MESIN CUCI LG INVERTER MOTOR TIDAK KERJA

Apa kabar sobat-sobat, semoga sehat selalu.

Pada kesempatan kali ini kita bahas mengenai mesin cuci inverter merek LG dimana tipenya kami lupa mencatatnya, modulnya terdiri dari dua bagian yaitu bagian kontrol display atau bagian perintah pemprograman dan bagian kontrol inverter beserta power suplai yang letaknya di bawah samping drum.
Kini adalah jamannya teknologi inverter, mungkin ada benarnya, pengalaman kami hanya sebatas di air conditioner (AC) dan mesin cuci saja, namun bila memperhatikan data-data yang diunggah Mitsubishi Electronic ternyata teknologi inverter memang sudah merambah semua peralatan elektronik yang memakai motor sebagai sistem penggeraknya. Di mesin cuci sistem motor inverter tergolong lebih efisien dibanding memakai motor dengan sikat atau carbon brush dan lebih mudah perawatannya serta lebih hemat daya listrik. Namun yang harus jadi perhatian adalah modul inverternya bila terjadi masalah karena harganya tidak terbilang murah bagi orang-orang seperti kami. Nah disinilah kita menuntut diri kita sendiri untuk lebih banyak belajar tentang modul inverter, meskipun hanya sebatas tahu sistem kerjanya saja karena hal itu penting ketika kita memperbaiki modul inverter baik modul ac ataupun modul mesin cuci.

Bila kita amati ternyata ada sedikit perbedaan antara modul inverter di ac dan di mesin cuci. Sampai saat ini di lapangan yang sering kami temui model inverter adalah merek LG dan Samsung. Pada mesin cuci LG dan Samsung ada perbedaan pada bentuk fisik motornya, pada merek LG tidak memakai belt (sabuk) tetapi pada merek Samsung memakai belt sehingga bisa diganti dengan motor biasa atau non-inverter dan tentunya modul pun harus diganti juga. Pada LG memang sulit modifikasinya karena motor menempel di belakang drum. Bila kita mencoba modul Samsung menggunakan motor LG kemungkinan besar masih bisa tetapi bila kita mencoba modul LG menggunakan motor Samsung sudah bisa dipastikan tidak bisa berputar karena ketika berputar sedikit saja sudah berhenti dan hanya bergetar saja karena tidak adanya sensor gerak motor (de effecto hall sensor) pada dinamo inverter Samsung.

Beberapa waktu yang lalu kami kedatangan modul LG inverter dengan gejala kerusakan pada awalnya adalah motor tidak bisa berputar sama sekali, namun yang membuat kami pusing adalah modul sudah acak-acakan yang sangat parah.
LG inverter jalur ipm
Modul LG bagian IPM
Ada sebagian teman bengkel begitu lihat modul langsung tepuk jidat, 😁😁 ada pula teman yang bilang "buang aja ke tempat sampah". Si teknisi sebelumnya mungkin mengira IC IPM (Intelligent Power Modul) yang rusak dan kami harus kerja keras untuk mengembalikan keadaan seperti semula. Untungnya masih ada modul bekas yang micom-nya rusak sehingga IPM dan ic LF393 masih bisa digunakan, kesalahan diagnosa akan menyebabkan kerusakan mungkin akan semakin parah karena bagian yang tidak rusak akan menjadi rusak. Untuk gejala motor tidak kerja yang harus kita cek adalah sensor tegangan/arus listrik begitu pula untuk modul jenis lain, misal pada modul mesin cuci non-inverter kami menyebutnya sensor COM, begitu pula pada modul ac bila fan indoor tidak kerja pertama kali yang harus dicek adalah sensor tegangan/arus listrik.
sensor
Sensor Arus Listrik
Sensor tegangan/arus listrik pada bagian input melalui resistor, diaoda, kapasitor dan ic photocoupler 817 bagian output PC817 terhubung dengan ground (pin 3) dan terhubung resistor pull-up 10k terhubung 5V (pin 4) pada saat bagian input bermasalah maka bagian output PC817 pada pin 4 tegangannya 5V dalam kondisi normal tegangannya adalah sekitar 2,2V. Pin 4 PC terhubung dengan pin 4 ic KID65004AF dan pin outputnya adalah pin 13 kondisi normalnya adalah kisaran 2V. Pin 13 ini menuju micom dan kami pun terlupa mencatat pin nomor berapa, pada jalur ini mendapat tegangan pull-up dari output ic reset 7842 melalui resistor 4k7. Perhatikan gambar di bawah berikut ini
output ic reset
Jalur Sensor Arus Listrik
Pada modul yang pertama yang rusak adalah micom-nya pada bagian ini short/konslet dengan ground ditandai dengan tegangan hanya 0,5V meskipun jalur input dilepas. Kalau pada modul kedua bagian yang rusak adalah pada sekitar PC817 yaitu diodanya short.

Selain sensor tegangan/arus ada hal lain yang harus dicek pada saat memperbaiki mesin cuci LG inverter yaitu:
  • Sensor panas atau thermistor, letaknya di bawah pendingin (heat sink) ic IPM
  • Doorlock, pengunci pintu
  • Resistor Shunt, penghubung IPM dengan ground 300VDC, nilainya 0,22 ohm 5 watt.
  • IC LF393 atau sejenisnya misalnya KA393, JRC4558. Tegangan output yang menuju micom adalah kisaran 4,5V. Ic ini menyensor R shunt putus atau tidak. Bila R putus maka tegangan outputnya hanya sekitar 1V.
Sobat-sobat tambah mudeng atau tambah pusing? Nantinya bila menjumpai kasus yang sama mungkin akan mudah memahaminya. Di dunia perbengkelan tiada sebutan pintar atau tidak pintar karena mereka yang pintar adalah yang senantiasa belajar dari pengalaman, jadi yang pintar adalah yang banyak pengalaman.

Demikian sobat-sobat sedikit pengalaman kami, terima kasih atas dukungan dan bantuan teman-teman di bengkel, walaupun dengan susah payah namun selesai juga pengerjaan modulnya.



Share:

27 comments:

  1. Bagi sobat sobat yang punya pengalaman di bidang inverter silakan di share, mari kita belajar bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om sensor hallnya apa bisa di perbaiki. Saya tunggu tutorialnya. Suwun

      Delete
    2. Bisa. Sensor hall rusak biasanya kabel salah sambung atau konslet dg jalur lain

      Delete
    3. Tapi yang paling sering resistor di dalamnya yang putus

      Delete
    4. Bos kalau mesin cuci lg tipe direct drive motor apa bisa di mofifikasi,krna modul power nya mati,makasih

      Delete
  2. Cara kerja sensor dinamonya persisnya normal vcc tiap pin brpa bos

    ReplyDelete
  3. Vcc yg masuk biasanya 12v, tegangan output sensor putaran kanan-kiri besarannya sesuai kecepatan motor

    ReplyDelete
  4. informasi yang sangat bermanfaat terimakasih bos.
    salam hormat saya pak LaLa Cirebon

    ReplyDelete
  5. Klo pilih mesin cuci lebih baik yg inverter apa non inverter? Katanya yg inverter mudah rusak ya, trus hargan alatnya mahal klo rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kekurangan dan kelebihan, kalau masalah modul kontrol yang lebih kuat yang noninverter, harga lebih rendah. Efisiensi listrik lebih hemat yang inverter

      Delete
  6. Maaf mau tanya,untuk motor inverternya sendiri pake tegangan berapa? menggunakan kapasitor apa tidak?🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inverter tdk pakai kapasitor dan tegangan variatif sesuai kecepatan yang dibutuhkan.

      Delete
  7. salam sukses
    mau tanya resistor modul lg inverter terbakar ( gosong ) nilai resistor tsb berapa yaa.
    mohon infonya dan terima kasih

    ReplyDelete
  8. om tegangan maximum motor direct drive mesin cuci LG berapa volt saat berputar maximal? karena mau saya gunakan untuk spinner saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami belum pernah ukur tegangan maupun frekuensi saat putaran maksimal. Ini sumber tegangannya pakai apa? listrik 3 fasenya?

      Delete
  9. Bisa service modul inerter punya saya boss..?

    ReplyDelete
  10. Bang, untuk motor itu tegangan berapa volt ya, dc apa ac? Saya kasih 220 v cm dengung, saya searahkan 220 v jg dengung, apakah pakai 3 phse? krn saya ukur hambatannya sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuhh,, jangan dilangsung listrik bisa kebakar lilitannya, itu ac 3 fase tegangan rendah (bukan 380v)

      Delete
    2. Cara menghidup kan dengan listrik 1 phase ngimana bang???

      Delete
  11. halo bang, mesin cuci LG inverter frontloading ane waktu pemgurasan air ga kelar2.. kira2 kenapa ya ?

    ReplyDelete
  12. Om lokasi di mana..
    Boleh nyuwun no kontak WA..suwun

    ReplyDelete
  13. bang ic ipm mesin cuci lg inverter front loading kodenya apa??

    ReplyDelete
  14. Berlaku untuk LG inverter top loding gak pak?

    ReplyDelete
  15. Pak mesin cuci LG DD Inverter saya kabelnya digigit tikus...setelah saya sambung semua..ketika dinyalakan, setelah bunyi nada tanda start...beberapa lampu indikator nyala sendiri dan Buzzer nya berauara aneh..tulalittulalit...trus mati. kenapa ya???

    ReplyDelete
  16. 👍...ilmu yg bermanfaat dan juga bisa saya terapkan pada driver motor inverter yg lain selain mesin cuci.
    Sekali lagi mantab....👍👍👍
    Dari Banda Aceh.

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS