AC INVERTER SAMSUNG SEGITIGA #REVIEW

Apa kabar Sobat-sobat yang budiman, salam sejahtera untuk Anda semua dan semoga selalu sehat segalanya.

Terasa sudah agak lama kami tidak membahas tentang ac, kali ini kami hanya menulis paparan tentang ac inverter merek Samsung. Kami belum mempunyai data yang signifikan mengenai ac tipe ini jadi yang kami tulis hanya sekedar review saja. Pada modul ac inverter bagian yang terpenting adalah jalur komunikasi data dan pada modul samsung tipe ini jalurnya sangatlah sederhana karena tidak adanya komunikasi data imbal-balik jadi jalur datanya hanya memberi perintah dari indoor unit ke outdoor unit.

Bagian power suplai menurut pengamatan kami adalah sama dengan yang digunakan pada modul mesin cuci samsung yang modul power suplainya terpisah atau modul 13 tombol. Modul unit indoornya adalah seperti gambar di bawah ini:
modul inverter
Gb.1. Modul Indoor AC Samsung Inverter
Sensor yang dipakai pada modul ini adalah thermis ruang, thermis pipa dan sensor listrik (AC Detect). Jalur komunikasi data hanya memakai SSR (solid state relay) jadi kami menyimpulkan bahwa jalur ini adalah hanya jalur perintah dari micom indoor ke micom outdoor bukannya jalur imbal balik data. Apapun error yang terjadi pada unit outdoor datanya tidak terkirim ke unit indoor. Hal ini hanya kesimpulan kami saja, Sobat-sobat jangan mengikuti hasil kesimpulan yang kami tulis sebelum mengamati dan meneliti, ini berlaku pada semua bahasan yang telah kami tulis pada postingan-postingan yang lalu maupun yang akan datang. Kami bisa saja salah dalam mengambil kesimpulan karena keterbatasan ilmu, pengalaman kami dan data yang kami miliki.

Jalur listrik ke bagian outdoor yang terhubung langsung adalah jalur N sementara jalur L dihubungkan melalui relai. Fan motor indoor menggunakan kapasitor atau menggunakan tegangan AC bukan DC dan perintah kerja motor indoor juga menggunakan SSR.
modul ac samsung
Gb.2. Modul Outdoor AC Samsung Inverter
Karena keterbatasan waktu kami dalam mengerjakan modul ini kami bahkan tidak sempat mengukur ukuran thermis bagian indoor dan kami juga tidak sempat mengamati dan mengukur sensor yang berada di kompresor. Jalur data perintah dari unit indoor diatur melalui ic photocoupler kemudian menuju ic micom outdoor. Dari rangkaian data ini yang hanya menggunakan satu buah photocoupler maka kami menyimpulkan bahwa ini hanya jalur perintah kalau jalur data imbal-balik akan menggunakan dua buah photocoupler.

Kerusakan modul ini awalnya adalah outdoor tidak kerja, terpaksa unit outdoor dan modul indoor harus dibawa ke markas kami karena kami tidak sempat datang ke tempat pelanggan. Setelah unit sampai di markas, kami rakit semua kabel-kabelnya kemudian coba dinyalakan setelah beberapa menit menunggu ternyata unit outdoor dapat bekerja dengan normal. Lalu apanya yang rusak?
Kami juga tidak tahu, itulah mengapa bahasan kali ini hanya sekedar review saja.
Menurut perkiraan kami ada beberapa sebab mengapa unit outdoor tidak kerja diantaranya adalah:
  1. Thermis indoor tidak akurat, sehingga membaca kondisi ruangan sudah mencapai suhu yang sesuai dengan pilihan program pengaturan pengguna.
  2. Sinyal perintah kerja dari micom indoor terganggu, terjadi bila SSR, Kabel penghubung atau rangkaian pengolah sinyal bermasalah.
  3. Modul outdoor bermasalah baik power supply unit (psu), micom atau bagian ic IPM (intelligence power module) serta sensor pendukung.
  4. Kompresor bermasalah.
Sebagai tambahan: dalam penyambungan kabel penghubung indoor-outdoor kita gunakan kabel 4 buah yaitu kabel N, kabel L, kabel data dan kabel ground. Kabel ground fungsinya sangat penting terutama untuk membuang strom ke tanah  apabila ada kebocoran strom atau ada petir. Adanya gangguan pada listrik atau pengabelan bisa mengganggu jalur data sehingga menyebabkan error program.

Kesulitan pengerjaan pada modul outdoor karena pcb-nya dua sisi (double side) terlebih saat merunut jalur atau pencabutan onderdil yang tipe DIP atau pemasangannya ditanam misalnya ic IPM, bila tidak hati-hati dan tenol tidak benar-benar bersih maka kaki ic akan patah atau justru jalurnya yang rusak terkelupas. Kondisi ic IPM menurut kami adalah rapuh, mudah patah ataupun cuwil.

Akhir kata, demikian bahasan kami kali ini meskipun hanya sekedar sekilas info dan bila ada hal-hal yang kurang tepat ataupun salah kami minta maaf.


Share:

12 comments:

  1. Om AC saya samsung inverter segitiga 2 PK... pas dinyalakan indoornya hidup sekitar 3 menit, lalu bunyi beep dua kali. Pas saya check ke luar fan outdoornya tidak nyala. Lalu ga lama indoornya mati. Kira2 ada problem dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fan indoor nyala?
      Pengecekan awal: fan indoor, termis dan jalur komunikasi data

      Delete
  2. Fan Indoor nyala bang, thermistor juga bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek fan indoor dan jalur sensor kecepatan motor

      Delete
  3. Udah di check masih oke om.. di PCB Outdoor semua LED nya mati, padahal power masuk. Kalo dari table infonya POWER OFF / VDD NG. Kira2 kenapa ya Om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power suplainya pastikan normal dan stabil dulu

      Delete
  4. Nyimak.kasus sama.semua komponen udah di cek bagus.namun unit masih bermasalah.hidup pertama normal,selang 5menin outdor mati lalu hidup sendiri.selang 5menit unit binyi tit tit 2kali lalu unit mati..itu pengaruh apa ya gan.terimakasih atas jawabanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan power suplai indoor normal dan stabil. Bisa jadi error di indoor atau outdoornya. Silakan chat WA

      Delete
  5. AC samsung segitiga 1½pk mati nyala itu kenapa ya om?? Kadang dingin kadang gk dingin AC nya om

    ReplyDelete
  6. Apakah bisa outdoor digital inverter Samsung segitiga dipasangkan dengan indoor biasa?soalnya indoor bermasalah

    ReplyDelete
  7. Mau tanya om ac samsung segitiga (triangle) keluar kode error E422
    Nyala 5mnt trus outdoor mati klau kita nyalakan bisa lagi trus keluar kode error lagi knpa ya?

    ReplyDelete
  8. Hello,nak tanya Samsung inveter outdoor tak jalan semua led on

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI. SILAKAN KIRIM PESAN LEWAT WhatsApp atau Telegram

DAFTAR ENTRY

STAT

FRIENDSHIP

PUSAT BANTUAN

Butuh bantuan kami, klik KONTAK atau LOKASI di menu atas. "BENGKEL KAMI" Silakan kirim modul mainboard ke tempat kami

NEW COMMENTS