MESIN CUCI SHARP TOMBOL ERROR

Pertama-tama kami ingin menyapa sobat-sobat teknisi, sobat-sobat pembaca dan tim kami "bagaimana kabar sobat semua"? Semoga selalu sehat dan selalu dimudahkan segala urusan. Mendekati lebaran, bagi sobat-sobat yang mudik semoga sampai tujuan dengan selamat dan bisa berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. Dan bagi sobat yang belum berkesempatan mudik karena terhalang suatu hal tetaplah bersabar dan shilaturrohmi-nya pakai cara lain.

Pada kesempatan kali ini baru ada waktu luang maka kami akan menulis bahasan mesin cuci yang bisa dibilang baru berumur 3 tahunan yaitu mengenai mesin cuci j*pang rasa c*na karena merek lisensi sharp, dimana gejala kerusakannya adalah perintah tombolnya kacau balau. Tombol power tidak bisa untuk ^on^ tetapi bisa untuk ^off^, tombol ^start^ ditekan justru untuk ^on^, tombol pemilih proses dan water level tidak berfungsi, tetapi ketika tombol ^start^ ditekan sekali lagi bisa langsung proses, kesimpulannya hanya bisa proses secara auto. Modul seperti ini meskipun tampak sederhana tetapi justru membuat pusing karena kebanyakan errornya di firmware atau programnya atau bahkan di ic programnya. Dari hasil pengamatan kami ternyata modul seperti ini juga dipakai di merek lain, ic programnya mirip dengan modul universal mesin cuci yang dijual di pasaran.

Dugaan kami memang errornya di firmware atau programnya namun menurut kami tiada salahnya kami juga cek di beberapa bagian yaitu pada semua tombol, sensor listrik, kristal (xtal) dan bagian yang belum kami temukam adalah bagian reset, lebih lagi kami belum punya data micomnya.
Gb.1. Modul Sharp tampak atas
Gambar diatas adalah gambar penampakan modulnya, sederhana bukan? Ic micomnya sudah tipe tempel atau smd. Kami sudah hampir memutuskan untuk menyerah saja tetapi teringat cara kerja sirkuit tombol yang dipakai pada sistem tombol pada televisi dimana salah satu kaki tombolnya terhubung ke ground maupun ke tegangan  Vcc 5 volt.
Gb.2. Modul tampak bawah
Model tombol yang dipakai pada modul ini adalah salah satu kaki tombol memakai resistor pull up dari 5V ukuran 103 atau 10k dan kaki satunya lagi terhubung ke micom dan dibatasi dengan resistor 513 atau 51k ke ground.

Ide yang diberikan kepada kami adalah menjumper kaki yang terhubung ke 5V ke ground, asumsi kami resistor 10k masih mampu menahan beban bila dhubungkan ke ground dan tidak akan terbakar seperti halnya pada sensor listrik maupun pada sensor motor yang memakai resistor pull up pada modul tipe lain. Setelah pemasangan jumper pada tombol power kemudian modul kami hidupkan dan tombol power kami tekan-tekan dan hasilnya masih sama saja tiada membuahkan hasil. Berikutnya kami cabut listriknya dan jumper kami lepas, kemudian modul kami beri tegangan listrik lagi dan tombol power kami tekan dan hasilnya di luar dugaan, ternyata tombol power berfungsi dengan normal dan begitu juga tombol lainnya. Kami belum tahu pasti mengapa hal ini terjadi, apakah errornya di micom ataukah di firmwarenya.  Berikutnya kami coba untuk proses pencucian dari awal sampai akhir dan hasilnya berjalan dengan normal.
Jadi kesimpulan kami, apapun ide yang kita dapatkan harus kita lakukan dengan hati-hati dan semua hal harus kita pertimbangkan, teori dasar tetaplah harus dipahami dan jangan lupa berdoa, apapun yang kita bisa hanyalah anugerah dari Yang Mahakuasa.

Kegagalan yang pernah kami alami pada saat menangani modul yang hampir mirip  dengan modul sharp ini adalah merek  polytron dimana errornya adalah E2 sampai saat ini belum menemukan solusinya, dugaan kami  error pada bagian water levelnya sudah banyak cara kami coba namun belum  membuahkan hasil, kesimpulan sementara error pada ic micomnya pada pin pembaca sinyal water level.

Kegagalan juga harus dipahami bahwa kita harus tetap belajar dan menganalisa karena kita kerja menangani modul lebih banyak tanpa data ataupun skema semakin banyak modul yang kita tangani maka semakin banyak data yang kita miliki melalui media catatan yang kita kumpulkan.

Demikian bahasan dari pengalaman yang kami dapatkan di meja kerja, apabila ada hal-hal yang salah atau kurang tepat semua karena kekurangan ilmu kami dan semoga ada manfaatnya untuk kita semua.


Share:

1 comment:

  1. Mantap master... Semoga di berikan kelancaran rizki aamiin

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS