MESIN CUCI LG MATI TOTAL DAN HIDUP MATI SENDIRI

Apa kabar sobat-sobat teknisi ataupun pembaca semoga sehat selalu dan tetap semangat.
Pada kesempatan kali ini akan bahas sedikit mengenai mesin cuci LG model lama dengan keluhan awalnya mati total dan berlanjut menjadi kadang hidup sendiri dan kadang mati sendiri. Power suplai masih menggunakan trafo biasa belum ac matic dan ic program (micom) menggunakan TMP87PH46NG produksi Toshiba.

model lama
Modul Mesin Cuci LG
Pengecekan pertama kali tentunya pada bagian power suplai, setelah dilakukan pengukuran ternyata tegangan 12V dan 5V normal-normal saja. Pengecekan berikutnya pada RC (Resonance Capasitor) atau yang lebih dikenal dengan xtal atau crystal yang memakai ukuran 8 mega hertz warna biru 3 kaki. Ternyata kaki kanan dan kiri (input-output) ada short (hubung singkat) sedikit dan sudah bisa dipastikan rusak. Kristal yang serupa ini sulit didapatkan di pasaran, yang ada di pasaran adalah kristal 8 MHz yang 2 kaki dan fungsinya sama dan bisa digunakan, lubang tengah di pcb yang semula terhubung dengan ground tidak digunakan. Setelah penggantian kristal ternyata masih belum bisa 'on'.

Berikutnya cek pada bagian sensor tegangan, di modul ini terletak pada bagian di bawah trafo, ada 2 buah jalur yang terhubung dengan tegangan sekunder trafo, yang pertama terhubung dengan tegangan ac dan yang kedua terhubung dengan tegangan 12VDC. Dari hasil pengukuran dari kedua jalur ini yang menuju micom jalur yang pertama terukur 0,2V dan pada jalur yang kedua terukur 2V. Asumsi kami ini adalah normal karena pada umumnya sensor tegangan yang terhubung dengan jalur AC dan outputnya yang menuju micom adalah nol atau nol koma volt. Inilah susahnya bagi kami yang masih awam mengenai ic program karena dari datasheet-nya ic program biasanya ada kaki-kaki yang bersifat I/O atau kaki-kaki yang bersifat input-output di sisi lain ada kaki input saja ataupun output saja.

Kamipun hampir mengambil kesimpulan ic micom-nya rusak, namun tiba-tiba modulnya nyala sendiri dan bisa dioperasikan dengan normal. Akan tetapi pada saat proses sudah berjalan sekitar 5 menit tiba-tiba pula modul mati dengan sendirinya. Langkah berikutnya kami coba cabut kabel listriknya dan selang 5 menit kami hubungkan ke listrik lagi, ternyata begitu tombol power ditekan modul tidak mau menyala dan coba kami tekan lagi sampai beberapa kali modul mau menyala namun selang beberapa detik saja modul mati dengan sendirinya. Berikutnya cek tegangan resetnya, terukur 4,2V dan ini normal karena memakai ic 7042. Ic reset mempunyai 3 pin, kaki kiri adalah input, tengah adalah ground dan kaki kanan adalah output, dimana output sesuai dengan datasheet kode ic.

jalur yang rusak
Modul LG Tampak Bawah
Berikutnya kami amati lagi setiap jalur di modul, tidak ada tanda-tanda retak atau terbakar atau karatan di modulnya. Perkiraan kami jalur tombol power (on-off) mungkin bermasalah. Pengecekan difokuskan pada jalur ini, switch on-off salah satu pin-nya terhubung ke ground dan satunya lagi terhubung ke salah satu kaki micom, nah di jalur yang ke micom ini ada resistor smd atau tempel sebagai pull up yang terhubung dengan tegangan 5V dan ada kapasitor smd yang terhubung dengan ground. Langkah berikutnya cabut switch on-off ukur dengan skala x10k dan hasilnya switch masih normal, tidak hubung sedikitpun. Berikutnya potong jalur yang ke micom agar kita bisa ukur resistornya karena langkah ini menurut kami lebih mudah dari pada melepas resistornya itupun terserah sobat-sobat langkah mana yang lebih mudah, potong jalur (nantinya disambung lagi) atau melepas resistornya. Resistor ini di bodi-nya ada tulisan 103 jadi ukurannya 10 kohm dan kami ukur ternyata masih normal dan kami ukur kapasitornya (ukurannya kami tidak tahu) tidak ada short.

Tegangan normalnya jalur on-off sekitar 4,5VDC. Setelah semua jalur kami kembalikan seperti sedia kala, kami coba hidupkan modulnya dan kami ukur tegangannya, ada tegangan 4,5V dan tombol on-off berfungsi dengan baik kemudian kami diamkan beberapa menit pada posisi on, tiba-tiba modul mati dengan sendirinya kemudian kami ukur tegangan jalur on-off tegangannya hanya 2,2VDC. Ini masalahnya. Kami masih belum bisa menyimpulkan micom-nya yang bermasalah. Tanpa berpikir panjang kapasitor smd kami lepas dari modul. Hasilnya menggembirakan, modul sudah bisa on-off dengan normal dan tidak mati dengan sendirinya. Ternyata kapasitor yang sudah setengah rusak atau mati.

Kesimpulannya dari kasus diatas:
  • Cek power suplai 12V dan 5V
  • Cek sensor tegangan
  • Cek kristal
  • Cek ic reset, tegangan outputnya sesuai data ic-nya, 7042 (outputnya 4,2V), 7045 (outputnya 4,5V) atau tipe lainnya
  • Cek jalur tombol on-off
Cukup sekian kiranya ulasan kami, maaf bila ada yang salah dan bila ada yang kurang bisa kami tambahkan di lain waktu atau dengan postingan yang berbeda. Semoga bermanfaat.


Share:

11 comments:

  1. Gan, gimana penampakan ic reset 7042 di modul itu?

    ReplyDelete
  2. Kecil, kaki 3 spt transistor. Kaki 1= 5v, kaki tengah ground, kaki 3 = output 4,2V.

    ReplyDelete
  3. Ic reset itu yg dekat dengan lampu indikator y? Kaki 3 cuman 1,7 volt trus tegangan di jalur on-off nol volt, apa gerangan masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhatikan kodenya dulu, saya tidak hafal kalo letak, kode yang terpenting. Jalur on-off sudah dibahas diatas.

      Delete
  4. Masalah sy sm seperti diatas.penampakan kapasitor smd seperti apa gan?

    ReplyDelete
  5. Slmt malam agan yng baik hati,saya ada masalah SM mesin cuci LG f8007.jadi mesin pertama mati total,setelah hidup di pasang modulnya seperti semula malah mati lg,klu itu masalahnya di mana ya gan,power suplai normal.terima kasih pencerahanya

    ReplyDelete
  6. Sangat membantu artikelnya, penjelasannya terperinci dan tidak berbelit-belit, semoga adminnya diberi rezeki yang berlimpah, amin

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS