. Kalau komentar teman sebelah "sungguh malang nasibku" :D

Kita kembali ke permasalahan, iseng-iseng kami ganti dengan tuner tv china vcc 5v, cuma pin uhf tidak ada. Masalahnya ketika di autosearch pada VL, VH, dan UHF chanelnya sama aja alias semua chanel ada jadi total chanelnya ditempat kami 14 x 3 = 42 akhirnya pakai manual search atau saat autosearch antena dipasang saat kursor sampai posisi UHF jadi jangan pasang antena pada saat kursor di posisi VL dan VH.

Demikian ulasan kami maaf bila ada yang kurang atau salah, permasalahan bisa sama tetapi solusi bisa berbeda. 

Share:

1 comment:

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS