DRIVER KONTROL MOTOR FAN INDOOR LG

Jumpa lagi sobat-sobat teknisi, semoga kita dianugerahi sehat segalanya.
Pada kesempatan kali ini kita belajar bersama mengenai driver kontrol kecepatan motor fan indoor ac split merek LG sekedar sharing pengalaman siapa tahu sobat-sobat ada yang mengalami kasus yang sama.

Kebetulan datang dua modul merek sama tetapi tipe berbeda setelah kami perhatikan ternyata onderdil yang digunakan hampir sama. Modul pertama kasus awalnya adalah motor fan berputar dengan kecepatan penuh (full speed) dan modul yang kedua motor fan tidak berputar sama sekali alias tidak mau kerja. Meskipun kasus berbeda namun pembahasan kita jadikan satu karena saling berhubungan.

Driver motor indoor
Modul AC LG
Kasus motor full speed.
Kasus sperti ini biasanya yang bermasalah pada scr/triac BCR08 atau yang sejenisnya yaitu short atau hubung pendek antara kaki 1 dan kaki 3 dimana kaki 2 adalah input sinyal. Pengecekan pada scr, bila di pasaran tidak ada yang sama persis bisa diganti dengan tipe lain semisal BT131 (karakter pin kaki-kakinya sama) atau bisa juga menggunakan BT134 atau BT138 dimana karakter pin kaki-kakinya adalah kaki nomor 1 adalah tegangan listrik input, kaki nomor 2 adalah output dan kaki nomor 3 adalah input sinyal. Bila scr short antara kaki-kakinya maka motor akan selalu berputar tidak bisa mati meskipun modul AC dalam kondisi standby atau dimatikan menggunakan remot kontrol ataupun tombol manual.

Pengecekan pada optotriac TLP762J, bila kaki output kaki 4 dan 5 dalam short atau hubung singkat maka motor fan indoor akan selalu berputar dan tidak bisa mati meskipun modul pada kondisi off standby. Optotriac jenis TLP76J atau TLP560J mempunyai 5 pin kaki. Optotriac berbeda dengan optocoupler. Pada optotriac kaki output adalah triac (terminal 1 dan terminal 2) dan pada optocoupler kaki outputnya adalah seperti transistor (colector dan emitor). Adapula modul yang menggunakan optotriac saja tanpa scr seperti pada modul ac polytron yang memakai XXX2223A atau sejenisnya. Ada pula yang menggunakan SSR (Solid State Relay) dimana optotriac dan triac-nya sudah dalam 1 paket chip, kalo di modul ac bentuknya kotak pipih dengan 4 pin. Untuk data TLP762J atau PC817 silakan buka datasheetnya. Berikut ini kami sertakan skema sederhana yang berkenaan hal tersebut diatas.

Skema Driver Motor Indoor dan Sensor Tegangan Listrik
Kasus motor fan indoor mati.
Mengacu pada skema sederhana di atas maupun hal lain, motor fan indoor tidak bekerja atau bekerja tetapi tidak maksimal bisa disebabkan:
  1. Lilitan motor putur atau terbakar
  2. Thermofuse di dalam atau di luar motor putus
  3. Kapasitor rusak atau nilainya menurun
  4. Scr atau triac putus atau open
  5. Resistor 680 dan atau 560 Ohm putus
  6. Optotriac rusak (TLP762J, TLP560J, MOC3803 dan lain sebagainya)
  7. Jalur 12V terputus
  8. IC Array ULN2003 atau sejenisnya rusak
  9. Micom rusak atau tidak mengeluarkan sinyal
  10. Sensor tegangan listrik bermasalah
Di sini kita akan mempelajari apa pentingnya sensor tegangan listrik, rangkaian sensor ini akan menentukan bagi micom untuk mengeluarkan sinyal perintah on-off motor fan indoor bila rangkaian ini bermasalah maka motor fan indoor tidak akan bekerja karena micom tidak mengeluarkan sinyal perintah. Perhatikan skema di atas, rangkaiannya sangat sederhana, rangkaian ini mendeteksi normal tidaknya tegangan listrik 220VAC, micom membaca sinyal dari kolektor transistor C3198.  Bila tegangan kolektor sekitar 5V maka micom tidak akan mengeluarkan sinyal "on" motor. Pada modul mesin cuci rangkaian ini disebut sebagai sinyal Common.


Demikian pembahasan kami kali ini, untuk merek dan tipe lain bisa menyesuaikan, maaf bila ada kekurangan dan semoga bermanfaat.



Share:

3 comments:

  1. Klo motor fan indoor lg ga nyala sensor ga nyala maslahnya dmnby gan..mohon pencerahany

    ReplyDelete
  2. Diremot masih bisa?
    Cek kapasitor, cek sensor listrik di modulnya. Coba motor dilangsungin ke listrik

    ReplyDelete
  3. Jika speed ac d mode 1 terus tidak bisa mode 2 dan 3 klu remot di pencet tulisan speed berpindah tapi putar kipas tetap sama

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS