AC TIDAK BISA DIREMOT

Apa kabar sobat semua, semoga selalu sehat segalanya. Kesempatan kali ini kami bahas mengenai hal yang sering terjadi pada sistem elektronik yaitu remot kontrol tidak berfungsi sama sekali atau kadang berfungsi kadang tidak. Pada dasarnya sistem kerja remot dan receiver-nya sama saja pada semua sistem elektronik yang membedakan pada Vcc tegangan dc yang digunakan di receiver infra red maupun di remot serta kode numerik sinyal yang terbaca ic program tentunya ini rahasia pabrik.

Vcc yang sering digunakan adalah 5v dan 3v yang digunakan pada sirkuit berbagai elektronik termasuk tv, ac maupun dvd. Untuk power supply remot control ada yang memakai 3v (2 buah batere 1,5v) ada juga yang memakai 1,5v (1 batere, misal pada remote dvd LG).

Saat ini yang kami bahas adalah memperbaiki sirkuit receiver AC yang sering trobel tidak bisa diremot. Sebelum cek bagian modul AC pastikan bahwa kondisi remot baik-baik saja. Bila remot baik-baik saja berarti kerusakan pada modul ac-nya, bongkar casing ac keluarkan modul ac dan bersihkan dari debu maupun kotoran lainnya. Kemudian periksa wiring (jaringan kabel) front panel termasuk socket-socketnya, pastikan semua pin konektor tidak karatan karena socket ini rawan karatan disebabkan kondisi adanya embun dan debu di dalam casing indoor.

Setelah semua konektor dan kabel tidak masalah kini saatnya mencoba apakah modul ac sudah bisa diremot atau belum, pasang kabel colokan pasang dengan hati-hati jangan sampai terbalik pada pin relay atau kontaktor outdoor, coba aktifkan modul dengan remot kalau belum bisa tekan tombol switch manualnya, kalau bisa on berarti jalur receiver atau sensor masih bermasalah. Cek tegangan pada pin sensornya harus ada tegangan 5v (pin vcc) dan 3,5v samapai 4,5v (pin IR = Infra Red atau output) kalau tegangan ada coba arahkan remot pada sensor ukur pin IR dengan tester pada saat tombol remot ditekan tegangan pada pin IR harus naik-turun.

Bila tegangan 5 volt tidak ada cek jalurnya sampai mainbord modul kemungkinan ada resistor yang putus atau molor nilainya, atau justru short dengan ground didalam body sensor itu sendiri. Coba lepas pin vcc-nya dan ukur kembali apakah 5v sudah ada kalau sudah ada berarti short-nya di sensor. Setelah 5v beres, cek pin IR bila tegangan tidak ada ganti sensor tersebut. Pada dasarnya semua receiver infra red sama saja terdapat 3 pin yaitu Vcc, Ground dan Output cuma perbedaaannya pada letak pin-pin tersebut karena letaknya tidak selalu sama.

Berikut gambar beberapa sensor infra red:












Kalau diukur sensor ac dan sensor pada umumnya ada perbedaan yaitu pada pin IR terhadap vcc, namun bila sensor biasa dipasang pada modul ac masih tetap berfungsi. Yang terpenting adalah menentukan pin vcc, ir, dan GND sehingga dalam instalasi tidak terbalik karena bila terbalik kemungkinan sensor akan rusak atau mati atau jalur vcc modul akan terbakar. Cara yang kami paparkan di bawah ini adalah cara dengan menggunakan multitester analog.

Cara menentukan pin GND:
Caranya sama menentukan Basis Tr Regulator TV. Posisi multi tester pada 10x, probe hitam sebagai patokan, misal sensor seperti gambar 1, letakkan probe hitam pada pin 1, probe merah pada pin 2 jarum tester akan menunjuk skala kurang lebih 10ohm, demikian juga pada pin 3, maka pin 1 adalah GND.

Cara menentukan pin vcc dan IR:
Masih sama pada gambai 1. Caranya sama seperti mengukur dioda biasa atau zener. Abaikan pin 1, probe hitam pada pin 2 dan probe merah pada pin 3, pada kondisi ini jarum tester tidak bergerak atau hanya bergerak sedikit. Bila probe tester pada posisi dibalik maka jarum tester bergerak kurang dari 10ohm, maka pin 2 adalah vcc dan pin 3 adalah IR. Mudah bukan..?? Silahkan mencoba menentukan pin pada sensor pada gambar 2, sensor bisa diperoleh di toko sparepart elektronik. Perlu di ingat, ada beberapa jenis sensor yang tidak bisa diukur antara kaki Vcc dan kaki IR kecuali dengan skala ohm yang lebih besar.

Setelah penggantian sensor coba on-kan lewat remot bila ok maka pekerjaan selesai, bila belum bisa ukur kembali pin IR saat diremot tegangan pada pin ini harus kedip atau naik turun, cek sampai pada pin ic program, kalau bisa naik turun, kemungkinan kerusakan pada ic program atau pada data firmware (data pabrik), kalau punya copian firmware bisa dicopi sendiri bila tidak harus dibawa ke dokter dealernya itupun kalau disana tersedia alatnya kalau tidak tersedia pastinya kita akan ditawari ganti modul baru. Namun tidak ada salahnya bila diganti dengan sensor lainnya terlebih dulu.

Kesimpulannya:

  • Cek remot menggunakan kamera hand phone atau pakai radio gelombang AM
  • Cek sensor infra red, pada pin Vcc-Ground-IR
  • Cek kabel dan socket

Cukup sekian semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan tinggalkan pesan atau lewat chat.

Share:

1 comment:

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS